Jurus Jitu Mengenal Akuntansi

Jurus Jitu Mengenal Akuntansi

Software Akuntansi**

Beberapa orang melihat akuntansi adalah kegiatan keuangan yang rumit dan membosankan. Namun ada 2 jurus jitu yang dapat kita pelajari untuk mengerti akuntansi. Jurus Jitu akuntansi itu adalah :

  1. Memahami Saldo Normal Akun

Bagi yang belum familiar dengan akuntansi, letak Debet Kredit suatu akun ketika di jurnal pasti sangat membingungkan. ternyata untuk lancar menjurnal, kita harus paham dahulu letak-letak saldo normal semua akun. Dalam ilmu akuntansi ini sangat fundamental sekali.

Dalam ilmu akuntansi semua akun mempunyai posisi yang sudah ditentukan.

D E B E T

Jurus Jitu Mengenal Akuntansi

Saldo normal Harta/Aktiva (Asset) adalah DEBET, Dalam laporan keuangan, informasi tentang aktiva dapat dilihat di Laporan Neraca. Apa saja akun-akunnya? Biasa nya akun yang paling standar adalah:

  1. Kas (cash on hand, dan Bank)
  2. Piutang (Account Receivable)
  3. Surat-surat berharga / Effek (marketable securities)
  4. Perlengkapan (Supplies)
  5. Biaya-biaya di bayar dimuka (Prepaid Expense)
  6. contoh: Asuransi dibayar dimuka, iklan dibayar dimuka, sewa dibayar dimuka, dll.
  7. Peralatan (Equipment)
  8. Persediaan barang dagang (Merchandise Inventory)

Aset Tetap (Fixed Asset) seperti Gedung (Building), tanah (land), kendaraan (vehicle), dll

Ada rumus yang gampang di ingat yang selalu saya gunakan untuk menganalisa transaksi untuk dibuat jurnal, yaitu:

Jika Asset  BERTAMBAH, maka letaknya disebelah DEBET, jika BERKURANG letaknya disebelah KREDIT. Saldo normal asset adalah di sebelah DEBET.

Saldo normal Beban/Biaya (expense) adalah DEBET, Sekarang kita bahas beban atau biaya. Selain kelompok Asset, akun biaya atau beban juga berada diposisi Debet. Dalam laporan keuangan Biaya tergambarkan di laporan Laba-rugi (Income Statement). Rumus Gampangnya untuk Beban/biaya adalah:

Jurus Jitu Mengenal Akuntansi

Semua jurnal yang berhubungan dengan beban (kecuali jurnal balik) sudah pasti terletak di DEBET.  Saldo Normal beban/biaya ada di DEBET.

Contoh akun Biaya:

  1. Biaya gaji karyawan
  2. biaya listrik dan telepon
  3. biaya serba serbi
  4. dll

Contoh cara menjurnal transaksi beban :

Dibayar gaji karyawan untuk bulan januari 2015 sebesar Rp.5.000.000,-

Beban Gaji…………………                Rp.5.000.000,- (D)

Kas……………………….                                                                 Rp.5.000.000,-(K)

Jurus Jitu Mengenal Akuntansi

K R E D I T

Saldo normal Kewajiban/Utang (Liabilities) adalah KREDIT, Dalam Laporan keuangan, pos kewajiban terletak di Neraca, di sebelah kanan. contoh akun-akunnya seperti dibawah ini:

  1. Utang (Account Payable)
  2. Utang Gaji/ Gaji yang masih harus di bayar (Salaries payable)
  3. Utang PPh,
  4. Utang Bank (Janngka Panjang)
  5. dll

Jurus Jitu Mengenal Akuntansi

Berbeda dengan asset, Rumus untuk menganalisa transaksi utang (liabilities) adalah :

Jika utang BERTAMBAH letaknya di KREDIT, namun jika untang BERKURANG letaknya disebelah DEBET, Saldo normal utang ada di KREDIT

Contoh cara menjurnal transaksi utang :

Dibeli secara kredit  peralatan senilai 20.000 dari toko Easy Store.

Peralatan…………….                           20.000,- (D)

Utang…………..                                                          20.000 (K)

Ringkasan Saldo normal beberapa akun :

  1. Saldo normal Penjualan (sales) adalah Kredit
  2. Saldo normal Pendapatan (revenue) Kredit
  3. Saldo normal Akumulasi Penyusutan Kredit
  4. Saldo normal Prive Debet
  5. Memahami Jenis Akun

Dalam akuntansi jenis akun dibedakan menjadi dua yaitu :

  • Akun Riil

Akun Rill ( akun neraca ) adalah akun yang mencatat perubahan unsur neraca.Akun rill dibagi ke dalam 3 kelompok yaitu Aktiva,Kewajiban,Ekuitas.

Aktiva (Assets) adalah semua hak yang dapat digunakan dalam Operasional perusahaan. Akiva dapat diklarafikasikan ke dalam beberapa sub kelompok sebagai berikut:

  • KAS (CASH)

Jurus Jitu Mengenal Akuntansi

Kas(Cash) adalah uang tunai yang disimpan di brankas atau di kantor ataupun simpanan di bank yang berbentuk giro atau simpanan lain yang dapat diambil setiap saat.

  • Deposito Bank

Deposito Bank/deposito berjangka (Time deposit) adalah simpanan pada bank yang berbentuk deposite yang dapat diambil pada waktu-waktu tertentu misal : 1 bulan,3 bulan,6 bulan.

  • Surat berharga

Surat berharga/efek (Marketable securities) adalah saham dan obligasi perusahaan lain yang yang memanfaatkan kelebihan uang kas (idle money)

  • Piutang Usaha (Account Receivable)

adalah hak untuk menagih kepada pihak lain karena sebelumya perusahaan memberikan pinjaman atau menjual barang atau jasa secara kredit kepada pihak lain.

Jurus Jitu Mengenal Akuntansi

Kewajiban ( liability) atau sering kita sebut sebagai hutang adalah kewajiban  yang harus kita bayar karena telah menikmati/menggunakan barang/jasa tersebut sebelumnya serta terdapat jangka waktu pengembaliannya.

Ekuitas (Modal) adalah seluruh total kekayaan bersih yang kita gunakan sebelum memulai usaha baik itu berupa aktiva tetap ( peralatan kantor,gedung dll) maupun aktiva lancar (kas).

  • Akun Temporal

Akun Temporal Adalah kelompok akun yang nilai saldonya bersifat temporal atau sementara saja, dalam pengertian nilai saldo akun kelompok ini hanya ada selama kurun waktu suatu periode saja, untuk kemudian ditutup di akhir periode buku. Akun temporal juga sering disebut “Akun NOMINAL” (nominal accounts). Masuk dalam kelompok akun temporal atau akun nominal adalah akun-akun yang disajikan dalam Laporan Laba Rugi. Pada proses tutup buku di akhir periode seluruh akun yang masuk dalam kelompok ini “DITUTUP”, dengan kata lain nilai saldo semua akun “DI NOL-kan” dengan cara: mendebit akun “Pendapatan”; dan mengkredit akun HPP dan “Biaya Operasional”  dengan akun “Laba Rugi”. Kelompok akun ini kemudian dibagi menjadi beberapa sub-kelompok akun pendapatan, sub-kelompok akun beban, sub-kelompok akun penjualan dll.

Jurus Jitu Mengenal Akuntansi

Setelah mengerti pengertian dan fungsi dari akun-akun dalam akuntansi ini maka dapat dipastikan Anda dapat mengerti Akuntansi.

Kini, telah hadir  Software Akuntansi ACCURATE ACCOUNTING SYSTEM sebagai software akuntansi yang solutif dan ACCURATE user. Software akuntansi ini dapat digunakan dan diopearsionalkan bahkan oleh orang yang tidak mengetahui tentang akuntansi. Setelah mempraktikan jurus jitu diatas dalam software akuntansi maka Anda dapat membuat laporan keuangan perusahaan Anda dengan lebih mudah, cepat dan efisien.

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

Error “Faktur Penjualan xxx : Can Not Get Tax: Code P” 

By |2017-08-19T15:32:50+00:00Agustus 19th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: