Abaikan Salah Kaprah Networking, Lejitkan Bisnis Mu Dengan Networking!

Zaman sekarang banyak sekali orang yang ingin berbisnis. Sering sekali mereka menganggap kalau bisnis ini ‘weenak’. Dengan punya bisnis katanya sih bisa memiliki banyak waktu bareng keluarga, bisa pergi jalan-jalan kapan aja tanpa harus nunggu long weekend, hingga katanya bisa punya uang yang tak terbatas. Betul enga sih? Benar, tetapi ketika berbisnis Anda juga butuh yang namanya Networking. Apa itu networking dan pentingnya bagi bisnis?

Dalam sebuah bisnis, networking menjadi hal penting. Bagi pengusaha, tanpa networking usaha atau bisnisnya akan terasa sulit untuk berkembang. Tetapi banyak pengusaha yang engan melakukan networking karena memiliki anggapan salah tentang networking.

Padahal jika pengusaha bisa menganggap penting networking, ini akan membantu Anda agar bisa lebih inovatif, memperoleh informasi lebih banyak, dan akan mengajarkan hal-hal baru kepada Anda. Tentunya networking akan membawa dampak yang luar biasa untuk bisnis Anda.

Networking

Banyak yang bertanya apa sih sebenarnya networking kenapa seorang pengusaha harus melakukan networking? Berikut sudah dirangkum oleh tim Antijobless.com tentang pentingnya networking yang tak banyak dicoba oleh pengusaha.

Berbagi Informasi

Networking adalah cara terbaik untuk berbagi berbagai informasi terkait isu yang sedang berkembang seputar bisnis dan konsumen Anda. Dengan adanya networking Anda bisa berbagi pengetahuan mengenai apa yang ada dalam pikiran Anda.

Membangun Kesempatan dan Peluang Bisnis

Membangun networking adalah cara para pengusaha sukses untuk membangun kesempatan secara lebih luas lagi. Karena banyak pengusaha yang menganggap dengan membangun networking akan membuka kesempatan dan peluang bisnis lebih luas lagi.

Mendapatkan Big Data

Dengan memiliki networking Anda bisa mendapatkan big data. Sehingga ketika ada pangsa pasar dan tren pasar, Anda akan mendapatkan datanya secara lengkap. Tentunya data tersebut akan Anda dapatkan secara eklusif dari partner bisnis Anda yang Anda kenal melalui networking yang dibangun.

Memudahkan Kolaborasi

Ketika Anda membangun bisnis, Anda ingin sekali kolaborasi dengan bisnis lain yang sesuai dengan pangsa pasar. Jika Anda tidak membangun networking, tentunya Anda akan sulit mendapatkan kolaborasi dengan bisnis lain. Karena Anda tidak memiliki jaringan untuk ke pengusaha-pengusaha lain.

Membangun Profil Bisnis

Membangun profil bisnis tentunya tidak sekedar bisa dilakukan secara individu. Tetapi Anda juga bisa membangun profil bisnis Anda untuk dikenal lebih luas lagi dengan networking. Jika Anda tidak melakukan networking, maka Anda pun akan sulit membangun serta meningkatkan profil bisnis Anda.

Kelima cara tersebut bisa Anda jadikan suatu cara untuk membangun networking. Namun banyak pengusaha yang kadang mengabaikan networkingkarena merasa networking tidaklah penting. Mereka selalu menganggap salah kaprah tentang membangun networking.

Salah Kaprah tentang Networking

Apa saja salah kaprah yang sering terlontarkan oleh pebisnis, terutama para pebisnis pemula. Padahal dengan membangun networking Anda akan mendapatkan berbagai manfaat seperti yang telah diungkapkan di paragaraph awal artikel ini!

Membangun Networking Hanya Buang-Buang waktu

Pengusaha pemula sering sekali kurang pengalaman dalam membangun jaringan. Banyak para pengusaha yang menganggap ia harus membuang waktu mereka untuk bertemu dengan partner bisnis. Kecuali, mereka bertemu dalam hal khusus yang bisa membangun keuntungan mutualisme.

Padahal banyak manfaat yang akan didapatkan ketika mereka membangun networking dengan jaringan-jaringan baru. Baik di dapatkan melalui event-event khusus pengusaha maupun dengan cara lain dalam membangun networking.

Networking Akan Terbentuk Sesuai pada Kepribadiannya

Para pengusaha pemula juga sering beranggapan bahwa orang yang pandai membangun networking adalah mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert. Tetapi buat seorang yang memiliki kepribadian introvert akan merasa sulit dalam membangun networking.

Padahal bentuk kepribadian yang ada pada dirinya bisa di bangun jika memang Anda yakin untuk bisa melakukan hal tersebut. Karena orang-orang beranggapan bahwa kepribadian tidak dirubah dan akan membuat mereka sulit untuk berkembang.

Hubungan Terbentuk Secara Alami

Ada pengusaha yang berpikir bahwa hubungan dengan partner atau rekan bisnis akan terbentuk secara alami dan tidak bisa dibuat-buat atau dilakukan secara sengaja. Mindset ini masih sering sekali ditemukan pada pengusaha pemula.

Orang-orang seperti ini sering beranggapan bahwa hubungan akan terbentuk secara spontan, dan di antara orang-orang yang saling menyukai. Padahal hubungan yang seperti ini akan menghasilkan jaringan yang tidak berguna bagi bisnis Anda dan terlalu homogen.

Networking seperti ini akan membuat Anda malas dan tidak akan memberikan kita keluasan untuk melihat dunia sekitar, membuat keputusan yang baik, dan membuat orang-orang berbeda bisa menyatukan ide secara bersama-sama.

Itulah alasan kenapa Anda sebagai pengusaha harus membangun jaringan secara profesional bukan spontan, dan bisa mengidentifikasi jaringan bersama orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dengan Anda.

Networking Selalu Lebih Egois

Ada anggapan bahwa membangun networking terkadang partner akan egois dan selalu menemukan hubungan yang tidak tulus. Terkadang di masalah pembagian keuntungan yang dilakukan secara tidak adil.

Banyak yang salah kaprah tentang networking karena banyak beranggapan bahwa networking cenderung terpisah karena adanya hierarki antara yang berpengalaman dengan yang tidak berpengalaman. Terkadang ada yang beranggapan dengan membangun networking ada pihak yang merasa kurang berkontribusi dalam membangun sebuah bisnis bersama-sama.

Networking Kuat adalah Hubungan Dengan Orang yang kita Kenal

Pemikiran seperti ini pun masih ada dalam mindset beberapa pengusaha. Banyak pengusaha yang salah kaprah mengenai networking. Mereka menganggap bahwa hubungan yang baik hanya akan terbentuk dengan orang yang telah lama mengenal kita. Memang ini tidak salah, tetapi ada baiknya kita membangun jaringan dengan orang-orang yang tidak kenal dengan kita.

Padahal banyak hasil penelitian yang menunjukan bahwa inovasi dan wawasan baru muncul dari hubungan yang lemah. Artinya hubungan yang belum lama terjadi bisa menghasilkan hal-hal, informasi, dan sumber daya yang lebih besar lagi.

Dengan hubungan yang baik dan jaringan yang luas tentunya bisnis Anda akan bisa semakin berkembang lebih jauh lagi. Hal ini pun membuat Anda akan memiliki jaringan yang kuat dan akan mampu meningkatkan laba dari bisnis Anda.

Tentunya dengan jaringan yang kuat dan akan meningkatkan laba usaha Anda, Anda juga bisa membantu usaha milik Anda bisa menjadi lebih besar dan laba yang meningkat dengan bantuan software akuntansi untuk bisnis Anda.

Salah satu software akuntansi yang cocok untuk para pebisnis di Indonesia adalah Accurate Online. Accurate Online akan mampu membantu Anda untuk melejitkan bisnis dengan memiliki data keuangan yang sempurna untuk bisnis Anda. Sehingga Anda bisa memantau keuangan bisnis baik uang keluar maupun uang masuk serta memantau bahan baku dan produk yang ada di gudang.

Mindset dapat berubah dan dilakukan hanya dengan pengalaman. Satu-satunya cara bahwa Anda meyakini bahwa networking adalah sumber daya penting untuk pekerjaan, karir, dan bisnis Anda adalah dengan mencobanya. Bangunlah networking dan jangan lupa lejitkan bisnis Anda bersama Accurate Online.

By | 2018-07-25T14:59:34+00:00 Juli 25th, 2018|Article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: