Apa Fungsi Akuntan di Tengah Maraknya Software Akuntansi?

Apa Fungsi Akuntan di Tengah Maraknya Software Akuntansi?

Saat ini, software akuntansi dari berbagai vendor dengan beragam spesifikasi dan fitur telah tersedia. Bukan hanya akuntansi keuangan, software akuntansi manajemen (costing, budgeting, dlsb) bahkan hingga pajak juga sudah ada softwarenya. Kalau mau yang terintegrasi bisa membeli software akuntansi ACCURATE Accounting Software namanya.

Apa Fungsi Akuntan di Tengah Maraknya Software Akuntansi?

Lalu, apa fungsi akuntan di tengah maraknya software akuntansi, keuangan dan pajak?

Harus ditegaskan bahwa, sesungguhnya, fungsi utama seorang akuntan bukanlah menjurnal atau menyusun laporan keuangan. Fungsi itu seharusnya dilaksanakan oleh seorang clerk (atau bookkeeper untuk perusahaan kecil menengah) tentunya masih dengan pengawasan seorang akuntan.

Ke depannya, para akuntan terutama yang sudah melewati masa-masa awal sudah harus mulai memperlebar pandangannya ke wilayah-wilayah di luar urusan menjurnal dan membuat laporan keuangan.

Apa Fungsi Akuntan di Tengah Maraknya Software Akuntansi?

Bagaimanapun juga, suka tak suka harus disadari, bahwa automatisasi selalu lebih cost-effective dibandingkan manual, dan tugas itu telah dilaksanakan oleh software akuntansi secara efektif dengan pengawasan seorang akuntan.

Nah, jika fungsi clerial—seperti menjurnal dan menyusun laporan keuangan—telah diambil oleh software akuntansi, lalu fungsi apa yang dijalankan oleh seorang akuntan?

Berikut ini adalah fungsi-fungsi utama akuntan yang sampai saat ini belum bisa diambil-alih oleh software akuntansi:

  1. Fungsi Validasi

Fungsi utama Akuntan yang tak bisa dan takkan pernagh bisa diambil-alih oleh software akuntansi adalah proses validasi transaksi.

  1. Fungsi Analisa

Fungsi analisa, setidaknya sampai saat ini, belum bisa dilakukan oleh software akuntansi. Dalam siklus proses akuntansi, pekerjaan yang melibatkan aktivitas analisa ada di 2 titik, yaitu:

Sebelum masuk ke dalam system (software akuntansi)

Setelah masuk ke dalam system (software akuntansi)

  1. Fungsi Rekonsiliasi

Selain validasi dan analisa, seorang akuntan juga dituntut untuk merekonsiliasi semua akun yang ada.

  1. Fungsi Evaluasi

Fungsi validasi sehari-hari dan fungsi analisa secara berkala, masih perlu pengawasan untuk memastikan kedua fungsi ini telah berjalan secara efektif dan konsisten, sehingga laporan keuangan yang dihasilkan benar-benar bebas dari “salah saji bersifat material” (material misstatement).

  1. Fungsi Rekomendasi

Validasi, Analisa, Rekonsiliasi dan Evaluasi (termasuk audit internal atau external) tidak ada gunanya jika tidak menghasilkan rekomendasi.

  1. Fungsi Perbaikan

Fungsi rekomendasi hanya akan efektif bila ada tindak lanjut berupa PERBAIKAN.

Itulah fungsi utama akuntan di dalam lingkungan binis terlepas apakah ada software akuntansi atau tidak.

Apa Fungsi Akuntan di Tengah Maraknya Software Akuntansi?

lalu, bagaimana mencari Software Akuntansi yang baik untuk kebutuhan Anda ?

Adapun hal – hal yang jadi pertimbangan  dalam memilih software akuntansi adalah sebagai berikut :

  1. Identifikasi kebutuhan kita, seberapa jauhkan kebutuhan kita apakah hanya terbatas pada pencatatan saja atau harus terintegrasi sampai pada laporan terperinci.
  2. Memperhatikan fiturnya, cocokkan kebutuhan kita dengan fitur yang ditawarkan, selain dari kemudahan penggunaan juga perlu diperhatikan cocok tidaknya dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia
  3. Perkembangan softwarenya, program yang baik tentunya juga harus lentur dalam mengikuti perkembangan teknologi perangkat lunak hingga perangkat keras. Kemungkinan berkembangnya usaha yang dibangun akan derdampak pada berkembangnya seluruh aspek pendukung termasuk software akuntansinya. Jangan sampai kita harus berganti software di tengah jalan.
  4. After sales service policy, kita akan menggunakan produk tersebut dalam waktu yang lama sehingga after sales service policy haruslah yang disupport dengan baik. Perhatikan apakah kita mampu mengatasi masalah yang mungkin terjadi dalam panduan problem software guidance yang diberikan produsen
  5. Budget dan referensi, tentukan budget dari awal, walaupun budget bukanlah yang utama, karena membeli software merupakan investasi. Referensi siapa saja yang telah menggunakan, software yang mudah digunakan atau cocok dengan dunia usaha adalah program yang sudah dipakai oleh banyak perusahaan. Tentunya pengamalan perusahaan lain yang menggunakan software tersebut membuat kita merasa yakin bahwasannya kita pun dapat menggunakan software yang sama.

Dan saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan ACCURATE Accounting Software karena ACCURATE sudah menjawab 5 pertimbangan tersebut.

Apa Fungsi Akuntan di Tengah Maraknya Software Akuntansi?

best seller

Sebagai bahan pertimbangan Anda dari ACCURATE Accounting Software yaitu:

  • User friendly. Software ACCURATE mudah dioperasikan, mudah dipelajari, tampilan menarik, sehingga pengguna merasa nyaman dan betah dalam mengoperasikannya.
  • Sesuai dengan standart akuntansi yang ada. Jika suatu software akuntansi tidak sesuai dengan standart akuntansi yang berlaku, tentu akan menyulitkan pengguna dalam menghasilakan laporan keuangan.
  • Update teknologi. Software ACCURATE tentu mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang, sehingga dapat saling melengkapi dan semakin memudahkan pengguna.
  • Pelayanan after sales yang bagus. Ketika berjalannya waktu dalam penggunaan suatu software akuntansi, tentunya pengguna akan menemukan kendala-kendala atau kesulitan, dengan adanya pelayanan purna jual atau support yang bagus tentu akan memudahkan pengguna dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.
  • Memilih develover software akuntansi yang sudah berpengalaman

Software Akuntansi Merubah Keuangan Anda Menjadi Lebih Baik

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 Error “Old SerialNo Do Not Match”

By |2019-01-30T17:18:39+07:00Agustus 29th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: