Mengenal Piutang dan Piutang Wesel Dalam Software Akuntansi

Mengenal Piutang dan Piutang Wesel Dalam Software Akuntansi

Mengenal Piutang dan Piutang Wesel Dalam Software Akuntansi

Pengertian Piutang Secara Garis Besar –> Piutang adalah jumlah klaim atau tagihan kepada pihak lain dalam bentuk uang. Tagihan ini bisa dilakukan terhadap individu, perusahaan atau organisasi lainnya.

Seperti transaksi-transaksi yang menimbulkan piutang antara lain adalah penjualan barang atau jasa secara kredit, pemberian pinjaman kepada nasabah atau karyawan, memberi uang muka pada anak perusahaan.

Pengklasifikasian Piutang –> Piutang dapat diklasifikasikan berdasarkan ada tidaknya dukungan perjanjian secara tertulis dan berdasarkan hubungannya dengan aktivitas usaha utama perusahaan.

Berdasarkan ada tidaknya dukungan perjanjian tertulis, piutang diklasifikasikan menjadi dua macam piutang yaitu :

  1. Piutang Usaha (Account Receivable).

Piutang usaha yaitu piutang yang timbul dari aktifitas utama perusahaan yang tidak didukung dengan perjanji-an tertulis untuk penyelesaiannya.

      2. Piutang Wesel (Notes Receivable).

Piutang wesel (notes receivable) yaitu piutang yang timbul dari aktifitas utama perusahaan yang didukung dengan perjanjian tertulis untuk penyelesaiannya.

Mengenal Piutang dan Piutang Wesel Dalam Software Akuntansi

Berdasarkan hubungannya dengan aktivitas usaha utama perusahaan piutang diklasifikasikan menjadi :

  1. Piutang usaha (account receivable) adalah piutang yang timbul dari penjualan barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan yang dilakukan secara kredit. Piutang yang terjadi sebagai akibat penjualan barang dan jasa utama perusahaan ini berjangka pendek sehingga dikelompokkan ke dalam aset lancar.
  2. Piutang bukan usaha (non account receivable) adalah piutang yang timbul bukan dari penjualan barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Piutang bukan usaha ini bersifat macam-macam tergantung jangka waktu

penagihannya. Ada yang dikelompokkan sebagai aset lancar sperti piutang bunga, persekot piutang dividen dan lain-lain. namun juga ada yang dapat dikelompokkan sebagai aset tidak lancar misalnya adalah piutang wesel yang memiliki jangka waktu penagihannya lebih dari satu periode akuntansi.

Piutang bukan usaha antara lain :

  • Piutang Dividen
  • Persekot Asuransi
  • Piutang Bunga
  • Piutang Pegawai
  • Piutang Pesanan Pembelian Saham
  • Piutang Pendapatan Sewa
  • Tagihan kepada pelanggan untuk pengembalian tempat barang misal botol, drum, dan lain-lain.
  1. Pengakuan Piutang Usaha (Account Receivable) Piutang dicatat bersamaan dengan pencatatan pendapatan yang diperoleh perusahaan. Misalnya PT X adalah perusahaan dagang yang menjual barang barang elektronik. Pada tanggal 4 Maret 2007 menjual 5 buah televisi TOSHIBA 21” @ Rp. 12.500.000,- yang berharga pokok Rp. 11.500.000,- kepada UD Cemara, dengan syarat 2/10,n/30. Tiga hari setelah barang dikirimkan, UD Cemara mengembalikan sebuah televisi tersebut karena rusak. Sedangkan UD Cemara melunasi utangnya kepada PT X pada tanggal 12 Maret.

 

  1. Penilaian Piutang Usaha Piutang akan dicantumkan dalam neraca sebesar jumlah yang akan dapat direalisasikan (nilai realisasi/penyelesaian/realizable/settlement value) yaitu jumlah yang diharapkan dapat ditagih. Jumlah yang diharapkan dapat ditagih dihitung dengan cara mengurangi jumlah piutang yang ada dengan taksiran piutang yang tidak dapat ditagih.

Mengenal Piutang dan Piutang Wesel Dalam Software Akuntansi

Jumlah piutang yang tidak dapat tertagih diakui sebagai kerugian piutang. Kerugian piutang ini dilaporkan dalam laporan laba rugi periode berjalan sebagai beban lain-lain. Besarnya kerugian piutang dapat ditentukan dengan menggunakan metode penghapusan langsung atau metode cadangan.

Metode Penghapusan Langsung : Jumlah kerugian piutang atau piutang yang dihapuskan dapat diakui dan dilaporkan jika terdapat bukti yang meyakinkan bahwa pelanggan benar-benar tidak dapat melunasinya. Sehingga jumlah piutang yang dilaporkan dalam neraca adalah sebesar nilai bruto bukan nilai yang diharapkan dapat diterima.

Software Akuntansi Solusi Laporan Piutang

Apakah Anda selalu Sibuk dengan Laporan Piutang Anda? Anda sering mencari berkas-berkas Saldo Piutang Anda yang BELUM Lunas? Perusahaan Anda masih menggunakan Manual atau menggunaan Ms. Excel dalam membuat Laporan Piutang?

Anda ingin dalam mengerjakan Laporan Piutang hanya tinggal meng-KLIK dan Mencetak Laporan tersebut hanya dengan satu kali KLIK? sudah saatnya Anda terbebas dengan permasalahan-permasalahan tersebut.

jangan khwatir, kami punya solusi dari masalah Anda. Dengan Software Akuntansi ACCURATE Accounting System semua masalah tersebut akan teratasi.

Mengenal Piutang dan Piutang Wesel Dalam Software Akuntansi

Mengapa harus Software Akuntansi ACCURATE Accounting System?

Karena dengan Software Akuntansi ACCURATE Accounting System, pada saat Anda menginput Transaksi dengan Software Akuntansi ACCURATE akan otomatis menjurnal dan Membuat Laporan Piutang secara Real Time. Anda bisa mencari Laporan Piutang yang SUDAH Lunas atau yang BELUM Lunas dengan sangat mudah.

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 

By |2017-08-07T13:30:20+00:00Agustus 7th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: