9 Sinyal Bisnis Anda Harus Memakai Sistem Akuntansi Berbasis Cloud

Software akuntansi saat ini telah menjadi kebutuhan dari sebuah bisnis. Menggunakan perangkat lunak akuntansi sangat penting bagi keberhasilan bisnis Anda. Namun masih banyak perusahaan dan UKM yang enggan menggunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online.

Banyak pengusaha yang enggan berpindah haluan pada software akuntansi berbasis cloud. mereka menganggap bahwa software akuntansi yang saat ini dimiliki masih mumpuni dalam mengerjakan aktivitas keuangan usahanya. Padahal itu adalah kesalahan. Jika saat ini Anda masih memakai software akuntansi yang tersimpan dalam hard disk komputer, tinggalkanlah! Anda harus upgrade ke versi terbaru menyesuaikan perkembangan teknologi saat ini.

9 Sinyal yang Mengharuskan Anda Menggunakan Sistem Akuntansi berbasis Cloud

1 Saat Anda harus bayar Supplier Satu per Satu

Pada sistem akuntansi non cloud, umumnya sistem tersebut mengharuskan Anda harus membayar kepada supplier atau vendor secara satu per satu. Dengan menyesuaikan mana yang menjadi prioritas terlebih dahulu. Padahal semua supplier harus Anda bayar, karena itu penting.

Hal ini mengharuskan Anda segera pindah ke sistem akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online yang memiliki manajemen kas real-time serta otomatis, melacak faktur, memantau pembayaran, memproses pesanan, memantau pergerakan barang di gudang, dan membuat faktur.

Semua aktivitas itu bisa Anda dilakukan dimana saja, tanpa harus ke lokasi komputer yang memiliki sistem akuntansi tersebut. Dengan sistem akuntansi berbasis cloud, Anda bisa memantau setiap kegiatan keuangan bisnis dimanapun.

2 Denda Karena Telat Membayar Tagihan

Anda sedang di luar kota atau sedang berada di luar negeri untuk melakukan aktivitas bisnis. Tetapi staff Anda membutuhkan persetujuan pembayaran kepada supplier yang sudah jatuh tempo. Tanpa ada persetujuan dari Anda sebagai pemilik bisnis, sih supplier tidak akan mau menerima pembayaran.

Kalau sudah begini gimana mengatasinya? Tak mungkin Anda pulang saat itu juga kan? Dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud Accurate Online staff Anda bisa meminta persetujuan secara digital. Sehingga Anda tidak perlu takut terkena denda pembayaran. Accurate Online akan memudahkan Anda dalam melakukan approval.

3 Dokumen Menumpuk

Bingung mau nyimpen tumpukan kertas-kertas keuangan dimana lagi, ruangan kantor sudah tidak memadahi. Belum lagi faktur-faktur konsumen dan supplier yang cukup banyak membuat Anda bingung mau meletakkan dimana? Jika Anda sudah merasakan hal ini. Ini merupakan sinyal bahwa Anda harus ganti sistem akuntansi menggunakan sistem akuntansi berbasis cloud.

Kenapa? Dengan sistem akuntansi berbasis cloud, Anda bisa menyimpan laporan keuangan, faktur, dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan keuangan perusahaan Anda dengan elektronik. Sehingga Anda tak perlu lagi menghabiskan dan menumpuk kertas-kertas tersebut. Tidak mungkin juga Anda akan membakar kertas-kertas tersebut bukan?

4 Menyusun Laporan Keuangan Hingga Berhari-Hari?

Lelah tiap akhir bulan ataupun akhir tahun harus menyusun berbagai laporan keuangan hingga berhari-hari karena banyaknya transaksi. Bingung harus nyusun dari mana dulu? Kalo sudah begini Anda pasti repot. Laporan keuangan yang mana dulu harus Anda susun. Apakah laporan neraca, laporan laba rugi, dan laporan keuangan lainnya.

Kalau sudah begitu pasti Anda kerepotan. Sebaiknya Anda segera pindah sistem akuntansi menggunakan sistem akuntansi berbasis cloud. Dengan memiliki sistem akuntansi berbasis cloud, Anda bisa dengan mudah membuat laporan. Karena semua bisa dilakukan secara otomatis. Jadi Anda tak perlu repot lagi.

5 Masih Harus menyelesaikan di Excel

Sebagai pengusaha staff Anda masih mengerjakan laporan keuangan menggunakan excel? Anda harus mengatakan “Tinggalkan itu sekarang juga!” Karena itu tidak efisien dan memakan banyak waktu. Sebaiknya Anda memberikan ia sistem akuntansi berbasis cloud yang akan memudahkan pekerjaan mereka.

6 Biaya Pemeliharaan yang Mahal

Berapa biaya pemeliharaan IT di perusahaan Anda? Kalo angka itu cukup tinggi, sebaiknya Anda segera berpindah haluan untuk memakai sistem akuntansi yang lebih ramah dan hemat. Bahkan dengan menggunakan sistem akuntansi berbasis cloud, Anda akan mendapatkan sistem keamanan yang lebih tinggi dibandingkan menggunakan sistem yang tidak memiliki cloud.

7 Membutuhkan Waktu Lama untuk Menggabungkan Semua Data pada Sistem

Ketika Anda masih menggunakan sistem akuntansi sistem lama, Anda membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menyatukan setiap laporan. Tentunya ini akan memakan waktu Anda. Padahal, Anda bisa melakukan aktivitas lain selain mengerjakan laporan tersebut.

Jika Anda sudah menemukan tanda-tanda ini pada usaha Anda, segeralah untuk mencari sistem akuntansi berbasis cloud yang bisa memudahkan pekerjaan Anda. Seperti Accurate Online yang bisa membantu Anda dalam mengerjakan laporan keuangan.

8 Menurunnya Produktivitas dan Banyak Komplain

Sebagai pemilik usaha tentunya Anda ingin sekali produktivitas perusahaan dan staff Anda terus meningkat. Salah satu caranya adalah dengan memanjakan mereka dengan sistem yang memudahkan pekerjaan, sehingga mereka bisa memberikan pekerjaan lainnya yang tak kalah penting.

Selain menurunnya produktivitas, ketika Anda tidak sempat memperbaiki sistem keuangan perusahaan. Bisa-bisa Anda mengalami komplain yang cukup banyak dari konsumen ataupun dari partner bisnis Anda yang membutuhkan faktur penjualan secepat mungkin.

9 Bisnis yang Berkembang Signifikan

Alasan ini memang tak bisa dipungkiri oleh setiap pengusaha. Ketika bisnis Anda sudah berkembang secara signifikan. Seperti penjualan yang meningkat, secara otomatis Anda butuh pencatatan keuangan yang cepat, dan fleksibel. Sehingga memudahkan Anda dalam melakukan manajemen keuangan.

Selain itu, ketika bisnis berkembang. Umumnya Anda akan memiliki banyak cabang dan banyak tempat penyimpanan barang atau yang lebih dikenal gudang. Hal ini akan membantu Anda dengan mudah ketika memiliki sistem akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur multi gudang seperti Accurate Online.

Ketika bisnis Anda meningkat, Anda juga harus meningkatkan sistem pembukuan usaha Anda dengan yang memiliki fitur terbaru dan juga bisa mengikuti perkembangan bisnis Anda. Kesemua itu terdapat pada Accurate Online. Sistem akuntansi berbasis cloud yang cocok digunakan oleh berbagai jenis usaha dalam mengembangkan bisnis. Dengan keakuratan, dan kecepatan dalam manajemen keuangan menjadikan Accurate Online cocok digunakan oleh bisnis Anda.

By |2018-07-31T16:13:11+00:00July 31st, 2018|Article|0 Comments

About the Author:

Expert di bidang IT. Anak muda yang penuh semangat, optimis dan bermotivasi tinggi. Selalu berkomitmen pada pekerjaan.

Leave A Comment

%d bloggers like this: