Memperkirakan Masa Manfaat Asset Tetap Perusahaan

Memperkirakan Masa Manfaat Asset Tetap Perusahaan

Software Akuntansi*** Dalam menentukan beban penyusutan pada setiap aktiva tetap, perusahaan setidaknya harus mampu untuk memperkirakan masa kegunaan aset tetap tersebut dan berapa nilai sisanya. Untuk memperkirakan sampai berapa lama/tahun masa manfaat dari asset tetap tersebut.

Memperkirakan Masa Manfaat Asset Tetap Perusahaan

Oleh karena itu perusahaan bisa menggunakan beberapa metode berikut ini :

  • Metode Statistik.
  • Praktek Industri.
  • Perkiraan Rekayasa.
  • Pengalaman Masa Lalu dengan Asset yang Sama atau Serupa.

Rentang standar untuk waktu estimasi masa manfaat adalah sebagai berikut :

  • Peralatan Otomotif : 3 – 6 tahun
  • Mesin dan Peralatan : 3 – 20 tahun
  • Bangunan (Jenis Gedung Perkantoran) dan Sarana Prasarana : 10 – 50 tahun
  • Perabotan dan Perlengkapan (Kantor) : 5 – 12 tahun

Memperkirakan Masa Manfaat Asset Tetap Perusahaan

Yang dimaksud dari estimasi untuk masa manfaat adalah tergantung kepada pertimbangan masing-masing manajemen dan sewaktu-waktu dapat direvisi selama masa kehidupan aktiva tetap tersebut. Karena memperkirakan masa manfaat aset tetap merupakan suatu “ketidakpastian”, bisnis sebenarnya harus mengikuti praktek akuntansi yang konservatif dalam melakukan perhitungannya.

Perusahaan dapat pula untuk memperpanjang perkiraan masa manfaat asset tetap juga dapat pulau untuk menurunkan beban penyusutan dan meningkatkan laba bersih perusahaan.  Ketika menganalisis tentang perkiraan masa manfaat, kita seharusnya dapat menilai apakah sebenarnya perusahaan telah melebih – lebihkan pendapatannya dengan menggunakan estimasi masa manfaat yang sengaja diperpanjang atau tidak.

Masa manfaat asset tetap seringkali berbeda-beda dari setiap kehidupan fisiknya. Misalnya saja : aset tetap dapat secara fisik mampu memproduksi barang (di luar masa manfaatnya/lebih dari masa manfaat) tetapi mungkin akan segera dipensiunkan oleh perusahaan karena aset tersebut sudah mulai tidak memadai, secara teknis seperti : sudah mulai usang, kinerja mulai melambat (tidak seperti awal-awal masa penggunaan dulu) dan lain sebagainya. Dengan kata lain, seperti asset yang tidak lagi berguna untuk kepentingan perusahaan.

Memperkirakan Masa Manfaat Asset Tetap Perusahaan

Sebenarnya terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi masa manfaat suatu aset tetap factor-faktor tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Faktor fisik seperti : masa pakai telah kadaluwarsa, keausan mesin, kerusakan mesin, karena korban (kebakaran, banjir, atau pencurian).
  2. Faktor ekonomi seperti :
  • Ketidakmampuan : asset tetap tersebut menjadi tidak berguna ketika terjadinya tuntutan perubahan/perombakan perusahaan.
  • Penggantian : asset tetap tersebut akan digantikan dengan asset tetap yang lebih efisien atau lebih ekonomis.
  • Sudah Mulai Usang : tidak terduga akan terjadinya keusangan fisik atau keusangan secara teknis.

Faktor Fisik biasanya digunakan untuk mengestimasikan masa manfaat bangunan,misalnya : keausan, kerusakan, dan korban (kebakaran, banjir) lebih cenderung menjadi penyebab dipensiunkannya suatu asset tetap bangunan. Dalam hal ini, pemeliharaan berperan penting dalam memperpanjang (atau memperpendek) masa manfaat dari aktiva tetap tersebut.

Memperkirakan Masa Manfaat Asset Tetap Perusahaan

Faktor Ekonomi. Lebih mungkin untuk mempengaruhi masa manfaat peralatan seperti mesin pabrik dan lain-lain. Bagian-bagin mesin mungkin telah menjadi usang secara teknis baik sebelum kehidupan fisik yang sudah hampir berakhir. Faktor ekonomi mungkin juga mempengaruhi nilai sisa asset tetap. Misalnya : keusangan teknis seringkali tidak hanya mempengaruhi masa manfaat komputer tetapi juga nilai sisa dari komputer tersebut.

Ketika kegunaan dari asset tetap sudah mulai menurun di bawah nilai buku, maka asset tetap tersebut haruslah ditulis. Dengan kata lain, apabila nilai wajar dari aset tetap berada di bawah nilai buku, perusahaan harus mau untuk mengakui penurunan kerugian atas aset tetap tersebut. Maka hal ini di catat sebagai kerugian dan tidak boleh untuk dilaporkan sebagai pos yang luar biasa.

Software Akuntansi ACCUARTE Accounting System

Software Akuntansi ACCURATE ( ACCURATE ACCOUNTING SYSTEM ) hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut, karena ACCURATE adalah Software Akuntansi yang memudahkan perusahaan terutama Akunting dalam mengelola transaksi, perubahan kas, piutang, hutang, hingga menjadi sebuah laporan hanya dalam hitungan DETIK.

Memperkirakan Masa Manfaat Asset Tetap Perusahaan

Jika anda memang menginginkan:

  • Buku Besar, hanya dengan menjurnal transaksi harian, laporan – laporan keuangan secara otomatis telah tersedia, termasuk budget perkode perkiraan, Laporan Keuangan yang REALTIME.
  • Persediaan barang yang mencakup laporan stock, penjualan dan pembelian yang terintergrasi dengan buku besar dan laporan lainnya, cetak kwitansi/Faktur/Faktur Pajak, daftar harga, Purchase Order, Sales Order, pengendalian beberapa gudang, konsinyasi keluar, analisa pembelian dan penjualan dasar barang, langganan dan sales. Menganut sistem standart FIFO.
  • Hutang dan piutang dagang, termasuk laporan tagihan, statement of account dan aging schedule.
  • Giro Mundur masuk, keluar dan giro tolak.
  • Aktiva Tetap.
  • Job Costing.
  • Laporan keuangan konsolidasi (Pusat dan cabang cabang).
  • Laporan Project Costing (laba rugi per proyek) untuk Perusahaan konstruksi.
  • Program Management Building untuk Perusahaan Pengelola Gedung.
  • Dealer dan Workshop untuk showroom dan service.

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 

By |2017-08-10T11:43:20+00:00Agustus 10th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: