Persiapan Penggunaan e-Faktur pada Software Akuntansi

Persiapan Penggunaan e-Faktur pada Software Akuntansi

Software Akuntansi dan e-Faktur

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat e-Faktur Pajak? Apa saja langkah-langkah untuk membuat e-Faktur Pajak? Apakah hubungan antara e-Faktur Pajak dan e-Nofa? Di mana dan bagaimana cara memperoleh aplikasi e-Faktur Pajak? Dapatkan informasinya dibawah ini.

Persiapan Penggunaan e-Faktur pada Software Akuntansi

Pengertian e-Faktur

Faktur Pajak Elektronik atau e-Faktur Pajak merupakan faktur pajak yang dibuat melalui sebuah aplikasi elektronik (perusahaan dapat melakukan instalasi e-Faktur pada komputer dan akan secara otomatis menghubungkan e-Faktur dengan program e-SPT, pembuatan SPT Masa PPN pun akan lebih mudah. Terkait dengan pembuatan e-Faktur Pajak, Pengusaha Kena Pajak (PKP) harus mengirim surat permohonan kepada DJP untuk memiliki:

  • Sertifikat Elektronik (prasyarat untuk mendapatkan layanan perpajakan secara elektronik, seperti e-Faktur Pajak dan e-Nofa untuk mengajukan permintaan Elektronik Nomor Seri Faktur Pajak)
  • Kode Aktivasi dan Password (untuk memiliki akses e-Nofa)
  • Permintaan Aktivasi Akun Pengusaha Kena Pajak (untuk mengaktifkan Kode Aktivasi dan Password yang telah diterima PKP)

Persiapan Penggunaan e-Faktur pada Software Akuntansi

Langkah Mudah Membuat Faktur Pajak Elektronik (e-Faktur Pajak)

Langkah 1: Melengkapi Formulir dan Persyaratan

  1. Menyiapkan Surat Permohonan Sertifikat Elektronik
  • Surat Permintaan Sertifikat Elektronik dan Surat Pernyataan Persetujuan Penggunaan Sertifikat Elektronik ditandatangani oleh pengurus PKP yang nama tercantum pada SPT Tahunan PPh Badan Tahun Pajak Terakhir.

Pengurus KPP wajib menunjukkan:

  • WNI: KTP Elektronik asli, Kartu Keluarga (KK) asli, beserta photocopy kedua dokumen tersebut;
  • WNA: Paspor asli, KITAS / KITAP asli, beserta photocopy kedua dokumen tersebut;
  • Softcopy pas foto WNI/WNA terbaru yang disimpan ke dalam CD (compact disc) atau media lain. File foto diberi nama: NPWP-nama pengurus-nomor KTP.
  • Asli SPT Tahunan Badan & Bukti Penerimaan Surat atau Tanda Terima Pelaporan SPT.
  1. Menyiapkan Surat Permohonan Kode Aktivasi dan Password
  • Surat Permohonan Kode Aktivasi dan Password harus diisi dengan lengkap dan ditandatangani oleh pengurus PKP;
  • Format Surat Permohonan harus sesuai dengan Lampiran IA Peraturan DJP No. PER 17/PJ/2014;
  • PKP harus memenuhi syarat agar dapat mengajukan kode aktivasi dan password, yakni telah melakukan Registrasi Ulang Pengusaha Kena Pajak oleh KPP tempat PKP terdaftar berdasarkan Peraturan DJP 120 PER-05/PJ/2012 beserta perubahannya dan laporan hasil registrasi ulang atau verifikasi yang menyatakan PKP tetap dikukuhkan atau PKP telah dilakukan verifikasi berdasarkan peraturan Menteri Keuangan No. PMK-73/PMK.03/2012.

Persiapan Penggunaan e-Faktur pada Software Akuntansi

Langkah 2: Pergi ke Kantor Pelayanan Pajak  (sesuai dengan tempat PKP terdaftar)

  • Pengurus PKP harus secara langsung menyampaikan surat Permohonan Sertifikat Elektronik ke Kantor Pelayanan Pajak (petugas KPP tidak menerima Perwakilan pengurus PKP) tempat PKP dikukuhkan.
  • Petugas KPP menerima Perwakilan untuk surat Permohonan Kode Aktivasi dan Password jika akan ditandatangani oleh selain pengurus PKP (dengan syarat melampirkan surat kuasa).
  • Penerbitan surat penyetujuan atau penolakan Kode Aktivasi dan Password paling lama 3 (tiga) hari kerja. Kode Aktivasi dikirim melalui pos ke alamat PKP, password dikirim melalui email ke alamat email PKP yang dicantumkan dalam surat permohonan Kode Aktivasi dan Password.

Langkah 3: Aktivasi

 

  • PKP wajib membawa surat penyetujuan aktivasi dan password yang dikirim oleh DJP beserta lembaran surat Permintaan Aktivasi Akun PKP ke Kantor Pelayanan Pajak. Aktivasi akun akan selesai pada hari itu juga.
  • Surat Permintaan Aktivasi Akun PKP harus sesuai dengan lampiran IE Peraturan DJP No. PER/17/PJ/2014.

TAHAP 1

Langkah 4: e-Nofa

  • PKP dapat mengakses e-Nofa dengan memasukkan username dan password yang sudah diberikan oleh DJP.
  • e-Nofa sebuah aplikasi untuk mendapatkan elektronik nomor seri faktur pajak yang akan digunakan pada e-Faktur.

Langkah 5: Download Aplikasi e-Faktur Pajak

*****

Masa Berlaku Sertifikat Elektronik

  • Masa berlaku Sertifikat Elektronik adalah 2 (dua) tahun dihitung sejak tanggal Sertifikat Elektronik diberikan oleh DJP.
  • Sebelum masa berlaku Sertifikat Elektronik  berakhir, PKP diperkenankan untuk meminta Sertifikat Elektronik baru.

Persiapan Penggunaan e-Faktur pada Software Akuntansi

*****

Software Akuntansi ACCURATE Accounting System

Peran Software Akuntansi - 5 Kesalahan Yang Bisa Tenggelamkan Bisnis

Software Ak

best-client2untansi ACCURATE Accounting System adalah Software Akuntansi E-Faktur paket yang ada di Indonesia. ACCURATE 5  sudah support untuk pelaporan pajak berbasis E-faktur. ACCURATE 5  dapat di gunakan di semua bidang usaha yang menggunakan e-faktur. Bila anda memiliki software lain untuk perusahaan anda dan membutuhkan software untuk aplikasi ke e-faktur dengan transaksi per hari yang banyak, ACCURATE 5 dapat membantu anda. Mengapa?

  • ACCURATE 5  Memiliki fitur import dan export. Jika anda memiliki software lain, anda hanya harus meng-ekspor laporan penjualan dan pembelian anda, lalu  meng-import transaksi tersebut ke ACCURATE 5. di ACCURATE 5  akan muncul lengkap dengan Nama Customer atau Vendor anda disertai dengan nomor pajaknya.
  • Setelah ter-import semua ke ACCURATE 5, lalu anda tinggal ekspor sales dan purchase invoice tersebut ke format csv sesuai dengan ketentuan import dari software efaktur. (ACCURATE 5  sudah menyediakan invoice mana saja yang dikenakan PPn, dan akan di siapkan untuk ekspor ke csv tersebut). Jadi anda tidak perlu khawatir. Semua tinggal klik saja!
  • Sesudah ekspor ke csv, anda dapat import dan upload ke faktur pajak. Selesai

Pekerjaan ini hanya membutuh kan beberapa menit saja. Bayangkan jika anda biasanya mengerjakan ini ber jam-jam bahkan berhari-hari, dengan Software Akuntansi E-Faktur ACCURATE Accounting System, semua waktu dapat di bypass dan sangat sangat efisien.

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 Error “Old SerialNo Do Not Match”

By |2017-08-24T17:26:57+00:00Agustus 24th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: