4 Template Ms Excel yang Bisa Di Pakai Pengusaha UMKM untuk Mengelola Pembukuan

4 Template Ms Excel yang Bisa Di Pakai Pengusaha UMKM untuk Mengelola Pembukuan

 

Pembukuan adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh para pengusaha. Tetapi tidak semua pengusaha melakukan pembukuan, terutama mereka para pengusaha pemula. Umumnya para pengusaha pemula masih fokus pada proses pemasaran dan branding produk mereka dibandingkan mengurus pembukuan.

Padahal dengan adanya pembukuan akan memudahkan pengusaha dalam melihat peningkatan, penurunan, kerugian, hingga keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Sehingga akan memudahkan Anda sebagai pengusaha melihat perkembangan bisnis Anda.

Membuat sebuah pembukuan bukan hanya sekedar mencatat apa yang Anda dapat setiap hari. Tetapi Anda juga harus mencatat setiap pengeluaran, sekecil apapun pengeluaran yang Anda lakukan. Anda tetap harus mencatat dalam pembukuan bisnis. Terkadang memang hal ini menyulitkan dan membuat para pengusaha malas.

SolusiUKM akan membantu Anda dalam membuat pembukuan dengan mudah dan gampang dengan memberikan template-template pembukuan untuk bisnis kecil dan UKM yang simpel untuk bisnis Anda.

Sebelum berlanjut, SolusiUKM akan memberi tahu kepada Anda apa saja yang dibutuhkan dalam membuat pembukuan mulai dari penjurnalan, buku besar, hingga membuat sebuah laporan keuangan pada bisnis Anda.

Tahapan Pembukuan Bisnis yang Simpel dan Mudah
Kumpulkan Seluruh Bukti Transaksi

Sebelum Anda memulai proses pencatatan dan penjurnalan untuk bisnis. Sekarang, waktunya Anda mengumpulkan seluruh bukti transaksi yang sudah ada. Seperti invoice, nota, kwitansi, dan cek. Bukti transaksi ini akan menjadi salah satu proses awal untuk melakukan proses akuntansi tahap pertama.

Jangan sampai Anda membuang setiap bukti transaksi yang Anda dapatkan dari supplier, distributor, jasa pengiriman, dan bukti transaksi dari sumber-sumber lain. Sehingga Anda bisa dengan mudah mengatur proses akuntansi dengan mudah.

Jika Anda tidak menyimpan bukti transaksi dengan benar dan tepat, Anda akan sulit dalam melakukan pembukuan pada bisnis. Disinilah pentingnya melakukan pengumpulan bukti-bukti transaksi untuk bisnis.

Penjurnalan

 

Tombol Download Template Excel Jurnal Umum

Apakah Anda tahu apa itu penjurnalan? Dalam akuntansi, penjurnalan merupakan tahapan awal dalam proses akuntansi. Sebab, semua transaksi yang terjadi pada bisnis Anda akan dicatakan dalam buku jurnal berdasarkan bukti-bukti transaksi yang ada.

Penjurnalan ini dilakukan untuk melakukan identifikasi, penilaian, dan untuk mengetahui dari mana dan kemana uang tersebut keluar. Berikut kita tampilkan template Microsft Excel untuk penjurnalan.

Pada jurnal umum, Anda akan menuliskan setiap transaksi yang terjadi. Baik transaksi debet dan kredit. Serta kapan transaksi itu terjadi dan Anda harus menyiapkan nama akun apa yang terjadi dalam akun tersebut.

Buku Besar

 

Proses akuntansi pada bisnis memang cukup panjang. Terkadang proses ini membuat banyak pengusaha malas dalam melakukan pembukuan bisnis mereka. Setelah dari tahapan penjurnalan, para pengusaha di haruskan untuk mencatat ke buku besar.

Definisi buku besar sendiri banyak yang mengatakan bahwa buku besar merupakan kumpulan akun yang digunakan untuk merangkum transaksi yang sudah dicatat dalam jurnal. Seperti urutan yang dilakukan oleh tim SolusiUKM bahwa setelah penjurnalan selesai, maka para pemilik usaha akan diarahkan kepada pembuatan buku besar.

Buku besar sendiri memiliki fungsi untuk menggolongkan setiap akun sejenis agar mudah teridentifikasi dalam pencatatan keuangan yang Anda miliki. Para akuntan atau pengusaha yang terbiasa dalam mengelola pembukuan, menganggap bahwa pembuatan buku besar adalah sesuatu yang mudah dibandingkan dengan penjurnalan.

Pembuatan buku besar hanya memindahkan akun-akun pada jurnal harian. Sehingga tidak begitu sulit untuk dilakukan oleh pengusaha pemula, tapi dalam prakteknya masih banyak pengusaha yang tidak melakukannya. Buku besar pun memiliki beberapa contoh yang umum, yakni bentuk T dan bentuk skontro. Solusi UKM akan memberikan kepada Anda template buku besar dalam format excel yang bisa di Anda download.

Membuat Neraca Saldo

Masih ada lanjutannya loh. Meskipun Anda sudah selesai membuat jurnal dan buku besar, selanjutnya Anda membuat neraca saldo. Neraca saldo adalah tahapan selanjutnya, setelah Anda menyelesaikan pencatatan pembukuan bisnis pada jurnal dan buku besar.

Pada neraca saldo terdiri dari daftar-daftar akun beserta saldo yang disesuaikan dari buku besar yang sudah Anda buat. Neraca saldo ini memiliki fungsi untuk melihat keseimbangan antara kredit dan debit pada akun-akun yang muncul dalam buku besar. Kesamaan dan keseimbangan akan sesuai apabila jumlah saldo pada kredit sama dengan jumlah kredit.

Dalam membuat neraca saldo, ada beberapa hal yang wajib Anda ikuti. Seperti membuat daftar judul akun disertai dengan saldo, jumlah pada kolom kredit dan debit, dan membuktikan kesamaan antara kedua kolom tersebut.

Pada perusahaan-perusahaan besar, neraca saldo dibuat pada akhir tahun, untuk pembuatan laporan keuangan yang datanya bersumber dari neraca saldo. Tetapi jika Anda adalah bisnis yang masih skala UKM, sebaiknya Anda membuatnya setiap bulan. Sehingga Anda bisa memiliki laporan keuangan setiap bulannya.

Laporan Keuangan

Pembukuan

Ketika semua langkah atau tahapan sudah Anda lakukan dengan baik dan benar. Kini waktunya Anda membuat laporan keuangan. Laporan keuangan adalah catatan informasi mengenai keadaan suatu bisnis. Laporan keuangan berfungsi untuk melihat kinerja bisnis yang Anda lakukan.

Jika bisnis Anda sudah cukup besar, Anda akan menemukan banyak sekali laporan keuangan. Laporan keuangan bukan hanya satu laporan saja, tetapi beberapa jenis laporan. Seperti laporan neraca, laporan cashflow, laporan laba rugi, dan laporan penyesuaian modal. Keempat laporan itu sangat penting bagi bisnis Anda.

By |2018-11-28T14:47:21+00:00November 28th, 2018|Article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

%d bloggers like this: