7 Barang Bekas yang Bisa Jadi Ladang Emas!

 

Siapa bilang peluang usaha harus berbentuk produk baru? Kebanyakan dari kita mungkin mengira bahwa hanya produk dengan kondisi baru lah yang layak dijual kepasaran dengan harga tinggi dan menguntungkan, namun ternyata tidak! Selama kita memiliki kemauan disertai kreatifitas yang mendukung, kita bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang bisa jadi ladang emas dengan menjadikannya barang-barang yang bernilai tinggi loh!

Lalu apakah semua orang bisa menggunakan barang bekas untuk bisnis? Tentu bisa, asalkan kita bisa melihat nilai dari sebuah barang, bukan hanya dari tampak fisiknya saja. Melainkan barang tersebut bisa di olah menjadi barang yang bernilai dan memiliki harga jual.

Nah bicara soal barang bekas yang bisa dijadikan sebagai bisnis, ada 7 barang bekas yang bisa jadi ladang emas kamu karena menjadi barang yang bernilai jual tinggi.

1. Botol Bekas Minuman

Siapa sih yang tidak tahu kalau barang bekas satu ini banyak sekali manfaatnya jika kita bisa mengolahnya dengan tepat, selain itu ketersediaan botol bekas juga sangat mudah kita temukan, apa lagi banyak orang yang mengabaikannya setelah digunakan.

Untuk mengolah atau mendaur ulang botol bekas ini biasanya diolah dengan cara dihancurkan oleh mesin penggiling sehingga menjadi serpihan kecil dan kembali menjadi biji plastik. Pada umumnya biji plastik ini biasanya dipasarkan kembali ke industri-industri besar loh!

Namun selain diolah kembali seperti cara tersebut, kita juga bisa mengkreasikannya sebagai pernak pernik lucu yang bernilai jual tinggi misalnya dijadikan hiasan lampu, tempat pensil, make-up case dan barang lainnya yang bermanfaat.

2. Kain Bekas

Nah selain botol bekas, barang bekas lainnya yang mudah kita temui adalah kain bekas atau biasa dikenal dengan majun. Kain bekas ini biasanya berupa potongan-potongan kecil dari bahan bekas pakaian yang berasal dari limbah industri atau konveksi. Meskipun limbah, tapi kain bekas bisa menjadi barang bekas yang bisa jadi ladang emas.

Potongan kain bekas yang tidak beraturan ini bisa kita olah menjadi barang yang layak dijual kembali dengan harga yang cukup menguntungkan. Biasanya kain bekas tersebut diolah menjadi keset, bahan pembuatan boneka, bahan pembuatan sofa, bantal, kerajinan tas dan barang lainnya.

3. Kertas dan Koran Bekas

Kertas atau koran-koran bekas juga mudah kita temui, pasalnya hampir setiap orang melakukan kegiatan dengan menggunakan kertas baik berukuran kecil maupun besar sehingga sayang sekali jika kertas bekas tersebut dibiarkan saja, pasti sudah menumpuk dan menjadi sampah yang memakan ruang. Kenapa tidak kita manfaatkan kertas-kertas tersebut sebagai barang bekas yang bisa jadi ladang emas.

Untuk mendaur ulang kertas atau koran bekas ini caranya pun cukup sederhana, biasanya kertas diolah kembali dengan cara dihancurkan dengan air setelah itu menggunakan lem khusus untuk menyatukannya kembali lalu dikeringkan.

Hasil olahan kertas daur ulang ini sangat laku dipasaran terutama bagi industri skala besar karena hasil olahan kertas bekas ini bisa dijadikan box atau dus untuk packaging maupun menjadikan sebagai kertas untuk daur ulang. Selain menjadi dus, olahan kertas ini juga bisa kita kreasikan sehingga menjadi barang yang layak jual kembali dengan harga yang cukup tinggi, apalagi sekarang sudah banyak pernak pernik berbahan dasar koran bekas yang diminati masyarakat karena terkesan vintage.

4. Ban bekas

Mungkin barang bekas satu ini terdengar asing jika dijadikan sebagai peluang usaha, namun siapa sangka? Ban bekas juga bisa di daur ulang dan dijual kembali dengan harga yang cukup tinggi loh karena ban bekas ini bisa dijadikan sebagai bahan campuran karet dalam beberapa produk seperti untuk membuat sepatu dan bangku teras, hal ini digunakan oleh pihak industri guna menekan harga jual mereka. Kalau kamu memiliki networking ke industri tersebut, kamu bisa menjadikan barang bekas yang bisa jadi ladang emas.

Cara mengolahnya kita harus menghancurkannya terlebih dahulu hingga menjadi serbuk serbuk yang dapat dicampurkan dengan bahan karet mentah. Jika untuk mengolahnya terasa sulit, kita juga bisa membuat kerajinan dari ban bekas tersebut seperti dijadikan pot bunga, kursi, rak dinding hingga wastafel atau apapun yang ada dalam imajinasi kalian sehingga ban bekas tersebut menjadi barang yang menarik dan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Lumayan kan buat nambah uang bulanan?

5. Kayu bekas atau Palet

Barang bekas selanjutnya yang bisa dijadikan peluang usaha adalah kayu bekas, hasil olahan dari kayu ini sudah tidak diragukan lagi bahwa harga jualnya bisa berkali-kali lipat. Kayu bekas yang bisa diolah ternyata tidak sembarang, kita harus pandai memilah milih kayu yang bisa kita olah kembali. Kalau soal kayu bekas, tampaknya kamu harus banyak belajar dari orang Madura loh. Mereka biasanya memiliki usaha pengepul kayu-kayu bekas. Mereka memahami bahwa kayu bekas merupakan barang bekas yang bisa jadi ladang emas bagi mereka.

Hasil olahan kayu tersebut biasanya furniture, para pengrajin kayu menyulapnya menjadi berbagai barang mewah ini tidak sedikit loh yang sudah memasarkannya ke berbagai negara. Untuk mengolah kayu bekas memang cukup sulit dan harus melalui tahap pelatihan, namun selama kita memiliki kemauan dan kreatifitas tinggi kita pasti bisa mengolahnya menjadi barang yang bernilai jual tinggi.

6. Kardus Bekas

Kamu sering lihat kan ada orang-orang yang suka membawa kardus banyak di atas motor maupun mobil. Kardus-kardus tersebut ternyata memiliki nilai jual juga loh. Kalau tidak salah per kilo kardus di hargai Rp 1500-2000. Kalau kamu bisa mengumpulkan kardus-kardus ini, pastinya kamu bisa menjadikan kardus-kardus sebagai ladang uang. Terlebih kardus ini adalah benda yang bisa digunakan kembali meskipun harus di daur ulang terlebih dahulu.

7. Sampah Plastik

Jangan mengabaikan sampah plastik, baik itu sampah bekas shampoo, sabun cuci, hingga bungkus kopi pun bisa kamu jadikan uang loh. Tentunya bukan hanya menjual tumpukan plastik-plastik tersebut. Jika kamu ingin mendapatkan uang yang cukup maksimal, kamu harus menjadikan sampah plastik tersebut sebagai barang yang kreatif.

Banyak sekali kerajinan tangan yang bisa dimanfaatkan dari sampah plastik. Daripada sampah yang kamu miliki hanya kamu jual, padahal cukup banyak manfaatnya loh. Salah satunya menjadikan sampah plastik sebagai dompet, tas, payung, dan tempat minum. Keren kan?

Itulah beberapa barang bekas yang bisa jadi ladang emas dan menghasilkan keuntungan yang cukup besar, apakah kamu tertarik mencobanya? Kalo kamu tertarik jangan lupa untuk terus berkarya dan menjadikan barang-barang tersebut ladang emas.

Agar keuntungan yang Kamu hasilkan dari berbisnis barang bekas bisa terlihat, kamu harus melakukan pencatatan dan pembukuan keuangan yang tepat. Sehingga kamu bisa mengukur modal yang kamu keluarkan serta berapa keuntungan setiap bulannya.

Kalau kamu tidak mengerti pembukuan, kamu bisa menggunakan software pembukuan untuk pencatatan keuangan bisnis. Software pembukuan yang tepat tentunya yang bisa memberikan kamu fitur lengkap dengan harga terjangkau yakni Accurate Online.

Accurate Online merupakan software pembukuan untuk Usaha Mikro Kecil dan menengah yang ingin memiliki pembukuan yang rapih dan akurat, serta bisa integrasi dengan internet banking serta marketplace ketika Anda berjualan di marketplace. Bukankah itu yang Anda inginkan? Tunggu apa lagi, sekarang saatnya Anda menggunakan Accurate Online untuk pembukuan bisnis Anda! (IRL)

By | 2018-08-08T15:18:31+00:00 Agustus 8th, 2018|Article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: