Software Akuntansi Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Pengusaha Indonesia

Software Akuntansi Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Pengusaha Indonesia

Era AEC (Asean Economic Community), adalah era dimana inti dari AEC ini merupakan dibukanya pasar secara luas atas arus ekspor impor barang dan jasa ataupun arus investasi antar negara ASEAN. Dengan diberikan kemudahan bertransaksi antar negara di Asia Tenggara maka akan menimbulkan sebuah peluang ataupun tantangan bagi pengusaha yang ada di Indonesia. Pada saat ini tentunya para pengusaha yang ada di Indonesia harus mampu untuk menyiapkan berbagai macam strategi dalam menghadapi masuknya investasi dan persaingan dari pihak perusahaan luar negeri yang mungkin dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, kualitas produk yang lebih baik dan dengan harga yang lebih kompetitif.

Software Akuntansi Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Pengusaha Indonesia

Yang menjadi pertanyaan adalah : apakah para pengusaha di Indonesia sudah sepenuhnya siap untuk menghadapi persoalan ini? Hasil survey yang cukup mengagetkan, karena ternyata sebagian besar pengusaha yang ada di Indonesia masih menjalankan bisnis dengan cara yang sangat tradisional. Pengusaha-pengusaha yang ada di Indonesia hanya berusaha untuk menghadapi pasar secara lokal dan belum berpikir untuk mengembangkan usaha bagi pasar luar negeri. Masalahnya adalah ketika menjalankan bisnis mereka, aspek laporan keuangan tidak terlalu diperhatikan ataupun malah tidak ada sama sekali pelaporan keuangan yang dilakukan oleh para pengusaha tersebut.

Software Akuntansi Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Pengusaha Indonesia

Di zaman AEC ini tentunya pengusaha harus memperlihatkan kreatifitas dalam menjalankan bisnis dan tentunya aspek raport dari operasional perusahaan yang dapat disuguhkan dalam bentuk laporan keuangan perusahaan harus betul-betul diperhatikan. Pelaporan keuangan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, ada perusahaan yang menggunakan pembukuan dengan cara menulis melalui buku tulis besar dan secara manual menghitung laporan keuangan yang ada. Ada pula yang menggunakan microsoft excel dan merekap seluruh hasil kegiatan operasional perusahaan, lalu dari hasil rekap tersebut diterbitkanlah laporan keuangan. Namun dari kedua cara yang dilakukan tadi biasanya laporan keuangan akan terbit dengan waktu yang cukup lama. Biasanya untuk laporan keuangan bulan berjalan akan terbit minimal 1-2 bulan berikutnya. Hal ini yang akhirnya membuat perusahaan kehilangan informasi real atas keadaan perusahaan yang sebenarnya sehingga membuat para pengusaha tersebut merasa terlambat dalam pengambilan keputusan.

Lalu apa yang harus dilakukan? Tentunya pengusaha harus mencari cara bagaimana agar dapat mendapatkan pelaporan real terhadap raport setiap operasional perusahaan. Salah satunya adalah dengan cara menggunakan software akuntansi.

Software Akuntansi Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Pengusaha Indonesia

Lalu apa sebenarnya software akuntansi itu? Software akuntansi merupakan suatu aplikasi/perangkat lunak dimana perangkat ini dapat membantu pengusaha dalam mencatat seluruh kegiatan operasional yang terjadi didalam perusahaan dan menghasilkan suatu laporan keuangan secara real dan cepat. Biasanya pengusaha yang belum terbuka terhadap pembukuan modern, selalu bertanya, “Apa sih yang saya dapatkan apabila saya menggunakan software akuntansi?”. Inilah hal yang memang perlu diketahui oleh para pengusaha sebelum menggunakan software akuntansi dan mendapatkan banyak manfaat darinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dasar yang akan didapatkan ketika sudah menggunakan software akuntansi :

  • Laporan keuangan real dan cepat (meliputi laporan keuangan laba rugi dan neraca).
  • Laporan posisi persediaan pergudang dan real time (baik secara nilai maupun kuantitas).
  • Laporan persediaan pada posisi minimum.
  • Laporan posisi hutang jatuh tempo.
  • Laporan pembelian per periode.
  • Laporan posisi piutang jatuh tempo.
  • Laporan penjualan harian, minggun, bulanan maupun tahunan.
  • Laporan biaya-biaya yang terjadi selama periode tertentu.
  • dan masih banyak lagi yang tidak mungkin bisa disebutkan disini.

Software Akuntansi Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Pengusaha Indonesia

Tentunya dengan beberapa manfaat diatas yang didapat dari penggunaan software akuntansi maka akan semakin memudahkan para pengusaha dalam mengambil keputusan yang lebih cepat berkaitan dengan strategi bisnis yang akan mereka ambil. Seperti contoh : dari laporan laba rugi sudah dapat kita ketahui bahwa nilai penjualan pada periode berjalan dan biaya yang dikeluarkan. Tentunya dari laporan ini para pengusaha dapat segera melakukan koordinasi dengan pihak marketing, apabila penjualan jauh lebih rendah dari target yang telah ditetapkan. Serta dari segi biaya, apabila terlalu tinggi dari yang semestinya, pengusaha bisa melakukan penekanan biaya dari pihak finance, dan banyak lagi keputusan-keputusan lainnya.

Salah satu Software Akuntansi Yang Terbaik yaitu ACCURATE Accounting System. Dimana terdapat banyak sekali fitur yang dapat memudahkan Anda untuk membuat laporan keuangan secara valid.

Software Akuntansi Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Pengusaha Indonesia

Berikut merupakn beberapa Fitur Software Akuntansi ACCURATE Accounting System yang tidak dimiliki oleh Software Akuntansi Lain :

  • System Database Menggunakan Firebird (Interbase 2013)
  • Mampu berkerja di Multi Core Komputer
  • Pada saat Mati lampu atau jaringan putus secara tiba-tiba Database Tidak Rusak
  • System Online Lebih Cepat
  • Database sebesar Ratusan MB tidak Berat
  • System EABT (Exclusive Access for Branch Transaction)
  • Support E-Faktur (Peraturan Pajak per 1 Juni 2015)

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

Error “Faktur Penjualan xxx : Can Not Get Tax: Code P” 

By |2017-08-17T16:06:35+00:00Agustus 17th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: