Bagaimana Kiat Jitu Mengembangkan Bisnis Online Berbagai Channel?

Bagaimana Kiat Jitu Mengembangkan Bisnis Online Berbagai Channel?

Bagaimana Kiat Jitu Mengembangkan Bisnis Online Berbagai Channel?

Meningkatnya penjualan online di marketplace dan e-commerce di Indonesia membuat para penjual online harus bersaing dengan ketat di marketplace. Namun di era persaingan yang cukup ketat, para pedagang online tidak boleh hanya mengharapkan bisnis melalui marketplace saja. Namun harus mengembangkan bisnis online melalui berbagai channel.

Media online tak cuma bisa digunakan sebagai ajang promosi saja, melainkan untuk meng-update produk-produk Anda. Terlebih media online bisa di akses oleh siapapun. Dari anak muda hingga orang tua pun bisa membukanya kapan dan dimana saja. Tentu hal ini menjadi angin segar bagi para pebisnis.

Cara Mengembangkan Bisnis Online melalui berbagai Channel
Sudah seharusnya Anda mengetahui beberapa kiat-kiat jitu mengembangkan bisnis online melalui berbagai channel. Seperti inilah cara-caranya :

1. Manfaatkan Kekuatan Media Sosial

Anda bisa mengembangkan bisnis melalui media sosial. Media sosial menjadi salah satu media online yang paling banyak dimiliki oleh seluruh masyarakat dunia.Kelebihan dari media sosial adalah mempunyai jaringan yang luas dan penyampaian informasi yang cepat.

Dengan ini, Anda tak perlu repot-repot berpromosi kepada orang lain satu per satu. Cukup mengunggah produk di media sosial, maka setelah itu dapat dilihat oleh semua orang dalam jaringan Anda.

Beberapa contoh media sosial yang kini digandrungi oleh para pebisnis adalah Facebook, Instagram, Youtube dan sebagainya. Anda bisa berbagi mengenai rincian dan detail produk agar calon pembeli dapat mengetahui semua informasinya.

Di media sosial seperti Facebook dan Instagram juga terdapat fitur live streaming yang bisa digunakan untuk mengobrol dengan pelanggan secara langsung. Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi dengan menggunakan jasa endorse melalui Instagram.

2. Membuat Website Atau Blog

Website atau situs web adalah sebuah halaman yang dibuat melalui platform tertentu demi kepentingan suatu pihak. Disini kepentingan Anda adalah berbisnis, sehingga website ini akan menampilkan semua rincian yang dibutuhkan bagi bisnis Anda.

Website dinilai lebih eksklusif sebab Anda bisa memaparkan apapun, mulai dari visi misi perusahaan atau bisnis yang dijalankan, produk-produk, berita terkini, dan sebagainya.

Bahkan Anda juga bisa memasang iklan pada website untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jangan lupa tambahkan juga konten-konten menarik pada website supaya tidak terkesan sepi dan para pembeli dapat memperoleh informasi lain yang berguna. Desain website semenarik mungkin, namun jangan berlebihan untuk menghindari suasana monoton. Hati-hati karena para pembeli dapat menilai kualitas bisnis Anda dari layout dan isi website.

3. Menggunakan Jasa SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah cara untuk membuat website Anda berada di halaman pertama mesin pencarian. Anda tentu pernah menggunakan beberapa mesin pencarian seperti Google atau Yahoo untuk mencari topik tertentu kan? Nah, saat halaman pencarian muncul, secara refleks Anda pasti akan membuka website yang ada di posisi puncak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Inilah peran jasa SEO. Menggunakan SEO akan membantu website Anda berada di posisi teratas Google dengan mengandalkan kata kunci tertentu. Dengan begini, website Anda akan semakin sering dikunjungi dan peluang produk terjual akan semakin besar.

4. Akun Youtube

Saat ini pengguna internet tidak hanya membuka internet sekedar membuka website saja. Mereka pun membuka Youtube untuk menyaksikan berbagai video yang mereka sukai.

Bagi pebisnis online, memiliki akun Youtube menjadi satu keharusan yang wajib ada. Sebab, orang Indonesia adalah orang yang lebih suka menonton video dibandingkan dengan membaca sebuah artikel.

Akun Youtube Anda bisa digunakan sebagai sarana pengenalan produk. Atau Anda bisa membuat akun Youtube mengenai kegunaan produk yang Anda jual. Sehingga para calon konsumen bisa lebih mudah dalam memahami mengenai produk yang Anda jual.

5. Email Blast

Email blast atau yang sering disebut dengan email marketing adalah sebuah pemasaran yang dilakukan dengan mengirim email ke seluruh daftar email yang Anda miliki. Umumnya jika perusahaan besar menyebut hal ini sebagai database pelanggan.

Sebagai pengusaha yang baru terjun ke dunia bisnis, Anda bisa memanfaatkan email blast dengan menggunakan email-email pelanggan lama. Langkah ini juga bisa Anda lakukan untuk memperluas jaringan bisnis Anda ke seluruh rekanan maupun klien.

Mengembangkan bisnis melalui media online adalah cara yang memang sewajarnya dilakukan pada jaman sekarang. Mengingat pengguna teknologi sudah hampir merata ke seluruh dunia. Sehingga cara ini dinilai paling efektif untuk meningkatkan reputasi bisnis Anda dan menjangkau konsumen dengan lebih luas.

By |2018-12-19T14:08:13+07:00Desember 19th, 2018|Article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment


Notice: Undefined index: url_condition in /home/u6384775/public_html/wp-content/plugins/pixel-caffeine/includes/class-aepc-pixel-scripts.php on line 340
%d blogger menyukai ini: