Usaha OJK Dalam Pertumbuhan UKM Indonesia

Usaha OJK Dalam Pertumbuhan UKM Indonesia.

Indonesia sebagai negara berkembang yang kini dalam berbagai sektor mengalami kemajuan, salah satunya pada bidang perekonomian. Dalam kemajuan yang terjadi pada sektor ekonomi Indonesia tersebut terdapat peran penting dari para pelaku usaha UKM yang juga mengalami peningkatan dalam perkembangannya. Pemerintah pun kini semakin gencar dan aktif dalam mengedukasi masyarakat untuk berwirausaha, seperti yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan melakukan dukungan terhadap UKM Indonesia melalui kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Usaha OJK Dalam Pertumbuhan UKM Indonesia

Usaha OJK Dalam Pertumbuhan UKM Indonesia

PENAWARAN

Persetujuan kedua belah pihak tersebut meliputi kegiatan koordinasi kebijakan dalam rangka pengembangan kapasitas dan akses keuangan pada sektor UKM dan kerja sama antara Lembaga Jasa Keuangan dengan Koperaasi, peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia, penyediaan layanan data dan tukar menukar informasi, penelitian dan pengembangan serta sosialisasi dan edukasi.

 

Seperti yang dilansir oleh website resmi Otoritas Jasa Keuangan, mengenai jumlah Usaha Kecil Menengah di Indonesia tercatat 57,9 juta unit usaha, atau sekitar 23,2% dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 250 juta jiwa. Hal ini berarti bahwa populasi UKM di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

 

Jumlah tenaga kerja yang diserap UKM mencapai 97,30% dari total angka penyerapan tenaga kerja secara nasional. Sementara kontribusi sektor UKM terhadap pertumbuhan ekonomi nasional juga sangat signifikan, dengan menyumbang 58,92% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

 

Dengan adanya data-data tersebut membuktikan bahwa begitu besar potensi yang dimiliki oleh UKM Indonesia, sehingga OJK menjadikan pengembangan sektor UKM sebagai agenda besar OJK dalam membangun dan memperkuat stabilitas sistem keuangan nasional yang kontributif dan inklusif.

 

Program-program yang dimiliki OJK untuk mendorong UKM antara lain mendirikan Pusat Edukasi, Layanan Konsumen dan Akses Keuangan UMKM atau disingkat dengan PELAKU yang telah resmi beroperasi di sejumlah kantor OJK di daerah serta pendirian Pusat Pengembangan Keuangan Mikro dan Inklusi OJK (OJK-Proksi) untuk meningkatkan akses keuangan UMKM ke industri jasa keu

 

PELAKU menjalankan fungsi sebagai pusat kajian di Kantor Regional atau Kantor OJK di daerah, dan pada 2016, Gerai PELAKU sudah dibangun di lima kota, yakni Solo, Surabaya, Jambi, Banjarmasin, dan Denpasar. Di Gerai PELAKU OJK akan aktif memberikan informasi dan berbagai bantuan hingga membuka akses kredit.

 

Sementara OJK-Proksi akan melakukan kegiatan secara terstruktur, mulai dari kajian kondisi keuangan terkini, hingga pembuatan regulasi keuangan yang tepat untuk mendorong peningkatan kapasitas industri keuangan mikro. Bahkan berbagai inisiatif akan dilaksanakan, mulai dari pelaksanaan riset tematik, pembentukan pusat data hingga pengembangan sistem informasi Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

 

Dengan dukungan penuh yang dimiliki oleh pemerintah pada banyak sektor UKM membuat Anda sebagai pelaku usaha tidak perlu khawatir karena pemerintah terus melakukan upaya-upaya agar UKM Indonesia terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Perkembangan usaha yang Anda miliki perlu diimbangi dengan sistem keuangan internal yang stabil agar tidak merumitkan Anda pada masa mendatang. Jangan biarkan kerumitan pencatatan dana keluar masuk membuat Anda sebagai pelaku usaha menjadi Accurate Online sebagai software akuntansi bersertifikat Top Brand Indonesia selalu menjadi andalan para pebisnis dengan fitur-fitur ungulannya seperti basis sistem cloud sehingga memudahkan Anda untuk mengakses data keuangan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, banyak juga kelebihan lain yang dimiliki oleh Accurate Online seperti fitur Backup Otomatis yang membuat Anda tidak perlu khawatir data hilang atau server mengalami penurunan jaringan.

Usaha OJK Dalam Pertumbuhan UKM Indonesia

Usaha OJK Dalam Pertumbuhan UKM Indonesia

Accurate Business Center MM Bekasi adalah representative resmi dari CPSSoft selaku produsen dari Accurate Online. Kami melayani penjualan resmi Accurate Online ke seluruh kota di Indonesia seperti Jakarta, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Madura, Bali, Kupang, Palu, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Papua, hingga Timor Leste.

Untuk informasi harga Accurate Online silahkan klik link berikut, dan untuk permintaan penawaran Accurate Online, silahkan klik link ini. Atau Bisa Hubungi no kontak yang ada di bawah ini.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami atau bisa

Irfan ACCURATE Solutions Analyst

ACCURATE Business Center
WEB : accuratecenter.net 
Email.irfan@myabcshop.com
MAL METROPOLITAN Bekasi
 HP        : 0812-8929-1661
Kantor : 021-8886-8888
By |2017-10-07T11:54:39+00:00October 6th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Memiliki jam terbang yang tinggi dan semangat kerja. Memberikan respek kepada setiap konsumen.

Leave A Comment

%d bloggers like this: