Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Akuntansi

Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Akuntansi

Fungsi permintaan adalah suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara kuantitas barang atau jasa yang diminta oleh konsumen dengan harga barang atau jasa tersebut. Fungsi permintaan juga menunjukkan hubungan antara jumlah suatu barang yang diminta dengan faktor-faktor yang memengaruhinya. Fungsi permintaan merupakan kajian matematis yang digunakan untuk menganalisa perilaku konsumen dan harga barang atau jasa tersebut.

Fungsi permintaan mengikuti hukum permintaan yaitu apabila harga suatu barang naik, maka permintaan barang tersebut juga menurun dan sebaliknya apabila harga barang turun maka permintaan akan barang tersebut meningkat. Jadi, hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta oleh konsumen memiliki hubungan yang terbalik, sehingga gradien dari fungsi permintaan (b) akan selalu negatif.

Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Akuntansi

Faktor yang Memengaruhi Permintaan

Perilaku Konsumen

Misalnya seperti sekarang ini smartphone menjadi kebutuhan teknologi yang paling dicari. Akan tetapi berapa tahun berikutnya belum tentu smartphone menjadi barang tren lagi dan bisa diganti dengan teknologi lain.

Ketersediaan & Harga Barang Sejenis Pengganti dan Pelengkap

Misal jika roti tawar tidak ada atau mungkin harganya menjadi semakin mahal maka barang seperti meses, selai, dan margarin akan turun permintaannya.

Pendapatan atau Penghasilan Konsumen

Orang yang punya gaji dan tunjangan besar maka ia akan dapat membeli banyak barang yang diinginkannya. Tetapi jika pendapatannya rendah maka ia akan menghemat semua pemakaian barang agar tidak terlalu sering membelinya.

Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Akuntansi

Perkiraan Harga di Masa Depan

Jika ada barang yang diperkirakan akan naik harganya maka orang akan cenderung membeli dan menimbunnya pada saat harga barang itu masih rendah. Contoh beras, BBM, dan lain sebagainya.

Banyaknya atau Intensitas Kebutuhan Konsumen

Misal pada saat flu burung dan flu babi menjadi sorotan masyarakat, maka produk masker pelindung akan sangat laris.

Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Akuntansi

Pengertian Fungsi Penawaran

Fungsi penawaran adalah suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga barang atau jasa yang ada di pasar dengan kuantitas penawaran yang ditawarkan oleh seorang produsen. Fungsi penawaran digunakan oleh produsen dengan tujuan untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan banyaknya barang yang akan diproduksi.

Fungsi penawaran mengikuti hukum penawaran. Bila harga barang naik, dengan asumsi cateris paribus (faktor-faktor lain dianggap tetap). Maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan sebaliknya apabila harga barang menurun jumlah barang yang ditawarkan juga menurun. Jadi, dalam fungsi penawaran antara harga barang dan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen memiliki hubungan positif, karenanya gradien (b) dari fungsi penawaran selalu positif.

Faktor -Faktor yang Memengaruhi Penawaran

Biaya Produksi & Teknologi yang Digunakan

Jika biaya pembuatan/produksi sangat tinggi, maka produsen akan membuat produk lebih sedikit namun dengan harga jual yang lebih mahal, karena tidak mampu bersaing dengan barang yang sejenis dan takut produknya tidak laku terjual.

Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Akuntansi

Tujuan Perusahaan

Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan margin keuntungan yang besar sehingga harga jual menjadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dengan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dan dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.

Pajak

Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual menjadi lebih tinggi sehingga perusahaan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.

Ketersediaan & Harga Barang Pengganti/Pelengkap

Jika di pasar ada produk pesaing sejenis yang harganya lebih murah, maka konsumen akan beralih ke produk yang harganya lebih murah tersebut sehingga terjadi penurunan permintaan dan akhirnya penawaran pun dikurangi.

Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Akuntansi

Prediksi atau Perkiraan Harga di Masa Depan

Ketika harga jual naik di masa mendatang, perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi. Dengan harapan bisa menawarkan atau menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.

Fungsi permintaan dan penawaran dalam perusahaan harus dijalankan dengan baik untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Untuk itu, Anda juga perlu menyiapkan laporan keuangan yang terperinci. Kini, Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah menggunakan software akuntansi. ACCURATE adalah software akuntansi yang bisa Anda gunakan untuk menjalankannya dengan mudah, cepat, dan realtime.

Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Akuntansi

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 Error “Old SerialNo Do Not Match”

By |2019-01-30T17:33:47+00:00November 17th, 2017|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: