Mempelajari Sistem Pembukuan Kas Kecil dalam Bisnis

Mempelajari Sistem Pembukuan Kas Kecil dalam Bisnis | Sistem pembukuan kas kecil adalah sistem pencatatan dana yang disediakan untuk membayar pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil, dan tidak ekonomis bila dibayar dengan cek. Dana kas kecil dipisahkan dari kas besar dan diserahkan kepada seorang kasir kas kecil, yang akan mempertanggungjawabkan setiap pengeluaran. Pada kas kecil, terdapat dua sistem pembukuan yang umum digunakan oleh perusahaan. Berikut adalah kedua sistem pembukuan tersebut.

Sistem Dana Tetap

Mempelajari Sistem Pembukuan Kas Kecil dalam Bisnis

Sistem dana fluktuasi adalah sistem yang menetapkan nilai dana kas kecil sesuai dengan kebutuhan operasional. Artinya, saldo akun kas kecil ini tidak tetap atau fluktuasi sesuai dengan jumlah transaksi kas kecil. Jadi nominal saldonya akan berubah pada tiap-tiap periode sesuai dengan kebutuhan operasional perusahaan.

Mempelajari Sistem Pembukuan Kas Kecil dalam Bisnis

Misal, ketika menetapkan kebijakan kas kecil pertama kali, perusahaan menetapkan jumlah kas kecil sebesar Rp1.000.000 (saldo awal). Kemudian kas kecil tersebut digunakan untuk keperluan operasional perusahaan hingga akhir periode. Pada awal periode berikutnya, kas kecil diisi kembali dengan jumlah yang sama atau berbeda dengan saldo awal. Berbeda dalam arti bisa kurang atau lebih dari nilai saldo awalnya. Hal ini disesuaikan apakah kebutuhan perusahaan memerlukan tambahan dana atau pengurangan dana atau bahkan tidak perlu ada keduanya.

Dalam sistem fluktuasi, setiap terjadi perubahan jumlah uang kas kecil maka harus langsung dibukukan, baik itu penambahan maupun pengeluaran. Jadi, buku pengeluaran kas kecil memiliki fungsi sebagai buku jurnal dan menjadi dasar untuk proses pemostingan ke buku besar nantinya. Adapun prosedur dalam sistem dana fluktuasi adalah:

  1. Pemengang kas kecil diberi uang untuk menutup pengeluaran 1 Periode (Minggu/Bulan).
  2. Jika terjadi kekurangan dana di pertengahan periode, bisa dilakukan menambah kas kecil.
  3. Pada akhir periode, jumlah kas kecil yang telah dibelanjakan harus diisikan lagi namun tidak harus nominalnya sama dengan saldo awal. Bisa berkurang atau bertambah sesuai kebutuhan.

Mempelajari Sistem Pembukuan Kas Kecil dalam Bisnis

Demikianlah beberapa hal yang perlu dipelajari dari sistem pembukuan kas kecil. Nantinya, setiap pembukuan tersebut tetap harus di-posting ke buku besar dan dijadikan laporan keuangan. Untuk membuat laporan keuangan dengan mudah, Anda dapat memanfaatkan software akuntansi.

ACCURATE merupakan salah satu software akuntansi yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan dengan mudah, cepat, dan disajikan secara realtime. Dengan menggunakan ACCURATE, Anda tidak hanya dipermudah dalam membuat laporan keuangan, tapi juga dalam mengelola bisnis. Karena ACCURATE dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan pengelolaan bisnis seperti fitur stok barang yang membantu mengelola stok, fitur aset manajemen yang memudahkan dalam menjaga nilai penyusutan aset, fitur invoice yang memudahkan dalam membuat dan mengirim invoice, dan banyak fitur lainnya.

Mempelajari Sistem Pembukuan Kas Kecil dalam Bisnis

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATEACCURATE Online yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan Menghubungi :

RIKI SAEPUL ROHMAN

Tlpn : 0822-4435-2122

Email : riki@myabcshop.com

 Error “Old SerialNo Do Not Match”

By |2019-01-30T17:38:44+00:00Januari 17th, 2018|Article|0 Comments

About the Author:

Profesional, komitmen dan integritas. Menguasai filosofi dan seni dalam menjual

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: