Apa Itu Audit ? Dan Hubungannya Dengan Software Akuntansi

Apa Itu Audit ? Dan Hubungannya Dengan Software Akuntansi

Apa itu Audit?

Apa Itu Audit ? Dan Hubungannya Dengan Software Akuntansi

Sebelumnya pernah gak kalian tau apa sih audit itu?

Ya, audit berhubungan dengan dunia akuntansi dan orang yang mengerjakan audit ini berprofesi sebagai auditor. Auditor sendiri merupakan profesi yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Biasanya kalau orang memberi tahu kalau dia adalah seorang Auditor, otomatis yang dipikiran orang-orang adalah Auditor akuntansi atau keuangan.

Sebelum kita membahas lebih jauh, yuk simak terlebih dahulu arti audit yang sebenarnya.

Pengertian Audit

Audit berarti pemeriksaan keuangan. Pemeriksaan catatan akuntansi klien oleh seorang akuntan publik berijazah independen. Auditor harus mengikuti prosedur pemeriksaan yang diterima secara umum. Dokumen sumbernya diperiksa untuk mendapatkan keabsahan transaksi yang kuat. Perlu dilakukan penilaian yang hati-hati terhadap pengawasan internal seperti pemeriksaan internal, manajemen dan ketaatan.

Apa itu pemeriksaan internal, manajemen dan ketaatan ?

Pemeriksaan internal adalah penyelidikan terhadap prosedur dan operasi perusahaan oleh pemeriksa internal untuk memastikan bahwa prosedur tersebut sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Apa Itu Audit ? Dan Hubungannya Dengan Software Akuntansi

Pemeriksaan manajemen adalah penilaian terhadap efisiensi manajemen

Pemeriksaan ketaatan adalah kepastian ketaatan perusahaan terhadap peraturan dan peraturan khusus

Apa sih tujuan audit ini sebenarnya ?

Audit bagi perusahaan merupakan hal yang cukup penting karena memberikan pengaruh besar dalam kegiatan perusahaan yang bersangkutan. Tujuan audit secara umum adalah

Kelengkapan (Completeness). Untuk meyakinkan bahwa seluruh transaksi telah dicatat atau ada dalam jurnal secara aktual telah dimasukkan.

Klasifikasi (Classification). Untuk memastikan bahwa transaksi yang dicantumkan dalam jurnal diklasifikasikan dengan tepat. Jika terkait dengan saldo maka angka-angka yang dimasukkan didaftar klien telah diklasifikasikan dengan tepat.

Ketepatan (Accurancy). Untuk memastikan bahwa semua transaksi dicatat pada tanggal yang benar, rincian dalam saldo akun sesuai dengan angka-angka buku besar. Serta penjumlahan saldo sudah dilakukan dengan tepat.

Pisah Batas (Cut-Off). Untuk memastikan bahwa transaksi-transaksi yang dekat tanggal neraca dicatat dalam periode yang tepat. Transaksi yang mungkin sekali salah saji adalah transaksi yang dicatat mendekati akhir suatu peride akuntansi.

Apa Itu Audit ? Dan Hubungannya Dengan Software Akuntansi

Pengungkapan (Disclosure). Untuk meyakinkan bahwa saldo akun dan persyaratan pengungkapan yang berkaitan telah disajikan dengan wajar dalam laporan keuangan dan dijelaskan dengan wajar dalam isi dan catatan kaki laporan tersebut.

Ketepatan (Accurancy). Untuk memastikan transaksi dan saldo perkiraan yang ada telah dicatat berdasarkan jumlah yang benar, perhitungan yang benar, diklasifikasikan, dan dicatat dengan tepat.

Eksistensi (Existence). Untuk memastikan bahwa semua harta dan kewajiban yang tercatat memiliki eksistensi atau keterjadian pada tanggal tertentu, jadi transaksi tercatat tersebut harus benar-benar telah terjadi dan tidak fiktif.

Penilaian (Valuation). Untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum telah diterapkan dengan benar.

Jenis – Jenis Audit

Financial audit (Audit atas Laporan Keuangan) adalah audit terhadap laporan keuangan suatu entitas (perusahaan atau organisasi) yang akan menghasilkan pendapat (opini) pihak ketiga mengenai relevansi, akurasi, dan kelengkapan laporan-laporan tersebut.

Audit Operasional (Operational/Management Audit) adalah pemeriksaan atas semua atau sebagian prosedur dan metode operasional suatu organisasi untuk menilai tingkat efisiensi, efektifitas, dan keekonomisan dari organisasi tersebut. Hasil dari audit operasional berupa rekomendasi perbaikan bagi manajemen sehingga audit jenis ini lebih merupakan pemberian konsultasi kepada manajemen. Contoh dari audit jenis ini adalah audit pengadaan barang/jasa (procurement audit).

Apa Itu Audit ? Dan Hubungannya Dengan Software Akuntansi

Audit Ketaatan (Compliance Audit) adalah pemeriksaan untuk mengetahui apakah prosedur dan aturan yang telah ditetapkan otoritas berwenang dan atau internal manajemen perusahaan ditaati oleh anggota organisasi auditan. Contoh dari audit ketaatan adalah ketaatan auditan dalam membayar pajak sesuai dengan ketentuan perundangan mengenai perpajakan.

Audit Forensik adalah serangkaian kegiatan mengenali (recognize), mengidentifikasi (identify), dan menguji (examine) secara detail informasi dan fakta-fakta yang ada untuk mengungkap kejadian yang sebenarnya dalam rangka pembuktian untuk mendukung proses hukum atas dugaan penyimpangan yang dapat merugikan keuangan suatu entitas (perusahaan/organisasi/negara/daerah).

Jenis audit ini sangat penting dalam mengungkapkan kasus-kasus penyimpangan yang terjadi pada entitas pemerintah maupun swasta.

Standar Auditing

Standar auditing terdiri dari:

1) Standar Umum

Standar ini mengatur mengenai keahlian, pelatihan berkelanjutan, independensi dan kemahiran profesional auditor.

2) Standar Pekerjaan Lapangan

Standar ini mengatur mengenai proses pekerjaan lapangan pada saat melakukan audit yang meliputi perencanaan, supervisi, pemahaman atas pengendalian intern serta teknik-teknik yang digunakan dalam pengumpulan bukti audit kompeten yang cukup.

3) Standar Pelaporan

Standar ini mengatur pernyataan pendapat akuntan, konsistensi penerapan prinsip-prinsip akuntansi dan pengungkapan informatif laporan keuangan.

Apa Itu Audit ? Dan Hubungannya Dengan Software Akuntansi

Setelah membaca hal – hal seputar audit diatas, tentunya kalian sekalian sudah tahu bukan bahwa untuk menjadi seorang auditor itu tidaklah mudah karena diperlukan ketelitian untuk melakukan pemeriksaan dan melakukan tinjauan dokumen sesuai dengan prosedur.

Lalu sudahkan Anda mempersiapkan Software Akuntansi yang dapat membantu meringankan pekerjaan Anda dan dapat terhindar dari kesalahan yang dapat dicari oleh para Audit ?

Disini saya akan memberikan sesuatu yang Anda perlukan. Ada baiknya perusahaan Anda menggunakan Software Akuntansi untuk membantu Anda membuat laporan keuangan secara akurat dan real time.

Ketika Anda berpikir untuk BERUBAH dan MAU MERUBAH sistem pembukuan perusahaan Anda… Ingat!

ACCURATE Accounting Software sudah HADIR dan SIAP membantu USAHA Anda

menjadi lebih MUDAH dan MENYENANGKAN….

Berikut adalah beberapa kecanggihan dari teknologi yang dimiliki Easy Accounting System :

  • System Online yang Lebih Cepat
  • Format Laporan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan
  • ACCURATE Dasboard
  • Support E-Faktur
  • Import Transaksi (Jurnal Umum, Sales Order, Sales Invoice dan Work Order )
  • System Exclusive Access for Branch Transaction

Apa Itu Audit ? Dan Hubungannya Dengan Software Akuntansi

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 Error “Old SerialNo Do Not Match”

By | 2017-08-25T13:06:09+00:00 Agustus 25th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: