6 Kunci Sukses Memulai Usaha Rumah Makan Sederhana

6 Kunci Sukses Memulai Usaha Rumah Makan Sederhana

Salah satu jenis usaha yang seolah tak ada habisnya adalah usaha kuliner. Kenapa? Sebab semua orang membutuhkan jasa kuliner untuk memenuhi kebutuhan primer, yaitu pangan. Bentuk usaha kuliner yang cukup potensial adalah rumah makan. Ada beberapa macam konsep usaha rumah makan. Seperti warung makan atau rumah makan sederhana, lesehan, prasmanan, dan sebagainya.

Sayangnya, untuk membuka bisnis rumah makan tidaklah mudah. Dibutuhkan beberapa persiapan dalam memulai usaha rumah makan agar bisnis ini berjalan lancar dan menguntungkan terutama dari segi modal usaha. Sebaiknya Anda memilih usaha yang memang sesuai dengan keahlian dan minat, sehingga dapat menjalankan usaha dengan nyaman dan tanpa beban. Satu hal yang harus Anda hindari adalah membuka usaha hanya karena mengikuti tren, tanpa tahu cara menjalankannya. Berikut beberapa kunci sukses dalam memulai usaha rumah makan sederhana yang bisa Anda ikuti.

6 Kunci Sukses Memulai Usaha Rumah Makan Sederhana

6 Kunci Sukses Memulai Usaha Rumah Makan Sederhana

Jenis Masakan yang Dijual

Untuk menjalankan usaha rumah makan, faktor yang paling penting adalah aneka jenis makanan yang akan dijual. Banyak pelaku bisnis yang mengakui bahwa jenis makanan sangat berpengaruh untuk kelanjutan usaha. Hal penting lainnya yaitu citra masakan yang unik dan nikmat harus bisa Anda tawarkan, karena nyawa dari sebuah usaha rumah makan adalah cita rasanya. Selain itu, cita rasa juga dapat memengaruhi harga makanan.

Penelitian dan Survei Pasar

Jika Anda menjual makanan, Anda harus bisa mengerti dan bisa menyesuaikan masakan yang dimasak sesuai dengan kondisi lingkungan. Terkadang ada yang suka rasa asin dan ada juga yang suka rasa manis.  Selain itu, Anda juga harus mengerti jenis masakan yang disajikan. Makanan harus sesuai dengan tempat di mana Anda menjual makanan tadi sesuai selera masyarakat. Anda harus mengerti karakteristik konsumen dan pelajarilah serta perhatikanlah lingkungan sekitar Anda.

Lokasi Usaha

Lokasi tentu menentukan keberhasilan usaha Anda. Memang benar jika salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu usaha adalah lokasi. Agar usaha bisa berjalan ke depan, menguntungkan, dan dapat dicari oleh para pelanggan lama dan baru syaratnya yaitu carilah lokasi yang strategis. Apabila lokasi usaha Anda jauh dan sulit dijangkau, kemungkinan usaha Anda akan gulung tikar karena tidak adanya pelanggan.

6 Kunci Sukses Memulai Usaha Rumah Makan Sederhana

Bahan Baku

Agar bisnis dapat berlangsung dan berjalan mulus, sangat dianjurkan untuk menyediakan bahan baku yang lebih. Hitunglah kebutuhan bahan baku setiap harinya dan pastikan stok bahan baku Anda dalam persediaan yang lebih. Karena hal tersebut juga bermanfaat untuk melatih sejauh mana kemampuan Anda dalam merencanakan usaha.

Tenaga kerja

Pastikan sebelum membuka rumah makan sederhana, Anda sudah memiliki kandidat koki yang masakannya enak untuk mengurus urusan dapur, khususnya kebutuhan bumbu dan memasak menu. Anda juga harus belajar bekerja dengan cepat karena melayani pembeli di rumah makan tidak bisa lambat. Pelayanan lambat akan memberi nilai negatif bagi usaha. Jika usaha Anda sudah berjalan konstan, Anda dapat merekrut tenaga kerja yang jauh lebih ahli. Dengan begitu, usaha Anda dapat lebih berkembang.

Modal atau Dana

Untuk modal, Anda bisa menyediakan setidaknya hingga 3 bulan ke depan sebagai persiapan usaha. Sebelumnya Anda harus sudah mencatat semua pengeluaran dan pendapatan. Pastikan Anda tidak kekurangan modal. Jika mengalami kekurangan modal maka masih ada cara untuk menutupi kekurangan modal, misalnya melalui mencari rekanan yang bisa diajak kerja sama, meminjam ke koperasi atau bank melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku UKM, mencari investor, dan lain sebagainya.

6 Kunci Sukses Memulai Usaha Rumah Makan Sederhana

Untuk memudahkan Anda menjalankan usaha rumah makan sederhana, Anda dapat menggunakan layanan software akuntansi. ACCURATE adalah software akuntansi yang memberikan kemudahan dalam membantu mengelola keuangan dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Dengan begitu, Anda akan terbantu dalam memonitor dan mengembangkan usaha rumah makan Anda di mana pun dan kapan pun.

6 Kunci Sukses Memulai Usaha Rumah Makan Sederhana

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 Error “Old SerialNo Do Not Match”

By |2017-10-11T15:36:01+00:00October 11th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d bloggers like this: