Inventory Part, Non Inventory Part, dan Service

Inventory Part, Non Inventory Part, dan Service

Tipe Inventory di ACCURATE ada 3 jenis, yaitu Inventory Part, Non Inventory Part, dan Service. Untuk perbedaan dari ketiga tipe inventory tsb adalah sbb :

  1. Inventory Part : Anda dapat mencatat barang yang Anda miliki dengan tipe Inventory Part (Persediaan) jika barang yang Anda beli tersebut merupakan barang dagangan yang ditujukan untuk dijual kembali.

Item yang dapat dikategorikan sebagai item dengan tipe Inventory Part adalah item yang mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  1. Mempunyai informasi persediaan, yang meliputi : informasi kuantitas, cost/unit dan tempat barang disimpan dapat ditelusuri.
  2. Barang tersebut dibeli untuk distok (disimpan) dengan tujuan untuk dijual kembali kepada pelanggan.
  3. History dari barang tersebut dapat ditelusuri.
  4. Pencatatan barang tersebut mempengaruhi akun dengan tipe persediaan.
  5. Jika barang tersebut dijual, maka Harga Pokok Penjualan dari barang tersebut dapat secara otomatis dihitung sesuai dengan metode perhitungan harga pokok yang Anda gunakan apakah metode FIFO atau AVERAGE.

Inventory Part, Non Inventory Part, dan Service

  1. Non Inventory Part : Anda dapat mencatat barang yang Anda miliki dengan tipe Non Inventory Part (Non-Persediaan) jika barang yang Anda beli tersebut merupakan barang yang akan Anda konsumsi sendiri atau dipakai sendiri.

Item yang dapat dikategorikan sebagai item dengan tipe Non Inventory Part adalah item yang mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  • Tidak mempunyai informasi persediaan karena informasi kuantitas, cost/unit item tersebut tidak tersedia.
  • Barang tersebut dibeli untuk dipakai sendiri (langsung habis) dan tidak untuk disimpan (di stock)
  • History dari barang tersebut tidak dapat ditelusuri.
  • Karena barang tersebut dibeli untuk langsung dipakai, maka pencatatan pembelian barang tersebut akan mempengarui akun beban (expense).
  • Jika barang tersebut dijual, maka Harga Pokok Penjualan dari barang dengan tipe non persediaan tidak dapat dihitung secara otomatis.
  1. Service : Tipe Item Service khusus digunakan untuk mencatat jenis Jasa yang Anda jual kepada pelanggan Anda. Pencatatan Item Service secara otomatis akan mempengaruhi akun revenue yang Anda miliki.

Inventory Part, Non Inventory Part, dan Service

Inventory Part, Non Inventory Part, dan Service

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 

By |2017-08-09T12:13:34+07:00Agustus 9th, 2017|Tutorial|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment


Notice: Undefined index: url_condition in /home/u6384775/public_html/wp-content/plugins/pixel-caffeine/includes/class-aepc-pixel-scripts.php on line 340
%d blogger menyukai ini: