Sport Marketing: Cara Kekinian Promosi Bisnis Lewat Olahraga

Sport Marketing: Cara Kekinian Promosi Bisnis Lewat Olahraga

Sport Marketin

Istilah sport marketing mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat awam. Sebenarnya, konsep sport marketing sudah mulai populer di tanah air selama beberapa tahun belakangan ini. Banyak brand bisnis yang memanfaatkannya untuk berpromosi sekaligus mendulang keuntungan besar dari sport marketing. SolusiUKM akan membahas sport marketing agar para pemilik UKM lebih memahami sport marketing.

Ingin tahu lebih banyak tentang sport marketing?

Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Siapa tahu nanti giliran Anda yang memanfaatkannya untuk mendukung perkembangan bisnis UKM Anda agar bisa dikenal lebih luas lagi.

Definisi Sport Marketing

Sport marketing dapat didefinisikan sebagai upaya promosi yang dilakukan suatu brand bisnis dengan memanfaatkan bidang olahraga. Konsep promosi unik ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Pada tahun 1960-an, banyak perusahaan di Amerika Serikat yang memanfaatkan popularitas baseball.

Kala itu, baseball merupakan olahraga yang baru mulai populer. Sehingga banyak perusahaan yang berlomba ingin menjadi sponsor untuk setiap pertandingan baseball. Di era saat ini, dunia sport marketing lebih di dominasi dengan olahraga sepak bola. Anda bisa melihat, betapa banyaknya brand yang mensponsori sepak bola.

Hasilnya ternyata sangat memuaskan. Brand bisnis yang menjadi sponsor pertandingan baseball mengalami peningkatan popularitas. Karena para penonton pertandingan baseball merasa familiar dengan brand tersebut.

Hingga kini, konsep sport marketing sebagai sponsor pertandingan masih populer. Anda bisa melihat banyak brand besar mengeluarkan banyak uang demi menjadi sponsor pertandingan olahraga populer seperti sepakbola dan bulutangkis. Bahkan, butuh biaya sponsor yang fantastis jika suatu brand ingin mencetak logonya pada kaos atlet.

Hingga ada brand di Indonesia yang mendirikan akademi olahraga dengan nama brand mereka. Ini membuktikan bahwa brand tersebut berhasil melakukan pemasaran dengan metode sport marketing. Hingga bisa mendirikan akademi olahraga tersebut hingga mencetak atlet-atlet unggulan.

Modifikasi Konsep Sport Marketing yang Kreatif

Saat ini, konsep sport marketing sudah dikembangkan dengan cara yang lebih kreatif. Suatu brand bisnis tak hanya bisa menempatkan diri sebagai penyedia sponsor. Banyak brand bisnis yang mulai berani menyelenggarakan event olahraga secara mandiri sebagai upaya promosi. Jenis olahraga yang paling digemari saat ini adalah lari.

Sport Marketin

Banyak alasan yang membuat olahraga lari semakin digandrungi sebagai sarana implementasi sport marketing. Karena lari merupakan olahraga yang paling praktis dan bisa dilakukan semua orang dari berbagai kalangan usia. Para peserta juga hanya membutuhkan sepatu jogging bila ingin berpartisipasi dalam event tersebut.

Brand bisnis yang berhubungan langsung dengan olahraga (misalnya peralatan olahraga) tentu memanfaatkan strategi promosi ini sebaik mungkin. Namun, brand bisnis lainnya juga tak mau kalah. Banyak pula brand makanan cepat saji yang menyelenggarakan event lari bertaraf besar. Mayoritas brand biasanya sukses dengan event tersebut dan berhasil mewujudkan peningkatan omset.

Tak hanya mempopulerkan brand, penyelenggara event olahraga biasanya juga berkesempatan melakukan penjualan produk di lokasi. Membuka stand produk tertentu pasti menambah kemeriahan event olahraga. Apalagi bila stand tersebut menyediakan promo khusus bagi pelanggan yang berbelanja selama event berlangsung. Dampak promosi dengan konsep sport marketing bisa dirasakan langsung oleh brand bisnis yang memanfaatkannya.

Pengelolaan Budget Harus Dilakukan secara Cermat

Implementasi sport marketing tentu tak lepas dari pengelolaan budget promosi. Budget tersebut harus diatur secara ketat agar dapat menghasilkan keuntungan yang sebanding dengan pengeluaran. Sekarang, upaya promosi melalui sport marketing dianggap tak kalah efektif dibandingkan promosi via internet. Sehingga banyak brand yang sengaja mengalokasikan budget promosi dalam jumlah besar untuk mewujudkan sport marketing.

Kalau Anda termasuk pebisnis yang baru akan mencoba sport marketing, pastikan bahwa pengelolaan budget-nya dilakukan secara cermat. Selain itu, Anda pun harus menyesuaikan dengan budget keuangan yang dimiliki oleh UKM Anda. Anda juga harus memikirkan goals yang sesuai dengan budget yang dimiliki Anda.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk memanfaatkan sport marketing?

Jangan ragu mencobanya bila Anda sudah punya budget promosi yang jumlahnya mencukupi.

By |2018-11-03T15:35:51+00:00November 3rd, 2018|Article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

%d bloggers like this: