Mengenal Tentang Manufaktur Overhead Dalam Software Akuntansi

Mengenal Tentang Manufaktur Overhead Dalam Software Akuntansi

Software Akuntansi***

arus-fisik-perusahaan-manufaktur-n

Mengenal Tentang Manufaktur Overhead Dalam Software Akuntansi

Di setiap proses bisnis perusahaan manufaktur, kita pasti banyak mendengar adanya istilah manufaktur overhead/overhead pabrik/overhead produksi atau apapun istilahnya namun intinya tetaplah sama. Nah, sebelum sampai ke detail manufaktur overhead , mari kita mencoba dan memahami apa itu istilah overhead dalam keilmuan akuntansi. Dari bahasa akuntansi biaya, overhead adalah biaya-biaya dan biaya yang dikeluarkan untuk produksi barang dan jasa yang tidak dapat secara langsung dialokasikan dan dibebankan pada setiap pusat biaya atau unit tertentu.

Karena alasan inilah, overhead juga dikenal sebagai biaya langsung dan dengan demikian, akan terbentuk skema pembiayaan yang mendukung proses bisnis perusahaan manufaktur dari berbagai macam biaya yang harus di keluarkan, apakah itu biaya operasional, biaya administrasi dan pemeliharaan. Semua itu adalah biaya yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi untuk menjaga proses produksi agar bisa tetap berjalan.

Mengenal Tentang Manufaktur Overhead Dalam Software Akuntansi

Sehingga apabila lebih diperinci lagi. Ada, empat kategori utama biaya overhead dalam keilmuan akuntansi :

  1. Manufaktur Overhead : semua biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan divisi manufaktur, pabrik dan peralatan,
  2. Administrasi Overhead : biaya kantor dan semua biaya yang dikeluarkan untuk melakukan regulasi dan proses pengambilan keputusan,
  3. Selling Overhead : biaya periklanan, pemasaran dan semua kegiatan lain yang dilakukan untuk membuat dan merangsang permintaan dan meningkatkan penjualan dan,
  4. Overhead Distribusi : semua biaya yang dikeluarkan dalam membuat produk akhir yang tersedia untuk pelanggan termasuk pengepakan, kemasan, pengiriman, transportasi, pergudangan, dan lain-lain.

Lalu Apa Saja Bagian-Bagian Dari Manufaktur Overhead ?

Jika dalam perkuliahan Anda pernah diajarkan tentang bagaimana mempersiapkan lembar biaya, Anda mungkin tahu cara di mana biaya tersebut dipecah menjadi biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya langsung terdiri dari biaya bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung yang terlibat dalam pembuatan produk.

Semua biaya lainnya yang datang di bawah biaya tidak langsung adalah overhead berbagai. Manufaktur overhead terdiri semua biaya tidak langsung yang dikeluarkan untuk dan karena proses manufaktur itu sendiri.

Mengenal Tentang Manufaktur Overhead Dalam Software Akuntansi

Overhead ini termasuk biaya tidak langsung seperti sewa / sewa tempat / bangunan / tanaman, penyusutan mesin, pabrik dan peralatan, biaya listrik pabrik dan pabrik, biaya bahan bakar, tarif dan pajak atas karya pabrik berbagai biaya pabrik kesejahteraan seperti biaya menjalankan kantin, kegiatan rekreasi, biaya pengobatan dalam kasus penyakit atau cedera di situs manufaktur, biaya yang berkaitan dengan aset mengambang, dan lain-lain.

Manufaktur overhead merupakan variabel tetap. Manufaktur overhead tetap meliputi semua biaya yang harus dikeluarkan, terlepas dari volume produksi atau kegiatan di tempat produksi. Seperti biaya manufaktur overhead tetap adalah sewa. Sewa atau angsuran pinjaman tersebut pada lokal, plantasi mesin yang harus dibayar atau tidak Anda menggunakan aset tersebut. Manufaktur overhead variabel (seperti memegang dan membawa biaya bahan baku) merupakan bagian dari biaya variabel total.

Cara Menghitung Manufaktur overhead ?

Dalam setiap proses bisnis perusahaan manufaktur. Manufaktur overhead adalah jumlah total dari semua biaya tidak langsung yang dibahas dalam bagian sebelumnya. Setelah jumlah ini dihitung, itu dibagi dengan jumlah unit output dalam upaya untuk mengalokasikan biaya tidak langsung untuk setiap unit produk sebagai biaya, overhead manufaktur ini tidak dapat langsung ditelusuri kepada mereka.

Hal ini dilakukan untuk menentukan total biaya produksi setiap unit produk, sehingga dapat memperbaiki harga dengan menambahkan persentase laba terhadap total biaya, sehingga proses produksi dapat terus berjalan tanpa adanya hambatan kekurangan pada pembiayaan perusahaan.

***Software Akuntansi ACCURATE Accounting System***

950-965-inside-page-banner-600×322

Software Akuntansi ACCURATE Accounting System memiliki Proses Produksi meliputi :

Bahan Baku (Raw Materials) – Biaya Produksi – Formula Produksi (Bill of Material) – Perintah Kerja (Work Order) – Pengeluaran Bahan Baku (Material Realease) – Hasil Produksi.

Software Akuntansi ACCURATE Accounting System Memiliki Fitur-Fitur yang cocok untuk Perusahaan Manufaktur Seperti :

  • Kontrol Stock Persedian
  • Pembelian & Penjualan
  • Laporan Penjualan & Pembelian
  • Proses Produksi (Bahan Baku, Barang Setengah Jadi, Barang Jadi)
  • Financial Statement (Neraca Saldo, Laba/Rugi, Laporan Perubahan Modal, Laporan Arus Kas, DLL)
  • Laporan Produksi
  • Dan Fitur-Fitur Lainnya

Dengan Software Akuntansi ACCURATE pekerjaan Seorang Accounting akan sangat terbantu dan Owner pun akan merasa senang karena dapat melihat Laporan Keuangannya Kapan saja.

Mengenal Tentang Manufaktur Overhead Dalam Software Akuntansi

Software Akuntansi ACCURATE Accounting System Cocok juga untuk perusahaan lain :

  • Perusahaan Konveksi
  • Perusahaan Online Shop
  • Perusahaan Dagang
  • Perusahaan Jasa
  • Perusahaan Logistik
  • Perusahaan Retail
  • Bengkel
  • Rumah Sakit
  • Perkebunan
  • Perikanan
  • Perternakan
  • Pabrik (Manufaktur)
  • Dan Perusahaan Lainnya

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 

By | 2017-08-05T18:59:13+00:00 Agustus 5th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: