Menyusun Laporan Keuangan Bisnis Manufaktur

Menyusun Laporan Keuangan Bisnis Manufaktur

Software Akuntansi**** Kita semua tahu bahwa laporan keuangan adalah proses akuntansi yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan. Lalu bagaimana dengan laporan keuangan manufaktur? Laporan jenis ini berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi atau suatu aktivitas perusahaan manufaktur dengan pihak-pihak yang sudah berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan manufaktur tersebut.

Menyusun Laporan Keuangan Bisnis Manufaktur

Proses pembukuan keuangan manufaktur yang diawali dengan proses mengklarifikasi semua jenis transaksi yang sudah terjadi pada sebuah perusahaan industri manufaktur. Pada tahap ini, proses dilakukan dengan melakukan pembagian transaksi suatu organisasi atau perusahaan ke dalam jenis-jenis tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya. Seperti halnya, pembagian transaksi penjualan, pembelian, pengeluaran kas, penerimaan kas, dan lain sebagainya.

Proses pencatatan adalah proses untuk memasukkan transaksi ke dalam jurnal yang tepat dan benar sesuai dengan urutan kejadian transaksi. Sumber-sumber yang dapat dijadikan bukti antara lain seperti bon, bill, nota, dan struk. Setelah semua transaksi dimasukkan ke dalam jurnal, proses selanjutnya adalah dengan memasukkan jurnal ke dalam buku secara berskala.

Menyusun Laporan Keuangan Bisnis Manufaktur

Informasi laporan keuangan ini haruslah sesuai dengan tujuan perusahaan dan informasi tersebut juga harus bisa menjadi acuan atau pedoman bagi manajemen untuk mengambil keputusan. Biasanya hal tersebut berkaitan dengan penanaman modal atau saham dari sejumlah pihak yang berkaitan dengan perusahaan.

Cara praktis dalam pembukuan laporan keuangan ini sangatlah penting dilakukan oleh pemiliki usaha. Hal ini dikarenakan pembukuan sangat vital bagi keberlangsungan bisnis usaha.

 

Berikut adalah beberapa tips dalam pembukuan keuangan bagi sebuah perusahaan manufaktur.

  • Penyusunan Proyeksi Arus Kas Sebelum Memulai Usaha

Menyusun proyeksi arus kas sebelum memulai usaha, sangatlah penting adanya. Hal ini dikarenakan proyeksi tersebut bisa digunakan untuk melihat prospek atau masa depan usaha dan mempersiapkan cadangan modal usaha yang lebih besar daripada asumsi modal yang dibutuhkan dalam proyeksi aliran kas. Hal ini juga bisa menjadi sebuah antisipasi jika di masa yang akan datang terjadi hal yang tidak terduga dalam perjalanan usaha.

  • Catatan Transaksi Harus Selalu Terupdate

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semua transaksi yang ada dalam kegiatan usaha haruslah dicatat dalam pembukuan atau jurnal laporan keuangan. Semua transaksi dalam perusahaan tidak boleh terlewatkan satu pun dan harus segera dicatat dalam buku laporan keuangan. Hal ini dilakukan agar informasi mengenai aktivitas usaha dapat diketahui dengan mudah.

Menyusun Laporan Keuangan Bisnis Manufaktur

  • Buatlah Dua Buku Acuan Laporan Pemasukan dan Pengeluaran

Dalam menyusun laporan keuangan, dianjurkan bagi pelaku usaha untuk membuat dua buku, yaitu buku pengeluaran dan buku pemasukan. Cara ini akan memeprmudah dalam melihat posisi keuangan dalam usaha tersebut.

  • Tidak Mencampur Adukkan Keuangan Perusahaan dengan Keuangan Pribadi

Dalam menjalankan suatu usaha, dianjurkan untuk membedakan atau memisahkan rekening perusahaan dan rekening pribadi. Sekecil apa pun perusahaan, sangat tidak diperkenankan untuk mencampur adukan seluruh aktivitas keuangan perusahaan dengan urusan pribadi. Tujuan hal tersebut adalah agar informasi keuangan perusahaan menggambarkan aktivitas keuangan yang sesungguhnya.

Menyusun Laporan Keuangan Bisnis Manufaktur

  • Bukti Setiap Transaksi Haruslah Selalu Tercatat

Dalam menjalankan sebuah usaha, pencatatan setiap transaksi haruslah disertai dengan bukti berupa nota, invoice, kuitansi, dan lain sebagainya. Hal ini bisa dijadikan sebagia kontrol atas pencatatan transaksi dengan bukti otentiknya. Bukti-bukti ini akan berguna jika dilakukan pemeriksaan, seperti pemeriksaan oleh tim audit atau pemeriksaan untuk pajak. Tanpa bukti transaksi, pembukuan keuangan dianggap tidak sah.

  • Membuat Form-form Khusus Untuk Alur Dokumen Operasional Perusahaan

Sebagai langkah mempermudah menyusun laporan keuangan, ada baiknya jika setiap pelaku usaha membuat form-form khusus untuk mempermudah dalam pencatatan setiap transaksi yang terjadi. Form-form khusus ini seperti pengeluaran rutin menggunakan form warna kuning, pemasukan dengan form berwaqrna hijau, dan lain sebagainya.

  • Penempatan File Khusus untuk Setiap Transaksi

Menempatkan file-file khusus dalam setiap transaksi ini dilakukan untuk memisahkan penempatan transaksi agar terlohat rapi dan mudah untuk ditemukan ketika dibutuhkan. Penempatan file yang disimpan secara terpisah atau khusus ini antara lain file penjualan, pembelian, bukti bank masuk dan keluar, bukti kas masuk dan kelura, dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih sangat banyak tips-tips dalam penyusunan laporan keuangan untuk sebuah perusahaan manufaktur, diantaranya membuat berbagai daftar, memastikan periodenya, dan juga berkonsultasi dengan para konsultan akuntan dan petugas pajak. Hal ini dapat membantu dalam penyusunan laporan keuangan yang baik dan benar.

Menyusun Laporan Keuangan Bisnis Manufaktur

Sebelumnya yang harus diketahui yaitu hal-hal yang sangat penting dalam akuntansi di sebuah perusahaan Manufaktur/ Pabrikasi meliputi:

  1. Persediaan yang terdiri dari 3 macam yaitu bahan mentah, setengah jadi dan barang jadi.
  2. Biaya Pabrikasi yang di pakai untuk proses produksi barang-barang yang sudah selesai di awal, barang-barang yang dimasukan  dalam proses produksi dan barang-barang yang baru selesai.
  3. Biaya produksi yang di masukan pada saat proses produksi.
  4. Harga pokok produksi yang merupakan biaya yang telah diselesaikan dalam proses produksi.

Mengapa ACCURATE Accounting System sangat cocok untuk perusahaan Manufaktur ?

ACCURATE Accounting System memiliki fitur-fitur yang cocok untuk Perusahaan Manufaktur seperti :

  • Kontrol Stock Persedian
  • Pembelian & Penjualan
  • Laporan Penjualan
  • Assembling (Job Costing)
  • Proses Produksi (Bahan Baku, Barang Setengah Jadi, Barang Jadi)
  • Financial Statement (Neraca Saldo, Laba/Rugi, Laporan Perubahan Modal, Laporan Arus Kas, DLL)
  • Laporan Produksi
  • Dan Fitur-Fitur Lainnya

Software akuntansi ACCURATE Accounting System juga memiliki fitu-fitur yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pembukuan industri sederhana ataupun kompleks, yang memproduksi dari bahan baku sampai menjadi barang siap jual dan distribusikan serta memerlukan pembukuan berintegrasi dengan pengelolaan stock, keluar masuk barang, hutang piutang, tagihan, sampai dengan laporan dan grafik.

Bukan hanya itu saja fitur-fitur yang diberikan oleh ACCURATE Accounting System, pada saat Anda menginput suatu Transaksi, ACCURATE Accounting System akan secara otomatis membuat Jurnal dan Laporan Keuangan secara Real Time. Jadi Accounting tidak lagi membutuhkan waktu yang cukup lama dalam membuat suatu Laporan untuk Owner.

Dengan Software Akuntansi ACCURATE pekerjaan Seorang Accounting akan sangat terbantu dan Owner pun akan merasa senang karena dapat melihat Laporan Keuangannya Kapan saja.

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 

By |2017-08-10T11:33:32+00:00Agustus 10th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: