Karakter & Perkembangan Bisnis Startup Digital di Indonesia

Karakter & Perkembangan Bisnis Startup Digital di Indonesia

Istilah startup merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau bisnis. Menurut Wikipedia, startup merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Saat ini istilah startup digital lebih banyak digunakan untuk menjelaskan perusahaan yang berbau teknologi, web, Internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Kenapa demikian? Hal tersebut terjadi dikarenakan istilah startup sendiri mulai populer secara Internasional pada masa ‘bubble dot-com’. Fenomena bubble dot-com adalah ketika banyak perusahaan dot-com yang didirikan secara bersamaan pada periode1998-2000.

Karakter & Perkembangan Bisnis Startup Digital di Indonesia

Karakter & Perkembangan Bisnis Startup Digital di Indonesia

Pada masa tersebut, perusahaan sedang gencar-gencarnya membuka website pribadinya. Makin banyak orang yang mengenal Internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnis. Dan waktu itu pula lah, startup lahir dan berkembang. Namun, banyak ahli juga berpendapat bahwa startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk, tetapi bisa juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat yang bisa mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Karakteristik Bisnis Startup

Dari berbagai sumber yang dikumpulkan, maka dapat diketahui karakteristik dari bisnis startup digital yaitu:

  1. Usia perusahaan kurang dari 3 tahun.
  2. Jumlah pegawai kurang dari 20 orang.
  3. Pendapatan kurang dari $100.000/ tahun.
  4. Masih dalam tahap berkembang.
  5. Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi.
  6. Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital.
  7. Biasanya beroperasi melalui website.

Karakter & Perkembangan Bisnis Startup Digital di Indonesia

Perkembangan Bisnis Startup Digital di Indonesia

Bisnis startup terus berkembang meskipun banyak yang gagal. Hampir setiap saat muncul startup-startup baru dari penjuru dunia termasuk Indonesia yang merupakan salah satu pasar yang sangat menarik, namun belum dioptimalkan secara maksimal.

Menurut riset pada tahun 2017 ini, tercatat bahwa pengguna Internet di Indonesia telah mencapai 133 Miliar, dan tentunya akan terus bertambah setiap tahunnya. Selain itu daya beli masyarakat juga meningkat sesuai dengan pendapatan per kapita masyarakat yang naik. Hal ini secara tidak langsung ikut memengaruhi perkembangan industri digital.

Bisnis startup di Indonesia yang paling banyak diminati adalah game dan aplikasi edukasi. Selain proses pembuatan game dan aplikasi edukasi yang relatif mudah, startup jenis ini memiliki pangsa pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Setelah itu diikuti startup e-commerce dan informasi. Dengan berkembangnya social media dan smartphone, pasar untuk mobile game dan social game ikut berkembang dan semakin besar. Sementara itu untuk aplikasi atau website yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, tantangannya di Indonesia masih cukup besar dikarenakan masih minimnya penggunaan kartu kredit. Ada beberapa faktor yang mendukung perkembangan startup di Indonesia, yaitu :

Karakter & Perkembangan Bisnis Startup Digital di Indonesia

  1. Masyarakat Indonesia selalu terbuka dengan teknologi baru.

Jika kita lihat saat ini ada banyak sekali pengguna Internet aktif di Indonesia maka akan berdampak pada peluang bisnis yang juga semakin besar.

2. Jumlah penduduk Indonesia yang banyak.

Banyaknya penduduk maka kebutuhannya juga banyak dan tentunya juga akan menjadi peluang bisnis yang besar.

3. Pelayanan startup yang baik.

Semakin baik dan bagus pelayanan sebuah startup maka konsumennya juga semakin banyak.

4. Modal dari investor serta dukungan pemerintah.

Tanpa modal, maka bisnis apapun tak kan bisa berkembang. Dukungan dari pemerintah pun menjadi penentu berkembangnya sebuah startup, jika pemerintah tidak mendukung maka startup sangat sulit untuk berkembang.

Setelah membaca uraian di atas tentunya Anda sudah tahu apa itu startup dan bagaimana perkembangannya di Indonesia. Membangun startup yang sukses tentu membutuhkan perencanaan yang matang, terutama sebagai pondasi keuangan bisnis. Anda dapat mengatur strategi bisnis dengan baik jika data keuangan bisnis Anda dapat diakses dengan menggunakan software akuntansi.

Karakter & Perkembangan Bisnis Startup Digital di Indonesia

ACCURATE merupakan software akuntansi yang siap membantu Anda dalam proses akuntansi, mulai dari pencatatan transaksi keuangan hingga menjadi sebuah laporan keuangan bisnis. Dengan ACCURATE, Anda juga dapat mengelola dan memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun.

4 Strategi Promosi Marketing untuk Bisnis Online Anda

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 Error “Old SerialNo Do Not Match”

By |2017-10-18T14:02:01+00:00Oktober 18th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: