Yuk, Manfaatkan Social Commerce untuk Meraup Keuntungan Besar!

Yuk, Manfaatkan Social Commerce untuk Meraup Keuntungan Besar!

Social Commerce

Apakah Anda familiar dengan istilah social commerce?

Social commerce merupakan aktivitas belanja online yang dilakukan melalui media sosial. Indonesia memang memiliki potensi social commerce yang besar. Karena jumlah pengguna media sosial di Indonesia terbilang sangat banyak. Namun, hingga akhir Agustus 2018 tercatat bahwa Thailand menduduki peringkat social commerce tertinggi di Asia Tenggara. Karena 50% online shopper di Thailand berbelanja melalui media sosial.

Perkembangan e-commerce di Indonesia memungkinkan para penggunanya untuk merasakan kemudahan berbelanja via media sosial. Apa lagi sebagian besar masyarakat yang mengakses internet di Indonesia adalah para pengguna media sosial.

Jadi, Anda dapat memaksimalkan penggunaan media sosial bila ingin meraih omset bisnis yang besar. Lakukan beberapa hal ini jika ingin mewujudkan omset bisnis yang fantastis melalui social commerce:

Memanfaatkan Semua Media Sosial

Di Indonesia, ada beberapa media sosial populer yang patut Anda manfaatkan untuk menunjang bisnis. Media sosial tersebut yaitu Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube. Anda harus memastikan bahwa konten bisnis Anda disesuaikan dengan karakteristik media sosial tersebut, yaitu:

Youtube: menyuguhkan konten audio visual yang sifatnya storytelling.

Facebook: membangun page yang mewadahi para pelanggan.

Instagram: menarik perhatian pelanggan dengan konten visual dan audio visual yang instagramable.

Twitter: menjalin engagement yang erat dengan pelanggan.

Konten Media Sosial Tak Harus tentang Produk

Memanfaatkan media sosial untuk social commerce tak harus membuat Anda selalu ngotot membahas tentang produk. Karena pengguna media sosial masa kini sudah semakin cerdas dan selektif dalam memilih konten.

Alangkah lebih baik jika Anda mengombinasikan konten yang bersifat hiburan dan edukatif dengan produk Anda. Sehingga pengguna media sosial tidak mudah bosan dengan konten yang Anda sajikan. Jangan lupa mengikuti tren konten yang sedang viral agar mudah menarik perhatian pengguna media sosial.

Mencantumkan Kontak yang Mudah Dihubungi

Salah satu hal yang wajib menjadi perhatian Anda ketika akan memanfaatkan social commerce adalah kontak yang mudah dihubungi. Pastikan bahwa Anda mencantumkan kontak yang jelas dan mudah diakses pada media sosial Anda.

Di samping itu, membalas pesan melalui direct message atau private message juga bisa menjadi alternatif yang tepat. Supaya pengguna media sosial tidak harus repot menghubungi melalui nomor kontak.

Jangan Lupa Menggunakan Perangkat Analitik

Strategi penggunaan media sosial memang penting untuk memaksimalkan social commerce. Namun, Anda juga tak boleh lupa menggunakan perangkat analitik untuk mengukur efektivitasnya. Perangkat analitik dapat mengukur efektivitas iklan, engagement dengan pengguna media sosial, dan hal-hal bersifat teknis lainnya.

Dengan demikian, Anda bisa menentukan strategi media sosial yang tepat untuk menyukseskan bisnis Anda. Konten-konten yang tidak memberikan engagement besar dapat segera diganti dengan konten yang lebih berorientasi kepada pengguna media sosial.

Product Knowledge yang Memadai

Komunikasi intens dengan calon pelanggan merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan media sosial. Oleh karena itu, Anda wajib memastikan bahwa admin media sosial Anda memiliki product knowledge yang memadai. Sehingga semua pertanyaan yang dicantumkan di kolom komentar, direct message, atau private message bisa dijawab secara akurat. Jawaban yang memuaskan juga menjadi hal penting untuk menarik perhatian pengguna media sosial.

Tak cuma memanfaatkan bidang social commerce, pengelolaan aspek bisnis lainnya juga wajib dilakukan secara cermat. Untuk urusan mengelola keuangan bisnis, Anda dapat mempercayakannya pada Accurate Online. Karena software pembukuan Accurate Online sangat user friendly dan memiliki fitur yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha di Indonesia. Anda pun leluasa mengaktifkan fitur-fitur software sesuai kebutuhan bisnis. Pengelolaan laporan keuangan bisnis Anda akan semakin praktis, transparan, dan mudah diakses di mana saja. Solusi istimewa yang ditawarkan Accurate Online punya andil besar untuk kesuksesan bisnis Anda di zaman modern.

Konsep Internet of Things (IoT) kini membuat Anda harus lebih sigap mengembangkan haluan bisnis secara kekinian. Perpaduan social commerce dan pengelolaan keuangan yang baik akan menunjang kesuksesan bisnis Anda.

By |2018-11-03T15:25:36+00:00November 3rd, 2018|Article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: