Downpayment Atas Barang Yang Belum Diketahui

Downpayment Atas Barang Yang Belum Diketahui.

Customer membayar sejumlah uang kepada perusahaan untuk pembelian yang belum diketahui item apa yang akan mereka beli (item yang akan kita jual), maka kita bisa menganggapnya sebagai uang muka (downpayment).

Cara menginput DP tsb sebagai berikut :

  1. Buka menu Activities | Sales | Sales Invoice.
  2. Pilih nama customer yg bayar dp tsb, dan input tanggal invoicenya.
  3. Pada kolom item, masukkan item no-1 yaitu Downpayment , isi qty dengan angka 1, dan Unit Price isi senilai uang muka yang kita terima dari customernya.
  4. Kalau sudah, di bagian atas klik button Sales Receipt
  5. Pada form Sales Receiptyang terbuka ini, pilih nama Bank yang terima uangnya dan jangan lupa input Payment Date dan Cheque Datenya . Kalau sudah klik Save and Close, sehingga pada akun Kas/Bank perusahaan akan bertambah saldonya karena DP tadi.

Jika kita sudah terima pesanan penjualan dari customer tsb, dan dp yang sudah masuk ingin di alokasikan atas faktur penjualannya, maka caranya adalah :

  1. Buat pesanan penjualannya dari menu Activities | Sales | Sales Order, buat pesanan penjualan seperti biasa, kalau sudah maka buat Delivery Order(untuk pengiriman barangya) dan buat Sales Invoice (untuk tagihannya).
  2. Pada form Sales Invoice ini, uang muka tersebut bisa kita alokasikan disini, caranya dengan klik button di bagian atas yaitu Select DP

Downpayment Atas Barang Yang Belum Diketahui

Downpayment Atas Barang Yang Belum Diketahui.

3. Centang Nomor Faktur DP yang sudah di buat, klik Ok.

Downpayment Atas Barang Yang Belum Diketahui

  1. Dengan demikian, nilai DP tersebut telah masuk ke Tab Downpaymentnya, kita masih bisa edit nilai dp yang mau kita alokasikan untuk faktur tersebut pada kolom Total DP nya.

Downpayment Atas Barang Yang Belum Diketahui

PENAWARAN

Downpayment Atas Barang Yang Belum Diketahui

  1. Save and CloseInvoicenya, sampai disini invoice tersebut sudah selesai (tidak perlu di tarik ke Sales Receipt lagi karena sudah tidak ada nilai piutang yang outstanding atas invoice bersangkutan).

Catatan : Langkah yang sama dapat dilakukan juga untuk kasus Pembelian, tetapi prosesnya dilakukan dari modul Pembelian, tepatnya mulai dari Purchase Invoice.

Accurate Business Center MM Bekasi adalah representative resmi dari CPSSoft selaku produsen dari Accurate Online. Kami melayani penjualan resmi Accurate Online ke seluruh kota di Indonesia seperti Jakarta, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Madura, Bali, Kupang, Palu, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Papua, hingga Timor Leste.

Untuk permintaan penawaran Accurate Online, silahkan mengisi form pada di Link ini, Untuk lebih jelasnya, Bisa Hubungi no kontak yang ada di bawah ini.

Segera Hubungi:

Irfan ACCURATE Solutions Analyst

ACCURATE Business Center
WEB: accuratecenter.net 
Email.irfan@myabcshop.com
MAL METROPOLITAN Bekasi
Kantor: 021-8886-8888
Hp        : 0812-8929-1661
WA       : 0812-8929-1661
By |2017-08-23T15:48:20+00:00August 23rd, 2017|Tutorial|0 Comments

About the Author:

Memiliki jam terbang yang tinggi dan semangat kerja. Memberikan respek kepada setiap konsumen.

Leave A Comment

%d bloggers like this: