Tujuan dan Peran Koperasi dalam Membangun Perekonomian

Tujuan dan Peran Koperasi dalam Membangun Perekonomian

Koperasi dapat diartikan sebagai badan usaha yang mempunyai anggota di mana setiap anggota memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Setiap anggota mempunyai hak suara yang sama dalam setiap keputusan yang akan diambil.

Tujuan Koperasi

Berikut ini secara khusus tujuan didirikannya koperasi, yang perlu digaris bawahi

  1. Mensejahterakan anggota koperasi dan masyarakat sekitar.
  2. Memperbaiki kehidupan para anggota dan masyarakat di bidang ekonomi.
  3. Mewujudkan masyarakat adil, maju, dan makmur.
  4. Membangun tatanan perekonomian nasional.

Tujuan dan Peran Koperasi dalam Membangun Perekonomian

Tujuan dan Peran Koperasi dalam Membangun Perekonomian

Jenis Koperasi

Terdapat 3 jenis koperasi yang ada di Indonesia. Jenis ini dibedakan berdasarkan tujuan dan bentuknya. Berikut beberapa jenis koperasi yang harus Anda ketahui.

Koperasi Produksi

Koperasi produksi adalah koperasi yang memiliki kegiatan dalam hal penampungan barang. Barang yang disediakan di dalam koperasi produksi adalah barang-barang yang dihasilkan atau diproduksi oleh para anggotanya. Contoh barang yang disediakan di koperasi produksi adalah tempe dan tahu, hasil kerajinan, maupun susu. Dengan demikian, contoh dari koperasi produksi misalnya koperasi susu maupun koperasi hasil kerajinan.

Koperasi Konsumsi

Sesuai namanya koperasi ini bertujuan untuk menyediakan anggotanya barang-barang konsumsi dengan harga yang relatif murah, dengan kualitas yang bagus. Dengan laba yang diperoleh atau Sisa Hasil Usaha (SHU), maka akan di bagikan ke anggota berdasarkan jumlah pembelian dari setiap anggotanya. Contohnya adalah KPRI.

Tujuan dan Peran Koperasi dalam Membangun Perekonomian

Koperasi Simpan pinjam

Jenis koperasi terakhir ini simpan pinjam, bisa disebut dengan koperasi kredit. Tujuan koperasi ini untuk menyediakan uang bagi para anggota untuk berbagai keperluan. Saat ini banyak koperasi kredit yang tengah berkembang di Indonesia. Karena memang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh orang Indonesia.

Peran Koperasi Dalam Membangun Perekonomian

Adanya berbagai jenis koperasi tentu memiliki peran penting bagi setiap lembaga dan anggota yang menjalankannya untuk membangun perekonomian. Berikut adalah beberapa peran dari koperasi.

Meningkatkan Pendapatan Anggota

Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diperoleh koperasi merupakan keuntungan para anggota. Makin besar jasa seorang anggota terhadap koperasi makin besar pula penghasilan yang diperoleh anggota itu.

Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Koperasi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota dan juga masyarakat pada umumnya. Dalam mencapai tujuan tersebut, koperasi berusaha melakukan kegiatan sesuai dengan jenis koperasi, seperti di bidang kerajinan, pertanian, dan pertokoan. Dibukanya lapangan usaha koperasi berarti memberi kesempatan kepada tenaga kerja dan menyerap sumber daya manusia pada umumnya.

Tujuan dan Peran Koperasi dalam Membangun Perekonomian

Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Kegiatan koperasi dapat meningkatkan penghasilan para anggota koperasi. Ini berarti sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dengan memperoleh penghasilan yang tinggi kemungkinan akan lebih mudah memenuhi kebutuhan hidup yang beraneka ragam.

Turut Mencerdaskan Bangsa

Usaha koperasi bukan hanya kegiatan di bidang material, tetapi juga mengadakan kegiatan pendidikan terhadap para anggota. Pendidikan tersebut antara lain diberikan dalam bentuk pelatihan keterampilan dan manajemen. Dengan demikian, koperasi turut berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mempersatukan & mengembangkan Daya Usaha

Koperasi merupakan kekuatan yang dapat dipergunakan untuk mencapai tujuan bersama. Misalnya, koperasi pertanian dalam melakukan kegiatan usahanya dapat mempersatukan usaha para petani untuk memenuhi kebutuhannya, seperti usaha pengadaan pupuk, bibit, alat pertanian, dan menjual bersama produksi pertanian.

Tujuan dan Peran Koperasi dalam Membangun Perekonomian

Menyelenggarakan Kehidupan Ekonomi

Pada setiap kegiatan, koperasi bertindak bukan atas kehendak pengurus, melainkan berdasarkan keinginan para anggota, yaitu terlebih dahulu harus dimusyawarahkan. Hal ini merupakan pencerminan dari pelaksanaan demokrasi ekonomi.

Untuk memudahkan menjalankan koperasi, Anda dapat membuat laporan keuangan koperasi. Dengan begitu, Anda akan mengetahui kondisi keuangan koperasi, jumlah SHU yang diperoleh, jumlah harta, kewajiban dan kekayaan koperasi selama periode tertentu. ACCURATE, software akuntansi yang membantu Anda mengelola keuangan koperasi dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah memonitor seluruh kegiatan koperasi di mana pun dan kapan pun.

Tujuan dan Peran Koperasi dalam Membangun Perekonomian

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 Error “Old SerialNo Do Not Match”

By |2017-10-11T15:16:07+00:00October 11th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d bloggers like this: