Mengembalikan Overpay Jika Tidak Ada Invoice Outstanding

Mengembalikan Overpay Jika Tidak Ada Invoice Outstanding

Jika Overpay(kelebihan bayar di Customer Receipt) mau dikembalikan ke Customer berupa Uang, sedang sudah tidak ada invoice yang outstanding lagi, berikut adalah cara yang harus dilakukan :

  1. Buat Item baru Type Non Inventory Part dari List – Items klik New, Dengan Nama “Pengembalian Overpay” misalnya. Set GL Account Item ini untuk Sales, Sales Disc dan Sales Return ke Account Cash/Bank mana kita keluar Uang.
  2. Buat Sales Invoice baru per tanggal keluarnya Uang, dari Activities – Sales – Sales Invoice. pilih Customer ke Customer kemana kita kembalikan Kelebihan Bayar tersebut, lalu Item pilih item yang kita buat diatas, Qty isi 1, Unit Price isi sebesar Overpay yang akan dikembalikan, Save & Close. Jurnal yang terjadi adalah Piutang/AR(Debet) pada Cash/Bank(Kredit).
  3. Buat Customer Receipt, pilih Customer bersangkutan, centang option “Apply From Credit”,centang Invoice yang baru kita buat diatas, Save & Close. Jurnal yang terjadi adalah Piutang/AR(Debet) pada Piutang/AR(Kredit), jadi habis.

Jadi inti dari jurnal diatas sebenarnya Piutang/AR(Debet) pada Cash/Bank(Kredit) .

Notes : Jika ada kasus yang sama, tapi kita keluarkan uang bukan dari account Cash/Bank yang sama dengan diatas, baiknya buat satu Item Type Non Inv Part baru lagi, dengan setting GL Account ke akun Cash/Bank yang dimaksud. Jadi tidak disarankan mengedit setting GL Account Item yang sebelumnya.

Mengembalikan Overpay Jika Tidak Ada Invoice Outstanding

Mengembalikan Overpay Jika Tidak Ada Invoice Outstanding

Accurate Business Center MM Bekasi adalah representative resmi dari CPSSoft selaku produsen dari Accurate Online. Kami melayani penjualan resmi Accurate Online ke seluruh kota di Indonesia seperti Jakarta, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Madura, Bali, Kupang, Palu, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Papua, hingga Timor Leste.

Untuk informasi harga Accurate Online silahkan klik link berikut, dan untuk permintaan penawaran Accurate Online, silahkan klik link ini. Atau Bisa Hubungi no kontak yang ada di bawah ini.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami atau bisa

Irfan ACCURATE Solutions Analyst

ACCURATE Business Center
WEB : accuratecenter.net 
Email.irfan@myabcshop.com
MAL METROPOLITAN Bekasi
 HP        : 0812-8929-1661
Kantor : 021-8886-8888

 

By |2017-10-07T12:25:24+00:00Oktober 7th, 2017|Tutorial|0 Comments

About the Author:

Memiliki jam terbang yang tinggi dan semangat kerja. Memberikan respek kepada setiap konsumen.

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: