DASAR AKUNTANSI MANAJEMEN DAN PENERAPANNYA

DASAR AKUNTANSI MANAJEMEN DAN PENERAPANNYA

Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan yang hendak dicapai. Tujuan perusahaan pada umumnya untuk memperoleh keuntungan atau laba yang maksimal dari kegiatan operasi yang telah dilakukan. Selain itu, perusahaan juga mempunyai sasaran lain yaitu ingin memperoleh dan mempertahankan reputasi integritas, dan dapat dipercaya oleh masyarakat. Perusahaan ingin juga menjadi suatu kekuatan yang positif dalam lingkungan sosial dan ekologi tempat perusahaan menjalankan aktifitas.

Oleh karena itu, untuk mengoperasikan sebuah organisasi atau perusahaan yang kompleks (besar dan rumit) dengan efisien dan efektif, maka manajemen membutuhkan informasi terinci tentang operasi perusahaan. Seperti berapa jumlah bahan yang harus disediakan, darimana bahan diperoleh, berapa jumlah peralatan yang terpakai, berapa karyawan yang layak diperkerjakan dan sebagainya. Dalam hal ini dibutuhkan peran akuntansi manajemen sebagai suatu proses untuk mengolah informasi keuangan untuk memenuhi keperluan para manajer dalam perencanaan dan pengendalian aktivitas perusahaan untuk mencapai tujuan – tujuan perusahaan.

Dalam penyusunan perencanaan ataupun pengambilan keputusan seorang manajer memerlukan informasi – informasi yang relevan untuk meminimalisir resiko yang mungkin timbul dari perencanaan atau keputusan yang telah dibuat. Informasi yang disajikan dalam akuntansi manajemen ini sangat berperan dalam pembuatan keputusan bagi manajer, karena manajer merupakan pimpinan dan peserta aktif dalam proses perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informasi itu sendiri merupakan sumber yang berisi suatu data, fakta, pengamatan, persepsi atau sesuatu yang lain yang menambah ilmu pengetahuan dan sangat bermanfaat untuk pengambilan kputusan pihak manajemen. Dengan adanya informasi yang actual dan terpercaya maka manajer dapat mengambil keputusan dengan lebih terarah dan efektif.

DASAR AKUNTANSI MANAJEMEN DAN PENERAPANNYA

Menurut R.A. Supriyono (1993, hal.18) akuntansi dapat didefinisikan sebagai berikut : “Akuntansi adalah aktivitas yang menghasilkan jasa yaitu berfungsi menyajikan informasi kuantitatif. Yang pada dasarnya bersifat keuangan dari suatu satuan usaha atau organisasi tertentu, informasi tersebut akan dapat dipakai oleh pihak eksternal maupun pihak internal. Untuk pengambilan keputusan dengan memilih beberapa alternatif”. Definisi di atas menjelaskan tentang fungsi akuntansi sebagai sumber informasi keuangan yang dibutuhkan oleh pihak eksternal untuk pengambilan keputusan, dan informasi keuangan tersebut digunakan oleh pihak internal untuk pengambilan keputusan dalam pemilihan alternatif.

Akuntansi manajemen dapat didefinisikan suatu proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan, analisis, penyiapan, dan komunikasi informasi finansial. Yang digunakan oleh pihak intern perusahaan untuk perencanaan, evaluasi, pengendalian dalam suatu organisasi. Serta untuk menjamin ketepatan penggunaan sumber-sumber dan pertanggungjawaban atas sumber-sumber tersebut. Dengan demikian akuntansi manajemen dapat digunakan sebagai informasi yang dapat digunakan oleh pihak intern perusahaan untuk pengambilan keputusan yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Sebelum kita mendalami akuntansi manajemen secara mendalam, konsep dasar akuntansi manajemen harus kita kuasai.

DASAR AKUNTANSI MANAJEMEN DAN PENERAPANNYA

Akuntansi manajemen yang digunakan oleh pimpinan perusahaan menunjang pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen khususnya fungsi perencanaan dan pengawasan. Menurut Mas’ud Macfoedz (1990, hal.17) jenis-jenis akuntansi manajemen adalah sebagai berikut:

  1. Akuntansi Biaya Penuh (Full Cost Accounting)

Akuntansi Penuh (Full Accounting Information). Informasi akuntansi penuh mencakup informasi masa lalu maupun informasi masa yang akan datang. Informasi akuntansi penuh yang berisi informasi masa lalu bermanfaat untuk pelaporan informasi keuangan kepada manajemen puncak dan pihak luar perusahaan. Analisis kemampuan menghasilkan laba, pemberian jawaban atas pertanyaan “berapa biaya yang telah dikeluarkan untuk sesuatu”, dan penentuan harga jual dalam cost type contract. Informasi akuntansi penuh yang berisi informasi masa yang akan datang bermanfaat untuk penyusunan program, penentuan harga jual normal, penentuan harga transfer, dan penentuan harga jual yang diatur oleh pemerintah.

DASAR AKUNTANSI MANAJEMEN DAN PENERAPANNYA

  1. Akuntansi Diferensial (Differential Accounting Information).

Akuntansi diferensial merupakan taksiran perbedaan aktiva, pendapatan, dan/atau biaya dalam alternatif tindakan yang lain. Informasi akuntansi diferensial mempunyai dua unsur pokok, yaitu merupakan informasi masa yang akan datang dan berbeda di antara alternatif yang dihadapi oleh pengambil keputusan. Informasi akuntansi diferensial yang hanya bersangkutan dengan biaya disebut biaya diferensial (differential costs). Yang hanya bersangkutan dengan pendapatan disebut pendapatan diferensial (differential revenue). Dan yang bersangkutan dengan aktiva disebut aktiva diferensial (differential assets).

  1. Akuntansi Pertanggungjawaban (Responbility Accounting)

Akuntansi Pertanggungjawaban merupakan informasi aktiva, pendapatan, dan/atau biaya yang dihubungkan dengan manajer yang bertanggungjawab atas pusat pertanggungjawaban tertentu. Informasi akuntansi pertanggungjawaban merupakan informasi yang penting dalam proses pengendalian manajemen karena informasi tersebut. Menekankan hubungan antara informasi keuangan dengan manajer yang bertanggungjawab terhadap perencanaan dan pelaksanaannya. Informasi akuntansi pertanggungjawaban dengan demikian merupakan dasar untuk menganalisis. Kinerja manajer dan sekaligus untuk memotivasi para manajer dalam melaksanakan rencana mereka yang dituangkan dalam anggaran mereka masing-masing.

Sedangkan dasar-dasar akuntansi manajemen mencangkup konsep biaya secara umum, analisis perilaku biaya, analisis biaya, volume, dan laba, metode biaya langsung, anggaran fleksibel, analisis biaya differensial, dan pengukuran kinerja.

DASAR AKUNTANSI MANAJEMEN DAN PENERAPANNYA

Penerapan akuntansi manajemen dalam suatu elemen atau divisi perusahaan juga perlu dilakukan perbedaan. Karena tidak semua elemen atau divisi dalam perusahaan menggunakan informasi yang sama. Sebagai ilustrasi, pada organisasi pabrik roti supervisor merupakan tingkat manajemen tingkat bawah yang memiliki tugas untuk mengatur jalannya pembuatan roti. Informasi yang dibutuhkan adalah banyaknya permintaan sebelumnya, kebutuhan bahan baku dan pemilihan rasa pada roti tersebut. Sedangkan pada level menengah yakni manajer pabrik roti membutuhkan informasi akuntansi manajemen yang berbeda dengan supervisor. Informasi tersebut berupa cara atau langkah-langkah yang harus diambil untuk meningkatkan pendapatan dan laba yang optimal. Adapula pemilik (owner) atau jajaran direksi sebagai bagian dari level paling atas membutuhkan informasi tentang bagaimana cara untuk menyusun strategi. Mempertahankan market share roti, memperbesar omset perusahaan, diversifikasi perusahaan, loyalitas, kepuasan pelanggan dan sebagainya

Software Akuntansi ACCURATE Accounting System merupakan Software Paket yang siap pakai dan Format Laporan-Laporan yang ada di ACCURATE Accounting System. Dapat di sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan (Fleksibel) dengan menggunakan ACCURATE Accounting System Anda sebagai Seorang Owner dapat mengontrol semua Inputan. Dari user tanpa terlibat secara langsung dan dapat mengecek meskipun Anda berada di luar kota atau di luar negri Anda masih bisa mengontrolnya. Melalui system Online yang dimiliki ACCURATE Accounting System, tentunya dengan Koneksi Internet yang memadai.

DASAR AKUNTANSI MANAJEMEN DAN PENERAPANNYA

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 Error “Old SerialNo Do Not Match”

By |2017-09-12T18:49:27+00:00September 12th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: