6 Peran Teknologi Dalam Bisnis Anda Menjadi Sukses

6 Peran Teknologi Dalam Bisnis | Di era digital saat ini hampir semua hal harus bisa dilakukan hanya dalam satu tempat ataupun satu genggaman. Sudah cukup banyak pekerjaan yang cukup hanya mengandalkan teknologi untuk mengerjakannya.

 

Teknologi tidak hanya berperan sebagai upaya untuk mempermudah pekerjaan individu. Tetapi teknologi juga sudah merambah ke dunia usaha. Sudah cukup banyak perusahaan ataupun UKM di dunia yang melek teknologi demi kemajuan bisnis yang dijalankan oleh para pelaku bisnis.

 

Dengan memanfaatkan teknologi untuk bisnis Anda, maka tentunya ini adalah salah satu hal yang cukup positif bagi Anda. Bisnis yang dijalankan menggunakan teknologi sudah pasti dapat berkembang lebih maju dan pesat dibandingkan bisnis yang tidak menggandalkan teknologi.

 

Terbukti sudah banyaknya perusahaan yang sukses karena mereka memanfaatkan peran teknologi demi kemajuan bisnis mereka. Banyak pelaku usaha yang sangat yakin bisnis yang maju adalah bisnis yang dijalankan dengan mengikuti perkembangan.

6 peran teknologi dalam bisnis anda menjadi sukses

Bahkan kini sudah cukup banyak perusahaan-perusahaan yang menjalankan usahanya hanya mengandalkan teknologi informasi yang cukup berkembang di dunia. Dalam dunia bisnis saja sudah dikenal dengan bisnis secara elektronik atau E-Commerce. Dimana setiap perusahaan E-Commerce menggandalkan jaringan internet dalam menjalankan bisnis.

 

Saat ini dunia retail sangat antusias untuk mengikuti perkembangan tersebut. Disusul juga dengan dunia perbankan dan pendidikan. Di perbankan kita mengenal istilah Interne Banking. Pola ini tentunya sangat mempermudah para nasabah yang ingin melakukan transaksi tanpa harus datang ke Bank maupun mesin ATM. Mereka bisa melakukan transaksi dari depan laptop ataupun dari telepon genggam.

 

Begitupun dengan dunia pendidikan yang cukup memanfaatkan teknologi untuk melakukan pengajaran. Saat ini sudah cukup banyak para pengajar yang hanya menggandalkan jaringan internet untuk melakukan pengajaran kepada para murid.

 

Bagaimana dengan dunia usaha? Cukup memiliki andil kah teknologi dalam mengembangkan sebuah usaha baik mikro maupun makro? Jawabannya yah!

6 Peran Teknologi Dalam Bisnis Anda Menjadi Sukses

1. Teknologi Membuat Usaha Tidak Perlu Tempat untuk Promosi!

Dahulu orang yang ingin menjalankan sebuah usaha harus memiliki satu tempat usaha, agar usaha yang dijalankannya bisa dikenal oleh orang banyak. Pelaku usaha pun harus mencari lokasi yang cocok untuk menggembangkan usahanya. Selain harus mencari tempat usaha, pelaku usaha pun harus menggeluarkan cost yang lebih besar untuk membayar uang sewa maupun untuk melakukan promosi semisal membagikan pamflet atau brosur.

 

Dengan hadirnya teknologi semacam peran social media, Anda pun tidak perlu lagi melakukan promosi bisnis dengan menggeluarkan cost tinggi. Cukup memanfaatkan berbagai media sosial yang ada, dan melakukan foto yang menarik, maka Anda pun sudah bisa melakukan promosi produk yang Anda miliki.

 

Saat ini hal ini sudah sering dilakukan oleh para pelaku bisnis. Mereka memanfaatkan media sosial seperti Facebook, twitter, Instagram, dan Path sebagai media promosi produk. Tentunya cara ini akan sangat efektif, karena yang melihat produk Anda bukan sekedar orang yang hanya ada di sekitar Anda, tetapi bisa dari seluruh penjur. Untuk itu media sosial bisa Anda manfaatkan untuk promosi produk-produk milik Anda.

2. Membangun dan Menjaga Hubungan Dengan Relasi Bisnis Atau Pelanggan

Cara ini cukup sudah mulai dilakukan oleh para pelaku usaha, baik usaha kecil maupun usaha menengah. Mereka memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membangun relasi kepada para partner bisnis dan juga para pelanggan. Dengan kemajuan teknologi, maka Anda bisa mengatur kapan harus melakukan komunikasi dengan para relasi bisnis maupun pelanggan.

 

Anda bisa memanfaatkan email atau aplikasi pesan instan lainnya. Anda pun tidak perlu lagi memikirkan cost untuk biaya perjalanan jika Anda sedang berhubungan dengan relasi bisnis Anda maupun pelanggan. Cukup sediakan nomor telepon atau email untuk sekedar membangun relasi dan komunikasi kepada partner dan pelanggan.

 

Bahkan melalui semua teknologi yang ada saat ini, Anda bisa langsung melakukan negosiasi. Tanpa harus melakukan tatap muka. Anda hanya cukup mengandalkan koneksi internet ataupun nomor telepon untuk mendapatkan negosiasi.

 

Sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan perjalanan dengan budget yang cukup besar untuk membangun relasi yang ada di luar kota atau luar negeri. Apa lagi jika saat ini harga tiket pesawat dan hotel cukup tinggi, jika negosiasi bisa dilakukan melalui telepon, maka itu akan lebih mudah dibandingkan Anda harus bepergian.

 

Jika bisnis yang Anda bangun saat ini adalah bisnis yang baru berjalan, maka Anda tidak perlu lagi mempersiapkan budget keluar kota. Sebagai pelaku bisnis, maka sudah saatnya Anda harus melek teknologi untuk bisa menggembangkan lini bisnis yang Anda miliki saat ini.

 

3. Menjaga Data Bisnis Lebih Baik

Jika perusahaan besar sudah mulai menggunakan cloud sebagai basis penyimpanan data mereka agar lebih aman. Karena keamanan data bisnis jika ditaruh pada cloud akan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan tulis tangan.

 

Bisa saja Anda khilaf menyimpan buku catatan pembukuan perusahaan Anda. Maka cara terbaik adalah dengan memakai alat penyimpanan berbasis teknologi. Mungkin ini cara yang aman bagi Anda dalam penyimpan rahasia perusahaan. Tetapi memang ini tidak menjamin keamanan seratus persen.

 

Anda bisa melakukan penyimpanan data menggunakan USB, flash disk maupun Hard Disk. Tentunya ini tidak memerlukan banyak kertas dan tempat untuk menyimpanan. Caranya cukup mudah bukan, Anda hanya memerlukan satu tempat penyimpanan yang memiliki kapasitas cukup besar.

 

Tentunya dengan adanya teknologi menghemat ruang yang ada di kantor. Anda tidak perlu lagi memiliki lemari-lemari penyimpanan dokumen. Karena semua sudah bisa Anda simpan di digital. Dengan begitu, maka semua orang yang berada di satu divisi bisa langsung membukanya, tanpa harus membuang waktu untuk mencarinya.

 

Tetapi menggunakan penyimpanan yang berbasis teknologi memang cukup rentan, seperti kehilangan data akibat virus atau tempat penyimpanan yang rusak. Sehingga ada baiknya Anda menyimpan dalam tempat penyimpanan berbasis online. Seperti penyimpanan data di dalam email, ini bisa lebih aman. Anda hanya memerlukan satu tempat khusus untuk melakukan penyimpanana di dalam email ini. Meskipun kapasitasnya ini terbatas, tetapi sangat cukup bagi para UKM untuk menyimpan data perusahaan pada email.

 

4. Bisa Melakukan Bisnis Tanpa Mengenal Waktu

Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, Anda bisa menjalankan bisnis kapan saja. Bahkan 24 jam pun bisa Anda lakukan untuk memantau perkembangan bisnis Anda. Dibandingkan Anda memiliki tempat usaha offline yang harus buka dan tutup di jam-jam tertentu.

 

Dengan hadirnya teknologi maka bisnis yang Anda jalankan bisa berlangsung selama 24 jam tanpa kenal waktu. Anda pun bisa melakukan aktivitas bukan sekedar dari satu tempat, melainkan dari beberapa tempat. Bahkan ketika Anda harus berada dalam perjalanan, bisnis yang Anda jalankan tetap bisa berjalan dengan baik.

 

5. Laporan Keuangan yang Mudah Dengan Teknologi

Pengelolaan keuangan dengan menggunakan teknologi bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menggunakan Accurate Software untuk membuat sebuah laporan keuangan dengan menghemat waktu. Anda tidak perlu lagi membuat sebuah laporan keuangan dengan menggunakan buku besar secara manual.

 

Tentunya hal itu sangat membuang waktu Anda dalam mengelola sebuah laporan keuangan.

 

Accurate Software bisa membantu Anda dalam menjawab kebutuhan untuk membuat sebuah laporan yang cukup baik untuk bisnis Anda. Dengan Software Accurate Anda bisa mengetahui secara langsung laporan keuangan perusahaan dibandingkan dengan menyuruh orang lain yang membuatnya.

 

Apa lagi Accurate software bisa membantu Anda secara instan dalam menyusun setiap transaksi yang sudah dilakukan bisnis Anda untuk mendapatkan laporan yang rapih tanpa harus menyia-nyiakan waktu dan tenaga.

12312

 

6.  Mengontrol Jalannya Bisnis

Dengan hadirnya sistem informasi yang berbasis teknologi Anda bisa memantau semua pekerjaan yang dilakukan oleh SDM Anda di kantor. Tentunya ini sangat membantu Anda dalam mengelola bisnis untuk segera berkembang menjadi lebih baik dan maju.

 

Dengan sistem informasi yang ada bahkan Anda bisa melacak data penjualan secara langsung tanpa harus menunggu laporan dari tim marketing. Sehingga waktu yang dibutuhkan pun bisa lebih hemat.

 

Bagi Anda pelaku UKM jika Anda sedang membutuhkan barang untuk bahan baku atau barang pesanana, maka teknologi bisa membantu Anda dalam mengontrol setiap lini perjalanan barang Anda, sehingga Anda akan mengetahui kapan kira-kira barang yang dibutuhkan itu sampai kepada Anda maupun tiba ditanggan pelanggan.

 

Dengan kontrol yang cukup baik menggunakan teknologi, maka sangat membantu untuk meningkatkan profit bisnis dan laba dalam waktu yang cukup singkat. Anda pun bisa langsung mencari kesalahan dan kekurangan dari sistem perusahaan yang sudah ada. Anda pun akan lebih mudah untuk menerapkan strategi yang lebih baik untuk perusahaan.

 

marketing accurateUntuk lebih lanjut bisa menghubungi saya :

Doni Irvan
0812-1967-0101 (WA/SMS)
doni@myabcshop.com

 

 

 

PENAWARAN

Kami melayani penjualan ACCURATE di seluruh Indonesia. 
ACCURATE Jakarta, ACCURATE Bekasi, ACCURATE Tangerang, ACCURATE Karawang, ACCURATE Pulogadung, ACCURATE Surabaya, ACCURATE Pasuruan, ACCURATE Makassar, ACCURATE Medan, ACCURATE Bandung, ACCURATE Yogyakarta, ACCURATE Denpasar, ACCURATE Manado, ACCURATE Batam, ACCURATE Banjarmasin, ACCURATE Palembang, ACCURATE Semarang, ACCURATE Balikpapan, ACCURATE Pekanbaru, ACCURATE Ambon, ACCURATE Jayapura, ACCURATE Kupang, ACCURATE Padang, ACCURATE Pontianak, ACCURATE Malang,ACCURATE Cikarang, ACCURATE Cibitung, ACCURATE MM2100, ACCURATE Bantargebang, ACCURATE Solo
6 Peran Teknologi Dalam Bisnis, 6 Peran Teknologi Dalam Bisnis, 6 Peran Teknologi Dalam Bisnis, 6 Peran Teknologi Dalam Bisnis, 6 Peran Teknologi Dalam Bisnis, 6 Peran Teknologi Dalam Bisnis

Share Artikel ini Agar lebih Banyak Yang Merasakan Manfaat ACCURATE

By |2017-08-19T13:03:09+00:00Agustus 18th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Expert di bidang IT. Anak muda yang penuh semangat, optimis dan bermotivasi tinggi. Selalu berkomitmen pada pekerjaan.

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: