Membuat Laporan Keuangan Untuk Bisnis Online yang Mudah dan Sederhana

Bisnis online kini sedang digeluti oleh banyak masyarakat. Bisnis online pun melahirkan banyak pengusaha-pengusaha baru yang sukses. Namun kesuksesan sebuah bisnis online tidak hanya berapa banyak barang atau jasa yang terjual. Tetapi si pengusaha pun harus memikirkan bagaimana membuat laporan keuangan untuk bisnis online yang belum banyak diketahui para pengusaha bisnis online.

Kesuksesan sebuah bisnis bukan hanya dilihat dari berapa banyak produk atau jasa yang terjual. Tetapi, juga dilihat dari bagaimana kondisi keuangan bisnis yang Anda jalankan. Apakah kondisi keuangan bisnis Anda stabil atau malah selalu turun dan barang yang Anda dapatkan hanyalah pinjaman dari supplier, tanpa ada keuntungan yang Anda dapatkan.

Apa lagi, ketika Anda menjalankan bisnis online tentunya transaksi yang dilakukan pun secara online atau dilakukan via transfer oleh si konsumen. Terlebih, jika Anda masih menyatukan antara rekening pribadi dengan rekening untuk bisnis. Jika Anda menyatukannya, sudah pasti Anda akan sangat sulit dalam melihat bagaimana keuangan Anda, maka mulailah untuk memisahkannya mulai saat ini.

Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di masa depan, sebaiknya Anda sudah mulai mengatur kondisi keuangan bisnis online Anda. Sehingga Anda harus membuat sebuah laporan keuangan untuk bisnis online yang bisa Anda lihat setiap bulan perkembangannya.

Bagaimana cara mengatur keuangan bisnis online, apakah dilakukan sama dengan mengatur keuangan dengan bisnis offline? Yah tentunya hampir sama dengan keuangan bisnis offline. Mungkin hanya beberapa tahapannya saja yang berbeda.

Catat Semua Transaksi yang Terjadi

Anda tak boleh melupakan pencatatan transaksi. Pencatatan ini berguna untuk mengetahui barang apa yang terjual, dan berapa jumlah transaksi yang terjadi, semua harus Anda catat sebaik mungkin. Kalau bisa, Anda memiliki tools yang bisa mencatat semua transaksi dan produk yang terjual.

Sehingga ketika akhir bulan tiba atau secara mingguan, Anda pengen merekap jumlah barang yang terjual dan berapa banyak transaksi yang terjadi bisa dipantau secara mudah. Serta Anda bisa melihat, berapa banyak keuntungan yang Anda dapatkan.

Pisahkan Rekening Pribadi dan Bisnis

Saat Anda menjalankan sebuah bisnis online dan ingin membuat laporan keuangan untuk bisnis online setiap bulannya, sebaiknya memisahkan rekening pribadi dan bisnis yang Anda miliki. Jangan sampai, Anda menyatukan antara rekening pribadi dengan rekening bisnis.

Hal ini untuk menghindari, Anda memakai uang hasil bisnis online untuk keperluan pribadi. Usahakan juga, jangan pernah membawa ATM rekening bisnis untuk melakukan aktivitas pribadi. Seperti belanja bulanan, atau belanja untuk kebutuhan harian Anda.

Hitung Biaya Operasional

Bisnis online memang terlihat tanpa biaya operasional, apa lagi jika Anda hanya menjual produk orang lain atau menjadi seorang reseller tentunya Anda merasa tidak ada biaya operasional, seperti biaya produksi. Namun, Anda melupakan biaya listrik, internet, dan biaya operasional untuk bahan bakar kendaraan, seperti untuk melakukan pengiriman dari toko ke lokasi pengiriman.

Kalau Anda memiliki biaya untuk maintenance website, dan biaya iklan di media sosial atau mesin pencari. Maka ini juga bisa masuk dalam biaya operasional. Sehingga akan memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan untuk bisnis online Anda. Bukankah itu mudah?

Gajilah Diri Sendiri

Agar uang hasil bisnis online bisa Anda nikmati, cobalah untuk mengaji diri sendiri. Bagaimana caranya? Anda dapat mengambil beberapa persen dari keuntungan yang Anda miliki sebagai gaji Anda.

Ingat, dalam mengambil persentasi untuk gaji selalu memperhatikan berapa keuntungan yang Anda peroleh dari berjualan atau berbisnis online tersebut. Jangan sampai, Anda mengambil gaji berlebihan padahal modal Anda menjalankan bisnis online belum kembali. Dan pikirkan juga untuk mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha. Disinilah, pentingnya sebuah catatan sejak awal Anda melakukan transaksi.

Buat Laporan Keuangan Harian

Jika bisnis yang Anda miliki sudah banyak transaksi dalam satu hari, seperti misal Anda memiliki usaha dagang, maka Anda harus mencatat segala transaksi harian. Hal ini untuk memudahkan Anda merekap setiap transaksi yang terjadi secara harian.

Membuat Laporan Keuangan Untuk Bisnis Online yang Mudah dan Sederhana

Jangan sampai, Anda melupakan mencatat transaksi. Transaksi yang dicatat bukan hanya transaksi masuk, melainkan juga transaksi keluar. Anda harus mencatatnya secara jelas dan sebaik mungkin. Sehingga ketika dalam satu bulan, maka Anda bisa membuat sebuah laporan keuangan bulanan dan bisa melihat perkembangan keuangan usaha milik Anda.

Membuat Laporan Keuangan untuk Bisnis Online Secara Bulanan

Tahap akhir dari semua transaksi yang telah Anda lakukan, mulai dari tahap awal hingga akhir adalah membuat sebuah laporan keuangan bulanan yang berupa laporan laba rugi. Agar Anda mengetahui berapa jumlah keuntungan dan kerugian yang terjadi setiap bulannya. Dan Anda bisa menjadikan laporan keuangan tersebut sebagai bahan perenungan untuk bagaimana mengembangkan bisnis ini.

Lalu, pertanyaan yang sering muncul dari pengusaha bisnis online mengenai laporan keuangan adalah bagaimana membuat laporan keuangan untuk bisnis online. Tentunya ini menjadi pertanyaan yang serius, karena memang sebagian besar pengusaha bisnis online tidak memiliki background mengenai akuntansi.

Namun, di era internet seperti ini Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa membantu Anda dalam mengurus seluruh pembukuan bisnis online milik Anda, bahkan yang memiliki fitur realtime stock. Sebaiknya Anda memakai software yang bisa mencatat semua transaksi yang telah Anda input hingga menjadi sebuah laporan keuangan yang baik. Salah satunya adalah menggunakan software akuntansi online Accurate Online (AOL) yang bisa Anda pilih untuk membantu membuat laporan keuangan untuk bisnis online Anda.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATE 5, ACCURATE Online, RENE 2 (POS) yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis ACCURATE, Silahkan menghubungi:

RODERICUS IFO KRISTA

Tlpn: 0813 – 8626 – 9895

Email: ifo@myabcshop.com

 

By | 2018-02-04T17:52:22+00:00 Februari 4th, 2018|Tutorial|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: