Pengertian, Jenis, dan 5 Manfaat Jurnal Khusus untuk Bisnis Anda

Pengertian, Jenis, dan 5 Manfaat Jurnal Khusus untuk Bisnis Anda

Di dalam pencatatan pembukuan akuntansi, kita mengenal istilah jurnal umum dan jurnal khusus. Jika pengertian dari jurnal umum adalah pencatatan semua transaksi keuangan secara kronologis dalam pembukuan, maka jurnal khusus dipakai hanya untuk mencatat transaksi-transaksi khusus yang terjadi pada perusahaan. Transaksi khusus yang dimaksud adalah transaksi yang banyak dan sering terjadi serta bersifat sama dan berulang. Jurnal khusus terbagi menjadi empat jenis, yaitu.

Pengertian, Jenis, dan 5 Manfaat Jurnal Khusus untuk Bisnis Anda

Manfaat Jurnal Khusus

Kemudahan Pencatatan secara Sistematis

Karena Jurnal khusus terbagi atas 4 jenis transaksi keuangan, maka transaksi keuangan yang terjadi pada perusahaan dapat dicatat dan dikelompokan pada jurnal khusus dengan mudah berdasarkan jenis transaksinya. Kemudahan ini menjadikan setiap laporan keuangan lebih tersistematis dan efisien.

Pengertian, Jenis, dan 5 Manfaat Jurnal Khusus untuk Bisnis Anda

Mempercepat Proses Data Transaksi

Dengan adanya pengelompokan data, maka pemrosesan laporan keuangan bisa lebih cepat terjadi. Sebagai contoh, jika ada 50 kali transaksi sejenis, pada jurnal umum akan tetap dicatat dan dikelompokan sebanyak 50 kali juga. Sedangkan dalam jurnal khusus hanya perlu mengelompokan datanya satu kali saja, berdasarkan jenis akun.

Menyajikan Data Lebih Cepat & Jelas

Karena jurnal khusus memuat transaksi-transaksi keuangan yang sejenis. Seperti pembelian barang dagangan saja, atau penerimaan kas perusahaan saja, maka data keuangan dapat disajikan lebih cepat dan jelas berdasarkan pengelompokan data tersebut.

Pengertian, Jenis, dan 5 Manfaat Jurnal Khusus untuk Bisnis Anda

Mempermudah Proses Pemostingan ke Buku Besar

Dengan adanya jurnal khusus, pemostingan data ke buku besar dapat dilakukan secara berkala dengan lebih praktis dan mudah karena dalam jurnal khusus semua transaksi  yang sejenis dibukukan dengan akun yang sama. Sehingga pemostingan beberapa transaksi keuangan pun dapat dilakukan secara bersamaan berdasarkan jenis akunnya.

Memudahkan Pemeriksaan Secara Berkala

Pemeriksaan kembali biasa terjadi secara berkala dalam sebuah perusahaan baik secara internal maupun eksternal oleh auditor publik.  Dengan adanya jurnal khusus, transaksi keuangan sejenis yang telah banyak tercatat dalam perusahaan akan dibukukan secara ringkas dan praktis pada satu jurnal khusus sehingga memberikan kemudahan bagi auditor internal maupun eksternal untuk melakukan pemeriksaan.

Menggunakan jurnal khusus untuk laporan keuangan perusahaan, jelas akan memberi kemudahan dan efisiensi bagi pencatatan keuangan bisnis Anda. Kemudahan pencatatan yang dimiliki Jurnal khusus ini, sama halnya dengan sifat yang dimiliki oleh software akuntansi online. Menggunakan software akuntansi online Jurnal dapat memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan untuk memiliki berbagai laporan sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Pengertian, Jenis, dan 5 Manfaat Jurnal Khusus untuk Bisnis Anda

ACCURATE, juga memiliki akses data yang sangat fleksibel untuk bisa dilihat, kapan saja dan di mana saja secara realtime dengan tingkat keamanan setara Bank. Dengan software akuntansi ACCURATE, Anda bisa mendapatkan segala kemudahan dalam mengatur dan mencatat keuangan bisnis.

Pengertian, Jenis, dan 5 Manfaat Jurnal Khusus untuk Bisnis Anda

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 Error “Old SerialNo Do Not Match”

By |2017-10-17T11:22:31+00:00Oktober 17th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: