Mixed Bussiness; Cara Punya Banyak Bisnis di Satu Tempat untuk Dapetin Income Berlimpah

Mixed Bussiness; Cara Punya Banyak Bisnis di Satu Tempat untuk Dapetin Income Berlimpah

Apakah Anda merasa familiar dengan istilah mixed business?

Istilah bisnis tersebut memang belum terlalu populer di kalangan masyarakat awam. Namun, sebenarnya sudah banyak pebisnis yang mengaplikasikan konsep tersebut pada bisnis mereka. Secara harfiah, mixed business dapat diartikan sebagai gabungan dua jenis bisnis atau lebih yang dikelola secara berbarengan di suatu lokasi yang sama.

Mixed business biasanya dikelola oleh seorang atau satu grup pebisnis yang sama dengan tujuan memperoleh keuntungan secara maksimal. Cara seperti ini sudah cukup banyak dilakukan di belahan dunia, termasuk di dunia.

Lalu bagaimana agar Anda bisa sukses dalam berbisnis gabungan dengan cara mixed ini? SolusiUKM akan memberikan Anda tips mudah agar Anda bisa berbisnis dengan menggabungkan berbagai bisnis dalam satu tempat yang sama.

Contoh-Contoh Mixed Business yang Populer

Mixed business kini mulai populer dirintis di kota-kota besar tanah air, terutama Jakarta. Beberapa contoh mixed business dengan konsep yang tepat yaitu:

  • Barber shop yang digabungkan dengan kafe. Para pelanggan barber shop yang sedang antre bisa menikmati aneka sajian makanan dan minuman terlebih dahulu. Kafe tersebut didesain dengan konsep yang nyaman dan instagramable agar pelanggan merasa betah. Dengan demikian, pebisnis bisa mendapatkan keuntungan dari dua sumber sekaligus.

 

  • Toko oleh-oleh yang dikombinasikan dengan restoran. Setelah membeli oleh-oleh, para pelanggan bisa bersantai sejenak sambil menikmati aneka sajian restoran. Jenis mixed business yang satu ini membutuhkan tempat berkapasitas besar dan konsep bersifat family-friendly. Contoh ini sudah cukup banyak dilakukan di beberapa tempat oleh-oleh ternama di kota-kota besar di Indonesia.

 

  • Tempat refleksologi modern yang dilengkapi minimarket. Ada salah satu brand refleksologi terkemuka di Jabodetabek yang memiliki fasilitas tambahan berupa minimarket produk-produk impor.

Sebelum atau sesudah menggunakan jasa refleksologi, pelanggan leluasa mengunjungi minimarket untuk sekadar melihat-lihat atau berbelanja. Produk-produk impor yang eksklusif dan tidak mudah ditemukan di tempat lain menjadi daya tarik tersendiri bagi minimarket tersebut.

Pemerintah Juga Memanfaatkan Konsep Mixed Business

Tak banyak yang tahu bahwa pemerintah juga mengusung konsep mixed business pada lembaga Pegadaian. Awalnya, Pegadaian hanya diperuntukkan bagi Anda yang ingin menggadaikan aset bergerak ketika membutuhkan uang tunai. Namun, kini beberapa Pegadaian di lokasi strategis sudah dilengkapi kafe bernama The Gade.

Kafe The Gade Coffee and Gold dirintis untuk memenuhi kebutuhan generasi milenial yang gemar bersantai di kafe. Kehadiran The Gade Coffee and Gold tak cuma meningkatkan keuntungan Pegadaian.

Melainkan juga menjadi sarana yang tepat untuk menyampaikan edukasi tentang pelayanan Pegadaian. Sehingga generasi milenial memiliki banyak pengetahuan tentang Pegadaian dan tak ragu memanfaatkannya untuk mendukung kebutuhan finansial mendesak.

Hal-Hal yang Dibutuhkan dalam Mixed Business

Modal Besar

Tak dapat dipungkiri bahwa implementasi mixed business membutuhkan modal besar dibandingkan konsep bisnis lain. Sebab Anda harus mempersiapkan dua bisnis atau lebih secara sekaligus. Pengadaan modal bisa bersumber dari dana pribadi, hasil kerja sama, atau suntikan investasi dari pihak lain.

Konsep Bisnis yang Matang

Hal lainnya yang tak boleh diabaikan sebelum melaksanakan mixed business adalah konsep bisnis yang matang. Dua bisnis (atau lebih) yang dijalankan secara bersamaan harus bisa mendukung satu sama lain.

Mixed Bussiness; Cara Punya Banyak Bisnis di Satu Tempat untuk Dapetin Income Berlimpah

Supaya bisnis-bisnis tersebut dapat menghasilkan keuntungan sesuai ekspektasi. Sebelum menekuni mixed business, alangkah lebih baik bila Anda melakukan riset sederhana untuk menentukan jenis bisnis yang cocok. Perbedaan lokasi dan target pasar pasti turut mempengaruhi jenis bisnis yang tepat untuk dijalankan.

Kreativitas dan Inovasi

Jangan lupa bahwa bisnis Anda juga harus disertai kreativitas dan inovasi. Cobalah menghadirkan inovasi secara berkala untuk menggugah keingintahuan pelanggan. Anda wajib menciptakan inovasi yang berorientasi pada kebutuhan pelanggan. Anda juga dapat mencari inspirasi dari inovasi yang dilakukan para kompetitor. Sehingga bisnis Anda bisa tetap unggul di tengah persaingan ketat.

Apakah Anda tertarik menjalankan mixed business?

Atau bahkan sudah memiliki konsep matang untuk bisnis tersebut?

Jangan tunda lagi untuk mewujudkan rencana bisnis Anda dalam waktu dekat.

 

By |2019-02-13T13:42:10+00:00Februari 13th, 2019|Article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: