Strategi bisnis ala Rasulullah

Strategi bisnis ala rasullullah sawNabi Muhammad SAW merupakan panutan seluruh umat muslim diseluruh dunia.Tentunya dalam segala bidang salah satunya kesuksesannya dibidang bisnis.Rasulullah merumapakan pembisnis yang profesioal.Beliau  pandai dalam mengolah bisnis,transaksi,dan segala sesuatu yang berhubungan   dengan itu.

Dibawah ini merupakan strategi bisnis ala rasulluah:

1. Menentukan Target Pasar

Beliau melakukannya dengan cara mengenali dan mengamati beberapa pasar yang terdapat di daerah jazirah arab. Kemudian beliau membagi target pasar yang luas kedalam beberapa kelompok konsumen, kemudian dari kelompok tersebut dibagi kembali sesuai dengan kriteria. Menentukan target pasar merupakan hal yang penting untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Beliau sangat teliti dalam mentukan target Untuk memasarkan dagangnnya.

 2. Memperhatikan kualitas produk

Kualitas produk sangat mempengaruhi daya tarik konsumen. Oleh karena itu kita harus betul betul memperhatikan  kualiatas produk yang kita jual. kita harus paham tentang bahan, jenis,manfaat, produk yang kita jual. Rasulullah SAW bersabda : ”dilarang menjual buah buahan sebelum matang” kemudian ada seseorang yang  bertanya kepada beliau ”bagai mana bentuk buah yang sudah matang ?” rasulullah menjawab : ” kemerahan, kekuningan dan bisa dimakan kanpan saja. (HR Bukhari).

Rasulullah telah mencontohkan pada kita untuk memilah sesuatu yang layak dan tidak layak untuk dijual, beliau tidak pernah menjual produk yang tidak layak untuk dijual. Rasulullah sangat menjaga kualitas barang dagangannya. Beliau memberi harga setara dengan kualitas barang. Apabila kualitas barang rendah maka diberi harga murah, begitupun sebaliknya. barang yang kualitasnya bagus akan dihargai lebih mahal.

3. Promo

Nabi Muhammad merupakan pribadi yang sangat paham tentang pentingnya mempromosikan dagangannya. Promosi merupakan hal yang penting dalam berbsnis, melalui promosi kita bisa mengenalkan sesuatu yang kita jual kepada banyak orang.

Hal Hal yang harus diperhatikan saat promosi:

  1. menggunakan bahasa yang baik dan menarik
  2. tidak menjelek jelekkan produk orang lain
  3. menggunakan media sebagai wadah  promosi missal menggunakan brosur,spanduk atau bisa juga
  4. menggunakan social media sebagai tempat promosi.

4. melalkukan pelayanan dengan baik

Rasulluah saw. merupakan pribadi yang sangat ramah, rendah hati, murah senyum. Hal itu sangat diperlukan dalam berinteraksi dengan konsumen. konsumen sangat membutuhkan kenyamanan dari si penjual. Kita harus memperlakukan pembeli seperti raja. Agar konsumen tidak kecewa ketika membeli pada kita. Dan memungkinkan si konsumen akan membeli produk kita lagi dikemudian hari. Karena mereka puas dengan pelayanan kita.

Rasulullah menganggap pelanggannya seperti saudara. beliau juga menganggap segala keuntungannya adalah hadiah dari kerja keras. Inti dari bisnis ala rasulullah adalah memberi kepuasan kepada konsumen. Konsumen dapat terbatukan oleh produk yang dijual.

 5. Berfikir inovatif

Sudah kita ketahui bahwa Rasulullah saw memiliki sifat fathonah yang artinya cerdas. Kita harus berfikir cerdas dan kreativ dalam berbisnis. mulai dalam hal kemasan produk,tata letak toko, promosi produk, cara pelayanan dan lain lain. Kita harus benar benar berfikir bagai mana caranya produk yang kita jual lebih unggul dari yang lain tentunya dengan cara yang baik tanpa harus menjelek jelekkan produk orang lain. kita juga bisa meminta bantuan pada orang lain dalam pengolahan konsep bisnis kita. Misalkan  kita ingin membuat brand untuk produk sendiri, anda bisa minta bantuan kepada orang yang ahli dalam bidang desain.

Intinya dalam berbisnis adalah mencapai kepuasan pelanggan tanpa harus menjelekkan bisnis orang lain. Karena sejatinya rezeki sudah ada yang ngatur. berusahlah berfikir sekreatif mungkin. Sekian strategi bisnis ala rasulullah dari saya semoga bermanfaat.

By |2019-10-03T10:54:04+07:00Oktober 2nd, 2019|Article|0 Comments

About the Author:

Komunikator yang baik, mampu memahami kebutuhan Customer, dan selalu memberikan solusi yang tepat.

Leave A Comment


Notice: Undefined index: url_condition in /home/u6384775/public_html/wp-content/plugins/pixel-caffeine/includes/class-aepc-pixel-scripts.php on line 340
%d blogger menyukai ini: