Yuk Menjajal Peluang Bisnis Frozen Food yang Sangat Potensial!

Perkembangan bisnis kuliner memang selalu menarik untuk diikuti. Ada saja produk-produk kuliner baru yang dibuat berdasarkan tren dan selera pasar. Kalau Anda ingin merintis bisnis kuliner yang tidak terlalu merepotkan, Anda bisa melirik frozen food sebagai pilihan.

Meskipun tampak mudah, sebenarnya Anda tetap harus cermat sebelum merintis bisnis frozen food. Perhatikan enam hal penting ini agar bisnis Anda selalu berjalan lancar:

Bisnis Frozen Food Butuh Modal Besar

Anda harus memiliki modal besar untuk merintis bisnis frozen food skala menengah. Jika rata-rata harga satu kemasan frozen food adalah Rp 30.000, Anda tinggal mengalikannya dengan jumlah persediaan frozen food yang akan Anda siapkan. Idealnya, bisnis frozen food membutuhkan modal mencapai puluhan juta rupiah. Selain itu, sebagian modal juga harus digunakan untuk menyiapkan freezer, kapasitas listrik yang memadai, serta peralatan pendukung lainnya.

Pengelolaan Produk Harus Dilakukan secara Teliti

Pada umumnya, bisnis frozen food menyediakan puluhan hingga ratusan varian produk. Sehingga para pelanggan lebih leluasa memilih produk sesuai selera dan budget. Anda harus teliti melakukan pengelolaan produk dan mencatat persediaannya secara teratur. Jangan sampai ada produk yang dibanderol dengan harga lebih murah dibandingkan modalnya. Omset penjualan harus dicatat setiap hari untuk memantau keuntungan dan persediaan produk.

Kini, Anda tak akan kesulitan dalam mencatat setiap jenis produk frozen food milik Anda. Semua stok bisa Anda catat dalam Accurate Online. Meskipun stok tersebut tersimpan di gudang, Anda juga bisa menggunakan fitur gudang untuk melihat persediaan stok yang ada di gudang. Accurate Online memiliki fitur multi gudang. Fitur ini sangat berguna bagi pelaku bisnis yang memiliki banyak gudang.

Accurate Online juga memiliki fitur realtime stock. Dimana Anda bisa melihat persediaan produk yang ada di gudang beserta jumlah yang tersisa. Fitur ini bisa Anda buka dimanapun dan kapanpun, jadi jika Anda sedang berada di luar toko dan ingin melihat stok persediaan frozen food di toko, Anda bisa langsung melihatnya melalui fitur realtime stock pada Accurate Online.

Selalu Up To Date tentang Jenis Produk

Jenis-jenis frozen food sekarang memang sangat bervariasi. Selain menu pelengkap hidangan utama berupa nugget dan sosis, ada pula aneka olahan ikan dan camilan bercita rasa manis. Anda harus memperhatikan jenis produk yang paling diminati oleh pelanggan Anda. Supaya Anda bisa menambah jumlah stok persediaan tersebut menjadi lebih banyak dari biasanya. Jangan lupa pula menyiapkan beragam produk baru untuk ditawarkan kepada para pelanggan. Sehingga pelanggan tidak bosan dengan varian produk yang itu-itu saja.

Jangan Lupa Berpromosi

Bisnis apa pun butuh promosi agar semakin dikenal banyak orang, termasuk bisnis frozen food. Jika Anda berkesempatan memperoleh diskon atau penawaran menarik dari agen, manfaatkan hal tersebut untuk promosi. Potongan harga atau bonus menarik akan membuat pelanggan tergugah berbelanja di tempat Anda. Sehingga Anda pun tak kesulitan memperoleh pelanggan setia yang berbelanja dalam jumlah banyak.

Memanfaatkan Media Sosial Semaksimal Mungkin

Jangan ragu memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis frozen food Anda. Foto-foto menarik bisa menggugah rasa ingin tahu pengguna media sosial untuk berbelanja di tempat Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengunggah informasi tentang promosi khusus untuk produk-produk tertentu. Anda juga patut menggunakan hashtag yang tepat untuk mempermudah pencarian di media sosial. Maka kesempatan untuk memperoleh pelanggan baru dari media sosial pun akan semakin besar.

Menentukan Harga Khusus untuk Pembelian Grosir

Tak ada salahnya jika Anda memberikan harga khusus untuk pelanggan yang membeli dalam jumlah banyak. Karena kemungkinan besar pelanggan tersebut membeli produk frozen food untuk dijual kembali. Harga khusus untuk pembelian grosir akan membuat Anda tetap untung sekaligus mempertahankan loyalitas pelanggan Anda. Sebab pelanggan Anda belum tentu mendapatkan harga istimewa bila beralih ke kompetitor Anda.

Mencatat Semua Transaksi dengan Accurate Online

Sudah punya banyak pelanggan dan transaksi pun semakin banyak? Capek melakukan semua secara manual? Belum lagi mencatat stok barang, pasti itu melelahkan buat Anda. Sekarang, Anda bisa melakukan pencatatan setiap transaksi hanya dalam satu aplikasi, yakni Accurate Online.

Dengan Accurate Online, semua masalah keuangan bisnis bisa Anda atasi. Termasuk ketika Anda ingin melakukan integrasi internet banking pun bisa Anda lakukan hanya dengan Accurate Online. Kini, Accurate Online sudah terintegrasi dengan internet banking empat bank besar di Indonesia, yakni BCA, OCBC, Mandiri, dan BRI. Jika Anda ingin melakukan rekonsiliasi bank antara pencatatan di rekening dan di Accurate Online, Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Semua pencatatan keuangan bisnis yang sudah Anda buat, tentunya ingin Anda jadikan sebuah laporan keuangan. Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa dengan mudah membuat laporan keuangan yang cepat dan akurat dengan Accurate Online. Serahkan semua catatan keuangan bisnis frozen food Anda dengan Accurate Online.

Terakhir, jangan lupa menentukan lokasi yang strategis untuk bisnis frozen food Anda. Jika belum ada agen frozen food di sekitar tempat tinggal Anda, berarti bisnis tersebut masih memiliki peluang besar untuk berkembang. Mari menggunakan dana Anda sebagai modal bisnis frozen food yang potensial.

accurate online apapun bisnis kamu

By |2018-08-14T16:24:40+00:00Agustus 14th, 2018|Article|0 Comments

About the Author:

Expert di bidang IT. Anak muda yang penuh semangat, optimis dan bermotivasi tinggi. Selalu berkomitmen pada pekerjaan.

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: