5 Trik yang Akan Mempercepat Perubahan Bisnis Dalam Tim

5 Trik yang Akan Mempercepat Perubahan Bisnis Dalam Tim

Membangun sebuah tim yang solid dalam sebuah bisnis bukanlah perkara mudah. Begitupun ketika Anda meminta tim untuk berubah. Para pebisnis harus mampu membangun tim yang mau melek untuk perubahan. Tidak hanya sekedar solid.

Lebih dari 90 % para pemilik bisnis di dunia percaya bahwa bisnis mereka akan berubah lebih banyak dalam lima tahun ke depan. Namun, untuk melakukan perubahan tidak cukup hanya sekedar menunjukan sikap kepemimpinan dan kepribadian yang ada pada diri Anda sendiri.

Salah satu cara yang terbilang cukup efektif adalah menginspirasi tim untuk bekerja lebih kreatif dan membuat mereka semua mampu berinovasi. Namun memang tidak semua tim mau berubah dengan cepat. Anda harus mampu memberikan mereka inovasi-inovasi harian yang mampu membuat mereka berubah dan membawa angina segar bagi bisnis Anda.

5 Praktik Harian Untuk Menginspirasi tim dan menjadikan tim berubah yang dikutip SolusiUKM dari Harvard Bussiness Review.

Ceritakan Kisah-Kisah Sukses Orang Lain

Ketika para tim merasa bahwa mereka sedang berada di titik terendah, mereka membutuhkan sebuah jaminan dari sang pemimpin untuk bisa pindah dari ketidakpastian untuk menciptakan peluang yang lebih positif.

Cerita orang sukses bisa di dapatkan dari berbagai sumber yang lain. Ada banyak sumber yang bisa Anda jadikan acuan untuk memulai perubahan dari bisnis Anda. Baik yang ada di dekat Anda, teman dekat, kerabat, ataupun orang lain yang sangat menginspirasi.

Cerita orang-orang sukses bisa membangun sisi psikologis tim Anda. Sehingga tim akan berpikir bahwa sebuah perubahan itu hal yang baik dan dapat membuat bisnis Anda lebih di hargai dan di pandang. Sehingga tim Anda bisa mencoba untuk merubah.

Bangun Diskusi Bersama Tim

Membangun dialog dengan tim adalah kewajiban seorang pemimpin atau pemilik bisnis. Dari diskusi ini bisa di bangun untuk meningkatkan sikap kritis antar anggota tim. Serta dengan diskusi Anda bisa mengetahui pengalaman dan wawasan dari masing-masing tim Anda.

Selain itu, Anda akan mengetahui tingkat emosi dari setiap anggota tim. Pada setiap diskusi Anda bisa mengajak tim Anda untuk melakukan hal-hal baru menuju perubahan. Perubahan akan membuat respons emosional yang sering menyebabkan tim Anda akan menarik diri dari posisi nyaman mereka.

Dengan membangun diskusi bersama tim, Anda akan mendengarkan apa yang akan menjadi keinginan dari tim Anda serta dapat membuat tim Anda berjalan untuk menuju perubahan yang lebih baik lagi. Selain mendengarkan tujuan dari masing-masing tim, diskusi akan membangkitkan tujuan bersama.

Pada diskusi akan muncul kesamaan maupun perbedaan tujuan yang bisa di jalankan bersama dan di gali lebih dalam lagi. Ini akan menjadi perubahan besar dalam tim Anda. Sebagai pemimpin Anda harus menjalankan ini minimal 30 menit setiap minggu.

Ajukan Pertanyaan

Ketika diskusi berlangsung, Anda wajib mengajukan pertanyaan yang membuat mereka berani untuk berbicara. Ini memang hal yang sulit, tetapi Anda tetap bisa melakukan hal ini untuk perubahan pada tim Anda.

5 Trik yang Akan Mempercepat Perubahan Bisnis Dalam Tim

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seorang pemimpin harus mampu membangun tim solid dan mau membuka setiap perubahan. Terkadang, anggota tim enggan berbicara karena mereka takut ide yang mereka miliki tidak dapat Anda tampung, dikarenakan ego Anda sebagai pemilik bisnis cukup tinggi.

Cobalah untuk hilangkan ego tersebut dan berikanlah jawaban yang membuat tim Anda legowo. Misal, ketika tim Anda usai berbicara mengenai idenya, Berilah mereka tanggapan dengan baik, “Itu ide cukup baik. Kita bisa lakukan ide tersebut lebih jauh,” kata-kata tersebut akan membuat tim Anda merasa di hargai dan siap menghadapi perubahan bersama-sama.

Jadikan Kesalahan untuk Belajar

Kesalahan bukan berarti sebuah kehancuran. Banyak pemimpin bisnis yang sering sekali menegur, memarahi, serta membuat anggotanya tidak bersemangat hanya karena kesalahan si anggota. Hal ini harus dihindari, sebab ketika tim ingin merubah, akan banyak kesalahan yang mereka lakukan.

Seorang Mantan CEO SurePayroll, Michael Alter untuk menghargai karyawan dan membuat karyawannya berubah dengan cepat, ia membuat kebijakan yang cukup aneh di dunia dengan mengadakan sayembara kesalahan kepada karyawan yang melakukan kesalahan paling unik dan menarik.

Memang ini cukup aneh dan jarang ditemukan pada perusahaan lain. Namun apa yang telah dilakukan Alter adalah sebuah pelajaran berharga. Dimana karyawan yang melakukan kesalahan bisa belajar dan tumbuh lebih baik untuk menghadapi perubahan.

Lakukan Kolaborasi Lintas Batas

Kolaborasi lintas batas memang harus dilakukan oleh berbagai pihak dalam tim. Jika tim Anda bekerja di divisi produksi, coba lah untuk berkolaborasi dengan divisi lain. Misal dengan bagian keuangan atau divisi riset. Hal ini akan membantu tim Anda menemukan perbedaan perspektif dari setiap orang yang mereka temui. Dengan begitu mereka akan saling membantu untuk memajukan bisnis ke depan lebih baik dengan mengikuti perubahan-perubahan yang ada.

Perubahan bukan lagi harus dilakukan oleh pemimpin saja. Tetapi perubahan juga bisa dilakukan dari bawah ke atas. Dengan melihat berbagai potensi dan perspektif pada tim Anda. Perubahan bukan lagi sebatas tugas Anda seorang diri melainkan juga tugas tim Anda.

Membangun komunikasi dengan tim akan mempercepat terjadinya perubahan dalam bisnis Anda. Jadikanlah lima kegiatan di atas menjadi kegiatan wajib bagi bisnis Anda untuk cepat berubah. Lima cara di atas cukup tepat jika segera Anda lakukan untuk mengajak tim menghadapi perubahan.

By |2019-04-18T11:18:40+00:00April 18th, 2019|Article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: