6 Tips Memulai Promosi Bisnis di Instagram

6 Tips Memulai Promosi Bisnis di Instagram

Social media adalah salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan sebuah promosi digital. Untuk Anda yang memiliki bisnis yang kegiatannya menjual suatu produk, Instagram adalah salah satu social media yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan promosi bisnis. Di bawah ini kita akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mulai melakukan promosi bisnis melalui Instagram.

Berikan Informasi yang Jelas

6 Tips Memulai Promosi Bisnis di Instagram

Sebelum mempromosikan produk yang ingin dijual, Anda harus mulai membuat akun Instagram. Pertama, pilihlah nama akun yang sesuai dengan bisnis, atau jika telah memiliki nama brand, jadikan nama tersebut sebagai user name Instagram Anda. Kemudian, tuliskan informasi singkat tentang bisnis dan produk yang dijual dalam deskripsi pada ‘bio’. Anda juga dapat menambahkan kontak ataupun alamat website bisnis dan jangan lupa gunakan foto profil yang simpel sehingga memudahkan calon pelanggan maupun pelanggan mengenali bisnis Anda, misalnya menggunakan logo atau foto produk yang dijual. Pastikan juga bahwa foto profil Anda memiliki rasio 1:1 dengan ukuran 150×150 pixel.

6 Tips Memulai Promosi Bisnis di Instagram

Buat Konten Foto & Video

Instagram adalah salah satu social media berbagi gambar dan video. Di mana kekuatan visual dianggap memiliki daya tarik dan keefektifan dalam promosi di Instagram. Jadi, cobalah mulai mengambil foto produk atau membuat video yang bisa menceritakan tentang produk atau bisnis Anda. Kemudian ceritakan produk Anda melalui caption. Misalnya Anda menjual produk fashion, Anda jangan hanya menjelaskan tentang harga, bahan yang digunakan, dan ukuran. Tapi cobalah buat cerita seperti, “Berikan kesan terbaik di setiap pertemuan Anda dengan memilih baju ini. ABCfashion dengan ukuran yang pas dan kualitas bahan terbaik, hanya Rp199K”.

Tambahkan Hashtag

Jika Anda belum memiliki cukup banyak followers, Anda bisa memanfaatkan hashtag yang sedang tren di Instagram. Dengan menggunakan hashtag yang sedang tren di setiap postingan, Anda dapat membuat produk atau bisnis yang Anda jual semakin dikenal dan visibilitas konten pun akan meningkat. Melalui hashtag, pelanggan maupun calon pelanggan, dapat dengan mudah menemukan produk Anda melalui fitur pencarian di Instagram. Jadi, mulai sekarang cobalah tambahkan hashtag (#) di setiap akhir caption postingan Anda. Misalnya bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, Anda dapat menambahkan hashtag seperti #kulinerindonesia, #kuliner, #kulinerjakarta, #kulinerbandung, dan lain sebagainya.

6 Tips Memulai Promosi Bisnis di Instagram

Rutin Memposting Konten

Dengan memposting konten secara rutin, Anda sama dengan menjaga followers dengan baik. Usahakan untuk membagikan foto atau video setiap harinya. Dengan begitu, followers yang telah dimiliki, tidak akan pernah meninggalkan bisnis Anda, dan followers baru juga akan mulai mengikuti Instagram bisnis Anda. Jika kehabisan stok foto atau video, Anda dapat memanfaatkan foto produk yang pernah dikirim oleh pelanggan Anda dan mention mereka, atau Anda dapat membuat konten berupa quotes yang menggambarkan produk Anda. Dengan begitu, visibilitas profil Instagram Anda akan terus meningkat dan pelanggan pun akan bertambah dengan sendirinya.

Jadikan Instagram Business

Bagaimana cara membedakan Instagram personal dan Instagram business? Biasanya Instagram business akan menampilkan kontak berupa nomor telepon, alamat toko, dan juga email yang dapat di klik langsung oleh pengguna Instagram lainnya. Dengan begitu, pelanggan dapat lebih mudah menghubungi Anda. Lalu bagaimana cara menjadikan Instagram Anda menjadi Instagram business? Anda hanya perlu menghubungkan akun Instagram dengan akun Fanpage Facebook. Dengan begitu, secara otomatis, akun Anda akan berubah menjadi akun Instagram business.

6 Tips Memulai Promosi Bisnis di Instagram

Promosikan Melalui Facebook

Untuk mendapatkan lebih banyak followers Instagram, Anda bisa memanfaatkan social media lain yang Anda miliki untuk mempromosikan akun Instagram business Anda. Tambahkan link Instagram pada informasi di Facebook Fanpage atau pada bio Twitter. Dengan begitu, followers Anda di Facebook dan Twitter dapat menemukan akun Instagram Anda dengan mudah.

Itulah keenam tips yang bisa Anda lakukan untuk mulai mempromosikan produk dan bisnis Anda melalui Instagram. Dengan melakukan promosi di Instagram, Anda dapat dengan mudah mendapatkan calon pelanggan dan pelanggan. Mendapatkan banyak pelanggan bukanlah satu-satunya hal yang bisa menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Kondisi keuangan yang baik adalah hal yang menentukan keberhasilan bisnis. Oleh karena itu, penting untuk Anda mulai mengelola keuangan dengan baik demi perkembangan bisnis.

6 Tips Memulai Promosi Bisnis di Instagram

ACCURATE adalah software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam pengelolaan keuangan bisnis. Sama seperti Instagram, Anda juga dapat mengakses dan memonitor ACCURATE di mana pun dan kapan pun. Dengan ACCURATE Anda juga dapat melihat kondisi keuangan bisnis Anda secara realtime.

4 Strategi Promosi Marketing untuk Bisnis Online Anda

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 Error “Old SerialNo Do Not Match”

 

By |2017-10-19T13:31:38+00:00October 19th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d bloggers like this: